Search
Close this search box.

Meningkatkan Kualitas Pendengaran Anda: 9 Cara Efektif yang Perlu Dicoba

Apakah Anda kesulitan mendengar televisi? Apakah Anda sering meminta orang lain mengulangi perkataannya?

Jika ya, Anda tidak sendiri: Sekitar 40 juta orang Amerika mengalami masalah pendengaran. Indra pendengaran kita kompleks dan sensitif, dan memainkan peran penting dalam kesehatan fisik dan mental kita.

Meskipun bidang audiologi telah membuat kemajuan dalam teknologi alat bantu dengar dan mengenali tanda-tanda gangguan pendengaran, ada juga langkah-langkah perawatan pendengaran yang mudah Anda yang dapat membantu mempromosikan pendengaran yang sehat.

Baca terus untuk mempelajari tentang berbagai jenis gangguan pendengaran, dan bagaimana Anda dapat menjaga telinga Anda terlindungi, dengan 10 tips untuk membantu mengidentifikasi risiko dan mencegah gangguan pendengaran — atau menghentikannya agar tidak semakin parah.

Meningkatkan Kualitas Pendengaran dengan Pola Hidup Sehat

Siapa sangka jika dengan menerapkan pola hidup sehat juga dapat meningkatkan kualitas pendengaran Anda. Cek penjelasannya di bawah ini!

1. Meditasi

Lagi… dan lagi… semakin banyak orang yang beralih ke meditasi untuk meningkatkan kesehatan pendengaran mereka.

Bersantai dan mengambil napas dalam-dalam meningkatkan aliran darah ke otak – yang dapat membantu Anda lebih peka terhadap suara yang mungkin sebelumnya luput dari perhatian Anda.

Meditasi adalah alat yang kuat untuk membangun fokus. Duduk dalam posisi yang nyaman dan fokus pada suara napas Anda, dan hanya suara napas Anda.

Begitu saja. Pada awalnya, pikiran Anda akan menyimpang dari napas – sama seperti dalam sebuah percakapan. Itu tidak masalah, cukup bawa fokus Anda kembali. Seiring waktu, konsentrasi Anda akan menjadi “kuat seperti banteng!”

2. Berhenti Merokok

Merokok dan gangguan pendengaran tidak dapat disangkal terkait; bahkan, penelitian terus dilakukan untuk menunjukkan korelasi positif ini.

Karena aliran darah dan oksigen membantu menjaga sel-sel sehat di telinga bagian dalam, sudahlah wajar jika pendengaran bisa terganggu oleh paparan nikotin dan karbon monoksida yang berkepanjangan.

Jadi, pastikan Anda berhenti merokok jika ingin meningkatkan kualitas pendengaran dan hidup Anda.

3. Yoga

Banyak orang yang menderita gangguan pendengaran mengatakan bahwa latihan yoga kadang-kadang dapat membantu mereka mendengar lebih baik.

Bersantai dan meregangkan diri dalam posisi seperti anjing menunduk membawa darah yang kaya oksigen ke kepala Anda lebih cepat, yang mungkin membantu dengan pendengaran.

Anda tidak perlu instruktur; cukup siapkan matras Anda di mana pun di rumah yang paling nyaman, dan jangan lupa untuk pemanasan terlebih dahulu.

4. Olahraga Teratur

Berolahraga adalah salah satu hal yang paling bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Apakah mengejutkan bahwa hal ini juga baik untuk kesehatan pendengaran Anda?

Para ahli kesehatan pendengaran percaya bahwa olahraga meningkatkan aliran darah ke telinga.

Aliran darah yang baik penting untuk kesehatan sel rambut kecil di telinga bagian dalam yang bertanggung jawab dalam menerjemahkan suara yang dikumpulkan telinga Anda menjadi sinyal listrik yang akan diinterpretasikan oleh otak Anda.

Sel-sel rambut ini tidak bisa berkembang kembali, sehingga pendengaran kita akan terganggu secara permanen ketika sel-sel rambut ini mati atau rusak.

Inilah sebabnya mengapa kerusakan pendengaran lebih mungkin terjadi pada orang-orang dengan penyakit jantung dan diabetes.

American Heart Association merekomendasikan setidaknya 30 menit berolahraga sedang setiap hari, minimal lima kali seminggu, dan kabar baiknya adalah Anda bisa membagi 30 menit tersebut menjadi tiga segmen 10 hingga 15 menit per hari.

