Search
Close this search box.

5 Makanan Super untuk Kesehatan Telinga: Menu Sehat yang Merawat Pendengaran

Makanan yang kita konsumsi secara langsung memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan, termasuk meningkatkan indra pendengaran kita.

Salah satu cara terbaik untuk merawat kesehatan telinga Anda adalah dengan mengonsumsi makanan yang diketahui dan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan pendengaran Anda.

Mengonsumsi makanan seimbang dan bernutrisi dapat membantu mencegah kerusakan pendengaran jangka panjang dan meningkatkan kesehatan pendengaran Anda.

Makanan Super untuk Menjaga Kesehatan Telinga

Studi menunjukkan bahwa sayuran dan buah-buahan dapat menurunkan risiko Anda terkena gangguan pendengaran sebesar 30%.

Nutrisi seperti magnesium, seng, kalium, folat, dan omega-tiga telah terkait dengan pendengaran yang sehat.

Sebagai contoh, magnesium melindungi terhadap kerusakan pendengaran dengan melindungi sel rambut di telinga bagian dalam saat terpapar suara keras. Seng dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, yang dapat berguna dalam melawan infeksi telinga.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung beberapa atau semua nutrisi penting ini yang dapat membantu Anda mendengar lebih baik.

Baca juga: Cara Aman Membersihkan Telinga Anda: Panduan Praktis Untuk Kesehatan Telinga

1. Ikan

Mengonsumsi ikan memiliki manfaat luar biasa, terutama ketika menyangkut kesehatan pendengaran Anda.

Ikan mengandung banyak nutrisi penting yang mendukung pendengaran, seperti magnesium, seng, dan asam lemak omega-tiga.

Ini juga mengandung Vitamin D, yang mendukung pembentukan dan kekuatan tulang di dalam telinga Anda dan mencegah otosklerosis, yaitu pertumbuhan tulang di dalam telinga yang dapat menyebabkan kerusakan pendengaran.

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat mengamati lebih dari enam puluh ribu wanita yang mengonsumsi ikan selama 18 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak ikan memiliki tingkat kerugian pendengaran yang lebih rendah daripada yang sedikit atau tidak mengonsumsi ikan sama sekali.

Ikan juga membantu meningkatkan pasokan darah yang teroksigenasi ke telinga Anda, secara efektif melindungi telinga Anda dari kerusakan pendengaran.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sumber baik asam folat, yang memainkan peran sangat penting dalam membantu menunda kerusakan pendengaran.

Selain asam folat, brokoli juga mengandung nutrisi penting seperti serat serta vitamin K dan C, serta glutation, yang bekerja melalui tubuh dengan melindungi sel-sel dari peradangan dan kerusakan.

Sangat baik untuk memasukkan brokoli ke dalam makanan Anda, dan dapat dimasak dengan berbagai cara.

Ketika Anda mengonsumsi brokoli dalam jumlah yang cukup, ini akan membantu melindungi pendengaran Anda jauh lebih lama daripada orang biasa.

Baca juga: Diet Sehat: Menurunkan Risiko Gangguan Pendengaran Dengan Langkah Sederhana

3. Pisang

Pisang merupakan sumber potassium yang terkenal, yang melindungi telinga dengan mengatur tingkat cairan di telinga dalam Anda.

Pisang juga mengandung magnesium, menjadikannya makanan ganda yang penting untuk kesehatan pendengaran. Magnesium juga meningkatkan sirkulasi darah ke telinga Anda.

Magnesium juga bertanggung jawab atas pelepasan glutamat, yang sangat berkontribusi pada kerusakan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan.

Dengan mengontrol glutamat, Anda akan lebih sedikit berisiko mengalami kerusakan pendengaran. Itulah mengapa Anda harus memasukkan pisang ke dalam diet Anda, baik itu sebagai bagian dari sarapan atau sebagai camilan.

Anda bahkan dapat mencampurkan pisang ke dalam minuman atau smoothie. Tidak peduli bagaimana Anda mengonsumsi pisang, ini pasti akan melindungi telinga Anda dari kerusakan pendengaran dalam jangka panjang.

4. Dark Chocolate

Dark Chocolate kaya akan seng, yang telah diketahui membantu pasien dengan kehilangan pendengaran mendadak dengan mengurangi stres oksidatif.

Nutrisi tambahan dan antioksidan dalam cokelat hitam juga membantu mencegah tinitus dan infeksi telinga lainnya.

Makanan ajaib ini dalam kesehatan telinga juga baik untuk jantung, dan penelitian menunjukkan adanya hubungan antara memiliki sistem kardiovaskular yang sehat dan pendengaran yang baik.

Ketika jantung Anda kuat dan berfungsi optimal, itu memungkinkan sirkulasi darah yang lancar.

Kesehatan kardiovaskular yang buruk dapat mengurangi aliran darah ke telinga dalam Anda, yang efektif berkontribusi pada kerusakan pendengaran.

