Search
Close this search box.

Stigma Alat Bantu Dengar Modern: Keunggulan dan Kegunaannya yang Lebih Praktis

Menggunakan alat bantu dengar bisa dianggap memiliki stigma. Meskipun semakin banyak diterima, beberapa pengguna mungkin masih khawatir bahwa orang lain akan memperlakukan mereka secara berbeda.

Sebelum kita mulai, perlu dicatat bahwa penggunaan teknologi semakin populer dari sebelumnya. Banyak orang memasang headphone Bluetooth nirkabel di telinga mereka untuk mendengarkan musik atau podcast saat bepergian.

Mereka juga meningkatkan diri mereka dengan perangkat wearable lainnya, seperti perangkat pemantau kesehatan.

Alat bantu dengar modern memiliki desain dan teknologi yang mirip dengan perangkat-perangkat tersebut – yang ideal untuk membantu Anda menyatu.

Manfaat Menggunakan Alat Bantu Dengar Modern untuk Kesehatan Mental

Anda dapat mendapatkan alat bantu dengar dalam telinga dalam warna apa pun yang Anda inginkan, dengan model yang mirip dengan earphone populer.

Manfaat menggunakan alat bantu dengar sangat signifikan. Berikut adalah bagaimana mereka dapat membantu meningkatkan kualitas hidup Anda

Baca juga: Penyebab Dan Solusi Saat Telinga Tidak Jelas Mendengar

1. Komunikasi dan Interaksi Sosial yang Lebih Baik

Mungkin manfaat terbesar dari menggunakan alat bantu dengar adalah peningkatan komunikasi dan interaksi sosial.

Kemungkinan besar Anda akan lebih baik berkomunikasi dalam berbagai situasi, seperti percakapan, pertemuan, panggilan telepon, dan hiburan.

Mendengarkan apa yang terjadi di sekitar Anda akan menyingkirkan sedikit perasaan terisolasi atau frustrasi.

Anda lebih mampu memahami percakapan di sekitar Anda dan meningkatkan interaksi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja.

Ingatlah, terus-menerus meminta orang untuk mengulangi apa yang mereka katakan itu melelahkan.

Anda mungkin merasakan interaksi sosial begitu melelahkan dan frustrasi sehingga Anda tidak lagi ingin terlibat di dalamnya.

2. Pengurangan Risiko Masalah Kecemasan dan Depresi

Banyak orang dengan gangguan pendengaran menarik diri dari lingkungan sosial, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi.

Isolasi dan kesendirian dapat memiliki dampak negatif yang sangat besar pada kesejahteraan psikologis dan fisik serta terkait dengan penurunan kognitif.

Untungnya, menggunakan alat bantu dengar dapat membantu mencegah atau mengurangi efek-efek ini dengan merangsang otak dan meningkatkan mood dan harga diri seseorang.

Ketika korteks pendengaran menerima lebih banyak informasi dari telinga, akan membantu Anda lebih memahami apa yang dikatakan orang lain.

Alat bantu dengar juga dapat membantu Anda menikmati hobi dan minat Anda, seperti musik, film, atau olahraga.

Karena Anda dapat mendengar apa yang terjadi. Anda kini bisa meninggalkan rumah dan terus melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Secara keseluruhan, hidup Anda menjadi lebih menyenangkan, dan Anda merasa lebih sedikit terjebak dalam pikiran Anda sendiri.

Baca juga: Meningkatkan Kualitas Pendengaran Anda: 9 Cara Efektif Yang Perlu Dicoba

3. Peningkatkan Kesehatan Fisik dan Keamanan 

Manfaat lain dari penggunaan alat bantu dengar adalah peningkatan kesehatan fisik dan keamanan.

Menjaga kesehatan telinga Anda dapat membantu keseimbangan Anda dan membuat Anda kurang rentan terhadap cedera dan jatuh.

Ketika Anda secara teratur merangsang mesin biologis di telinga Anda, ini meningkatkan kemampuan Anda untuk tetap tegak dalam berbagai situasi.

Menggunakan alat bantu dengar dapat membantu keseimbangan Anda dan kesadaran akan lingkungan sekitar Anda, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk merespons potensi bahaya.

Ini juga memungkinkan Anda merespons ancaman potensial dalam lingkungan Anda, termasuk:

  • Menyeberang jalan dengan aman dan menghindari lalu lintas yang datang.
  • Mendengar alarm kebakaran
  • Dapat mendeteksi keberadaan orang lain yang berada dalam jarak fisik yang dekat dengan Anda.