5. Vitamin dan Suplemen untuk Meningkatkan Kualitas Pendengaran

Vitamin dan Suplemen untuk meningkatkan kualitas pendengaran bisa dengan berlatih teknik kognitif di atas akan meningkatkan keterampilan pemahaman mendengar Anda – hampir bisa dipastikan.

Tapi bagaimana dengan vitamin? Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa beberapa vitamin dapat membantu, mencegah, atau menunda gangguan pendengaran:

  • Minyak ikan

American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa mengonsumsi dua porsi ikan per minggu dapat mengurangi kemungkinan gangguan pendengaran terkait usia sebesar 42% pada orang dewasa di atas 50 tahun.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang sama dari makan ikan adalah dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan.

  • Magnesium

Mineral ini telah secara ilmiah terbukti melindungi terhadap gangguan pendengaran akibat kebisingan.

  • Asam folat

Sebuah studi pada tahun 2007 menemukan bahwa mengonsumsi asam folat dapat menunda gangguan pendengaran terkait usia pada rentang frekuensi yang lebih rendah.

Tentang vitamin C, E, B12, dan beta karoten, beberapa pendapat masih terbelah.

Menurut satu studi ilmiah, “Peningkatan asupan vitamin C, E, B12, atau beta karoten tidak mengurangi risiko gangguan pendengaran pada pria dewasa. Pria yang berusia 60 tahun ke atas mungkin mendapat manfaat dari asupan folat yang lebih tinggi untuk mengurangi risiko mengalami gangguan pendengaran.”

Ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen apapun untuk memperbaiki kondisi pendengaran Anda.

Rawat Telinga Secara Rutin dan Benar!

Selain menjaga pola hidup sehat, tentu Anda tetap perlu menjaga telinga Anda tetap terawat dengan teratur dan baik. Perawatan ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah, atau sesekali ke ke dokter untuk melakukan check up!

Berikut beberapa rutinitas yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas pendengaran Anda dengan rutin merawata telinga Anda!

1. Hindari Kebisingan

Kurangi volume pada perangkat Anda dan gunakan earplug saat Anda berada di lingkungan yang berisik.

Kebisingan berlebihan adalah salah satu penyebab gangguan pendengaran yang paling umum, tetapi berita baiknya adalah bahwa ini juga merupakan yang paling dapat dicegah.

2. Pastikan Telinga Selalu Kering

Kelembaban berlebih dapat menyebabkan infeksi telinga dan penumpukan kotoran telinga, yang dapat menyebabkan masalah pendengaran.

Keringkan telinga dengan lembut menggunakan handuk setelah berenang atau mandi untuk mencegah masuknya air berlebih ke dalam saluran telinga.

Baca juga: 3 Metode Pembersihan Telinga Yang Harus Diwaspadai: Keamanan Terutama

3. Perhatikan Jika Ada Penumpukan Lilin Telinga

Lilin telinga, yang juga dikenal sebagai sereumen, adalah mekanisme pertahanan alami yang melindungi bagian dalam telinga Anda dari partikel asing, bakteri, dan infeksi.

Lilin telinga diproduksi oleh kelenjar yang terletak di telinga luar Anda, dan lilin tersebut dapat bervariasi warna dan konsistensinya dari satu orang ke orang lain.

Penumpukan lilin telinga yang berlebihan dapat memengaruhi pendengaran Anda dan membuat suara terdengar redup.

Jangan mencoba untuk menghilangkannya sendiri – hal itu dapat merusak lapisan halus saluran telinga. Sebaliknya, konsultasikan dengan dokter Anda untuk opsi pengobatan.

Lilin telinga diproduksi oleh kelenjar yang terletak di telinga luar Anda, dan lilin tersebut dapat bervariasi warna dan konsistensinya dari satu orang ke orang lain.

Meskipun jumlah lilin telinga yang sedikit bermanfaat, penumpukan lilin telinga yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pendengaran ringan dan ketidaknyamanan.

Jika Anda mengira memiliki sumbatan lilin telinga, jadwalkan janji dengan dokter Anda. Jangan pernah mencoba mengeluarkannya sendiri, karena Anda berisiko mendorong lilin lebih jauh ke telinga Anda dan merusak lapisan halus saluran telinga atau gendang telinga Anda.

4. Latihan Sederhana yang Meningkatkan Kualitas Pendengaran

Menggunakan perangkat teknologi memang bagus, tetapi pendengaran lebih tentang bersosialisasi dan terhubung dengan orang-orang di sekitar Anda.