Selain itu, kondisi seperti hipertensi juga dapat memengaruhi organ-organ Anda, termasuk koklea Anda.

Studi juga menunjukkan bahwa orang dengan diabetes juga lebih rentan terhadap penyakit jantung dan stroke, membuat mereka lebih rentan terhadap kerusakan pendengaran.

5. Bawang Putih

Menyertakan bawang putih dalam diet Anda dapat membantu mencegah kerusakan pendengaran karena meningkatkan aliran darah dari jantung ke telinga bagian dalam. Ini juga membantu mengurangi peradangan telinga.

Baca juga: Alat Bantu Dengar : Bukan Sekadar Membantu Pendengaran, Tapi Juga Menjaga Kesehatan

Kandungan Nutrisi Makanan Super untuk Kesehatan Telinga

Apa yang Anda konsumsi memiliki dampak langsung pada kesehatan dan kesejahteraan Anda. Nutrisi, seperti vitamin dan mineral, diperlukan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Dengan begitu, salah satu cara untuk melindungi telinga Anda adalah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan yang meningkatkan pendengaran.

Meskipun tidak ada obat mujarab, pola makan yang tepat memberikan manfaat bagi telinga Anda, serta tubuh Anda, dan dapat membantu menjaga kesehatan telinga Anda.

Jika Anda ingin membantu menjaga tubuh dan telinga Anda tetap sehat, konsumsilah lebih banyak makanan yang meningkatkan pendengaran! Berikut  nutrisi yang Anda butuhkan!

1. Magnesium

Magnesium dapat membantu menjaga fungsi saraf dan melindungi sel rambut di telinga bagian dalam saat terpapar suara keras.

Magnesium juga dapat membantu meningkatkan aliran darah, sedangkan kekurangannya dapat menyebabkan kekurangan oksigen.

Jadi, untuk membantu menjaga kesehatan telinga Anda, dan untuk melindungi terhadap kerusakan pendengaran (terutama yang disebabkan oleh suara keras).

Konsumsilah lebih banyak makanan kaya magnesium ini: Cokelat hitam, biji labu, biji rami, kacang (terutama kacang Brasil, kacang mete, dan almond), biji-bijian utuh, alpukat, salmon, kacang-kacangan, kale, bayam, dan pisang.

2. Kalium

Diperkirakan bahwa penurunan kadar cairan di telinga bagian dalam dapat berkontribusi pada kerusakan pendengaran, tetapi mendapatkan cukup kalium dapat membantu mengatur cairan di dalam tubuh.

Saat Anda menua, kadar kalium Anda lebih mungkin turun, jadi pastikan Anda mendapatkan cukup makanan kaya kalium dalam diet Anda: Mentimun, jamur, ubi jalar, kentang, telur, pisang, aprikot, melon, jeruk, kacang polong, alpukat, bayam, kelapa, semangka, dan edamame.

Baca juga: Hubungan Antara Stres Dan Gangguan Pendengaran

3. Asam Folat

Sirkulasi Anda memainkan peran penting dalam kesehatan telinga Anda, dan asam folat dapat membantu meningkatkan sirkulasi di dalam tubuh.

Sirkulasi yang baik membantu menjaga kesehatan sel rambut telinga bagian dalam, jadi wajar jika mendapatkan cukup asam folat dalam diet Anda dapat membantu mencegah kerusakan pendengaran.

Tingkatkan asupan asam folat Anda dengan mengonsumsi makanan kaya asam folat ini: Kubis brussels, kale, bayam, brokoli, kacang polong, kacang merah, kacang arab, hati, sereal sarapan yang diperkaya, biji-bijian utuh, lemon, melon, pisang, telur, kacang tanah, dan biji bunga matahari.

4. Seng

Seng Dipercaya dapat membantu pertumbuhan sel, seng juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah infeksi telinga.

Mengonsumsi cukup seng juga terkait dengan penurunan peluang mengembangkan tinitus dan presbiakusis.

Untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kemampuan penyembuhan Anda, tambahkan lebih banyak makanan kaya seng ini ke dalam diet Anda: Cokelat hitam, oatmeal, yogurt, kacang, kacang lentil, kacang tanah, kacang mete, tiram, lobster, kepiting, babi, daging sapi, daging ayam bagian gelap, jamur, kale, bayam, bawang putih, dan biji labu.

Baca juga: Berbagai Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Pendengaran

5. Omega-3

Omega-3 sering diabaikan, tetapi mendapatkan cukup asam lemak dalam diet Anda dapat membantu menjaga kesehatan telinga Anda saat menua.

Asam lemak omega-3 dapat membantu menunda atau mencegah kerusakan pendengaran terkait usia, jadi pastikan Anda menambahkan lebih banyak makanan berikut ke dalam piring Anda: Kenari, biji rami, biji chia, telur yang diperkaya, susu yang diperkaya, biji hemp, purslane, kubis brussels, bayam, sarden, tuna, ikan mackerel, ikan hering, tiram, dan salmon.

Penutup

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Produk Kami

Bagikan :

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024