Baca juga: 5 Makanan Super Untuk Kesehatan Telinga: Menu Sehat Yang Merawat Pendengaran

Peningkatkan Fitur dan Kelebihan Alat Bantu Dengar Modern

Sebagian besar alat bantu dengar modern dilengkapi dengan banyak fitur modern yang dapat memberikan manfaat bagi hidup Anda. Yang paling umum adalah kompatibilitas Bluetooth.

Bluetooth memungkinkan Anda terhubung ke berbagai perangkat, seperti smartphone atau sistem stereo rumah Anda.

Sebagian besar akan memiliki baterai yang dapat diisi ulang. Hal ini membuat Anda tidak perlu khawatir tentang mencari penggantian baterai.

Beberapa teknologi modern lainnya yang patut dicatat termasuk sistem mikrofon arah dan pengurangan kebisingan angin.

Beberapa bahkan dilengkapi dengan sistem manajemen feedback dan pengurangan kebisingan digital. Anda dapat mengontrol sebagian besar alat bantu dengar melalui aplikasi di smartphone Anda. Anda dapat mengubah pengaturan Anda saat diperlukan tanpa harus melepas alat bantu dengar Anda.

Berikut ini adalah gambaran singkat alat bantu dengar modern mengenai fitur dan teknologi canggih yang ditingkatkan, yang mungkin membantu mengurangi beberapa kekhawatiran Anda atau orang-orang di sekitar Anda yang menyangkal kehilangan pendengaran.

Baca juga: Mengatasi Masalah Alat Bantu Dengar Rusak: Panduan Lengkap

1. Ragam Gaya yang Discreet

Alat bantu dengar yang lebih tua umumnya berukuran besar dan tidak nyaman. Mereka menonjol dari telinga dan bisa membuat penggunanya merasa tidak percaya diri.

Namun, kabar baik bagi pengguna alat bantu dengar modern karena alat bantu dengar menjadi jauh lebih kecil, bahkan hampir tidak terlihat.

Di ujung atas skala biaya, Phonak’s Lyric tersembunyi dalam saluran telinga secara mendalam. Audiologis Anda akan dapat memberikan saran tentang jenis perangkat yang paling sesuai untuk kehilangan pendengaran dan gaya hidup Anda.

2. Suara yang Lebih Kuat dan Manajemen Kebisingan

Pada dasarnya, alat bantu dengar menguatkan suara. Namun, kedatangan teknologi digital membuat alat bantu dengar jadi lebih presisi dan canggih.

Kehilangan pendengaran setiap individu adalah unik, jadi ketika suara masuk ke dalam alat bantu dengar, suara tersebut dibagi menjadi berbagai pita frekuensi.

Setiap pita diperkuat dengan jumlah yang tepat untuk mengembalikan pendengaran pengguna ke tingkat normal untuk pita tersebut.

Singkatnya, mereka tidak membuat semua hal menjadi lebih keras, hanya bagian-bagian pentingnya. Alat bantu dengar modern berbentuk digital dapat membedakan antara ucapan dan kebisingan ambient dan memprosesnya secara sesuai.

3. Kecerdasan Buatan (AI) dan Pemrograman Otomatis 

Di ruangan yang sepi, pengguna alat bantu dengar tidak memerlukan mikrofon arah atau pengurangan kebisingan seperti di kerumunan pertandingan sepak bola.

Perangkat pendengaran canggih memungkinkan pengguna mengubah pengaturan mereka dengan menekan tombol sederhana atau menggunakan aplikasi smartphone.

Alat bantu dengar paling canggih secara teknologi, seperti Evolv AI dari Starkey, terus memantau lingkungan mereka dan menyesuaikan pengaturan dengan lancar dan mulus seolah-olah seperti sihir.

4. Fitur Penutup Telinga Tinnitus

Ada banyak hubungan antara tinnitus dan kehilangan pendengaran. Menggunakan alat bantu dengar modern dapat secara efektif membantu dalam pengobatan tinnitus.

Meskipun alat bantu dengar tidak boleh dianggap sebagai obat, British Tinnitus Association merekomendasikan untuk mencobanya.

Perangkat pendengaran membantu memfasilitasi komunikasi normal antara telinga dan otak.

Meskipun mekanisme yang tepat belum sepenuhnya dipahami, banyak yang menganggap alat bantu dengar sebagai cara yang efektif untuk mengurangi tinnitus. Produsen alat bantu dengar Resound telah menyertakan pembuat suara tinnitus di alat bantu dengar mereka.