Kami sarankan Anda bekerja dengan seorang mitra atau teman untuk memperkuat kemampuan Anda dalam menangkap dan memahami suara:

  • Dengarkan seseorang membaca dengan suara keras

Mintalah seorang teman untuk membacakan sesuatu untuk Anda. Ulangi setiap baris yang Anda dengar, dan mintalah teman Anda menunjukkan kesalahan-kesalahan yang ada.

Saat pemahaman Anda semakin baik, lakukan latihan yang sama di lingkungan yang bising seperti restoran untuk meningkatkan keterampilan Anda.

  • Latihan arah suara

Tutup mata Anda dan minta pasangan Anda bergerak ke berbagai area ruangan sambil berbicara kepada Anda.

Tebak dari arah mana suara datang dan seberapa jauh jaraknya. Ini akan meningkatkan kemampuan Anda dalam menangkap arah suara, yang membantu dalam pemahaman dalam percakapan kelompok dan kesadaran akan lingkungan sekitar.

  • Sesekali berada di lingkungan berisik

Nyalakan radio atau televisi dan coba berbincang-bincang dengan pasangan Anda.

Lakukan hal yang sama di restoran atau bar yang rama. Jangan biarkan masalah pendengaran Anda membuat Anda menjadi seseorang yang tidak pernah keluar rumah.

Dengan sengaja berlatih kemampuan pemahaman pendengaran Anda di area dengan banyak kebisingan akan memperkuat kemampuan Anda.

Baca juga: Treatment Gangguan Pendengaran Berdasar Jenis Gangguan

5. Teknik Isolasi Suara

Pernahkah Anda mendengarkan sebuah lagu dan mencoba fokus pada instrumen individu, suara, melodi, harmoni, dan suara?

Berlatih ini dan teknik isolasi suara lainnya akan melatih otak Anda untuk fokus pada suara yang paling penting selama percakapan.

Tutup mata Anda.

Dengarkan suara-suara sekitar Anda. Fokus pada satu suara – seperti burung, angin, lalu lintas, anak-anak bermain, pesawat, dll. – selama mungkin. Ini akan memperkuat kemampuan konsentrasi Anda.

6. Hindari Penggunaan Kapas dan Benda Kecil Lainnya ke Dalam Telinga

Jangan pernah memasukkan benda apapun ke dalam saluran telinga Anda, termasuk kapas. Melakukannya berisiko merusak gendang telinga Anda, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gangguan pendengaran.

7. Gunakan Penutup Telinga Jika Perlu

Selalu tutup telinga Anda saat cuaca sangat dingin dengan menggunakan topi atau penutup telinga.

Dan jangan lupa gunakan perlindungan telinga, seperti earplug atau headphone pembatal kebisingan, setiap kali Anda berada di area dengan banyak kebisingan.

Baca juga: Explore Stimulasi Akustik Elektrik (EAS): Pengenalan Dan Manfaatnya

8. Lakukan pemeriksaan pendengaran secara rutin

Pemeriksaan pendengaran rutin dapat mendeteksi tanda-tanda awal kerusakan pendengaran dan meningkatkan peluang Anda untuk kembali mendengar secara normal.

Pemeriksaan pendengaran rutin juga memberikan dokter Anda data dasar yang dapat dibandingkan dengan pendengaran Anda seiring bertambahnya usia, sehingga perubahan dapat terdeteksi lebih cepat.

9. Gunakan Alat Bantu Dengar

Kesehatan umum Anda juga meningkat ketika Anda menggunakan alat bantu dengar:

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan alat bantu dengar mengalami manfaat kesehatan tambahan.

Usaha yang Anda lakukan untuk mendengarkan cucu Anda bercerita ketika Anda tidak menggunakan alat bantu dengar bisa menjadi energi yang Anda gunakan untuk mengajaknya ke taman ketika Anda melakukannya.

Kesehatan mental dapat terganggu jika Anda tidak mengobati gangguan pendengaran, terutama jika Anda telah mengasingkan diri dari pertemuan sosial karena tidak dapat mendengar dengan baik.

Ada korelasi kuat antara gangguan pendengaran dan depresi di antara orang dewasa di Amerika Serikat.

Hasil penelitian lain menunjukkan hubungan antara gangguan pendengaran yang tidak diobati dengan peningkatan kemarahan, kecemasan, isolasi sosial, dan bahkan demensia.

Baca juga: Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Tes Pendengaran? 4 Tanda Anda Harus Tahu

Penutup

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Produk Kami

Bagikan :

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024