5. Baterai yang Dapat Di-charge

Tidak semua orang memiliki jari yang gesit, yang dapat menjadi hambatan untuk menggunakan alat bantu dengar.

Bagi sebagian orang, mengutak-atik baterai alat bantu dengar bisa membuat tidak nyaman. Namun, banyak alat bantu dengar modern yang dapat di-charge

Serangkaian alat bantu dengar Widex Moment dilengkapi dengan charger bergaya yang memungkinkan Anda menggunakan alat bantu dengar yang paling tidak mencolok tanpa perlu khawatir tentang daya baterai.

6. Konektivitas Bluetooth

Alat bantu dengar Bluetooth memungkinkan mereka yang mengalami gangguan pendengaran untuk menikmati banyak hal yang orang lain anggap sepele.

Beberapa manfaat utamanya termasuk menonton televisi tanpa meningkatkan volume, melakukan percakapan telepon dengan jelas, dan mendengarkan musik.

Perangkat yang terhubung melalui Bluetooth dapat mengalirkan suara dari hampir sumber audio apa pun untuk pengalaman mendengarkan yang nyaman dan disesuaikan.

7. Aplikasi Smartphone

Bagi pengguna alat bantu dengar, aplikasi bisa sangat berguna, apalagi jika tersedia baik di ponsel Apple maupun Android.

Beberapa fitur yang dapat Anda harapkan dari aplikasi alat bantu dengar termasuk penyesuaian suara halus, pengaturan personalisasi, pemeriksaan status untuk perangkat pendengaran Anda, menemukan alat bantu dengar yang hilang, mencatat jurnal pendengaran, dan berkomunikasi dengan audiologis Anda.

Di tempat lain, aplikasi pendengaran dapat memantau kesehatan dan kesejahteraan Anda dan bahkan memberi peringatan jika Anda jatuh, yang sangat menenangkan bagi kerabat.

Mengatasi Stigma Penggunaan Alat Bantu Dengar

Jika Anda masih kesulitan mengatasi stigma penggunaan alat bantu dengar, berikut beberapa tips yang mungkin membantu:

1. Ubah persepsi Anda

Jangan melihat alat bantu dengar sebagai perangkat aneh yang merupakan indikasi kesehatan yang buruk.

Sebaliknya, lihatlah mereka sebagai perangkat yang dapat membantu fungsi tubuh Anda lebih baik dari rata-rata orang lain.

Pertimbangkan semua fitur yang ditawarkan oleh alat bantu dengar Anda, seperti konektivitas nirkabel, mikrofon arah, dan kemampuan untuk menggunakannya untuk melakukan panggilan.

2. Cari Support

Anda juga dapat mengatasi stigma penggunaan alat bantu dengar dengan mencari bantuan.

Anda bisa berbicara dengan audiologis Anda atau bergabung dengan kelompok dukungan orang-orang yang menggunakan alat bantu dengar dan berbagi pengalaman mereka.

3. Terima manfaatnya

Terakhir, Anda dapat merangkul manfaat dari penggunaan alat bantu dengar. Ingatlah setiap hari bagaimana mereka membantu Anda mendengar lebih baik dalam berbagai situasi, berkomunikasi lebih percaya diri dan mudah dengan keluarga, serta menjaga fungsi kognitif Anda.

Mengapa Alat Bantu Dengar adalah Investasi yang Bermanfaat?

Kemampuan Anda untuk mendengar memiliki dampak pada kesejahteraan Anda dan interaksi Anda dengan dunia di sekitar Anda.

Ketika Anda mengalami gangguan pendengaran, bisa membuat sulit untuk berbicara dengan rekan kerja dan orang yang Anda cintai.

Bagi banyak orang yang mengalami gangguan pendengaran, alat bantu dengar merupakan investasi yang sangat baik. Mereka akan memberikan manfaat bagi mereka dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

Berapa Lama Tahannya Alat Bantu Dengar Modern?

Salah satu keuntungan tambahan dari alat bantu dengar modern adalah bahwa audiologis Anda dapat mengatur ulang pengaturan perangkat Anda jika pendengaran Anda berubah. (Dengan kata lain, Anda mungkin tidak perlu membeli perangkat baru. Anda hanya perlu memperbarui yang sudah ada.)

Sebagian besar orang dapat menggunakan perangkat alat bantu dengar yang sama selama enam hingga tujuh tahun.

Penutup

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Produk Kami

Bagikan :

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024