Search
Close this search box.

Panduan Lengkap Mengobati Gangguan Pendengaran:Tips Medis dan Alternatif

Gangguan pendengaran merupakan masalah yang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan.

Untungnya, ada berbagai metode pengobatan yang tersedia, mulai dari pendekatan medis hingga alternatif, yang dapat membantu mengatasi gangguan pendengaran.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang berbagai tips medis dan alternatif untuk mengobati gangguan pendengaran.

Mulai dari penggunaan alat bantu dengar hingga terapi alternatif seperti akupunktur dan aromaterapi.

Perawatan Tradisional untuk Mengobati Gangguan Pendengaran

Banyak dari perawatan dan praktik-praktik ini telah digunakan selama ribuan tahun, namun bukti medis akan efektivitasnya seringkali kurang.

Meskipun begitu, bagi kebanyakan orang, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa terapi komplementer bersamaan dengan pendekatan yang lebih konvensional.

Baca juga: Treatment Gangguan Pendengaran Berdasar Jenis Gangguan

1. Obat-obatan Herbal 

Alam menawarkan kemungkinan menarik untuk kesehatan, dan beberapa tanaman dan herbal diketahui mengandung senyawa obat yang kuat.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Tanaman seperti ginkgo biloba kadang-kadang dianggap memiliki potensi untuk meningkatkan peredaran darah ke telinga. Acai, ginseng merah Korea, dan bahan lainnya juga diyakini dapat memberikan bantuan bagi penderita tinnitus.

Namun, sebagaimana menariknya janji obat alami terdengar, sangat penting untuk berhati-hati. Tidak semua obat cocok untuk semua orang, dan beberapa bisa berinteraksi dengan obat-obatan herbal.

Jahe

Pendukung penyembuhan alami merekomendasikan minum teh jahe. Untuk membuatnya sendiri, rebus bahan berikut dalam panci tertutup selama 15 menit:

  • 4 gelas air
  • 3 iris jahe segar
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok makan kayu manis
  • 1 sendok makan oregano
  • 1 sendok makan rosemary
  • 1 sendok makan sage

Setelah direbus, saring dan minum tiga gelas sehari selama minimal tiga minggu.

Ekstrak ginkgo biloba

Ekstrak ginkgo biloba merupakan favorit para penyembuh alami.

Pendukung jenis pengobatan ini menyarankan untuk mengonsumsi 60 hingga 240 miligram ginkgo biloba per hari dapat membantu mengatasi tinnitus dan gangguan suara lainnya yang terkait dengan kerugian pendengaran.

Baca juga: Mengapa Telinga Tidak Bisa Mendengar? Penyebab Dan Solusinya

Tea Tree Oil

Minyak pohon teh diyakini oleh banyak orang dapat secara positif mengobati kerugian pendengaran dan tuli.

Anda harus menggunakan obat ini dengan hati-hati dan pastikan untuk menyebutkannya kepada dokter Anda sebelum mencobanya. Anda dapat mencampur dan kemudian memanaskannya:

  • 3 tetes minyak pohon teh
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok teh cuka koloid
  • 1 sendok teh cuka apel

Anda kemudian dapat meneteskan campuran tersebut ke telinga Anda dan duduk diam selama lima menit. Para pendukung mengklaim bahwa jika Anda melakukannya empat kali sehari, Anda akan melihat hasil setelah dua hari.

2. Akupuntur

Berasal dari Tiongkok kuno, akupunktur adalah praktik populer yang kini digunakan oleh praktisi di berbagai negara di seluruh dunia.

Praktik ini melibatkan penempatan puluhan jarum ultra-halus di titik-titik tertentu pada tubuh. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan qi, atau energi yang mengalir melalui tubuh.

Pemikiran medis modern menyarankan bahwa akupunktur dapat merangsang sistem saraf pusat untuk meredakan gejala.

Meskipun ilmu pasti di balik akupunktur untuk tinnitus masih menjadi subjek penelitian, banyak pasien yang mengklaim mendapatkan bantuan dari banyak kondisi medis melalui pengobatan ini.

Seperti biasa, sangat penting untuk menjalani perawatan dengan profesional yang terlatih untuk memastikan keamanan dan efektivitas.

3. Meditasi

Dengan memusatkan perhatian ke dalam, meditasi mengajarkan individu untuk mengakui sensasi mereka tanpa menjadi terlalu kewalahan.

Bagi mereka yang memiliki tinnitus, ini bisa berarti belajar untuk memperhatikan dering tanpa membiarkannya mendominasi kesadaran mereka. Meditasi untuk kerugian pendengaran berfokus pada suara sekitar untuk menyesuaikan pendengaran Anda dengan suara-suara kecil dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Sementara itu, kesadaran (mindfulness) melatih pikiran untuk tetap hadir, yang bisa memberikan kesempatan istirahat sementara dari tinnitus.

Baca juga: Berbagai Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Pendengaran

4. Aromaterapi

Pasien tinnitus terkadang tertarik pada perawatan nontradisional atau alternatif. Namun, tidak ada bukti yang meyakinkan akan efektivitas terapi komplementer apa pun dalam pengobatan tinnitus.

Namun, mengingat kurangnya pilihan perawatan tradisional, terapi berisiko rendah seperti aromaterapi seharusnya tidak diabaikan, dan seringkali dicari oleh pasien.

Aromaterapi memerlukan kombinasi minyak esensial dan pijatan untuk mengurangi gejala gangguan dan membuat pasien merasa lebih baik.

Kombinasi minyak tersebut seperti menggunakan minyak kemenyan, yang berasal dari zaman kuno Babilonia, dan berbagai kelompok minyak, misalnya, sorbus, chamomile, kemenyan, lavender, dan mint.

Para pasien melaporkan bahwa aromaterapi membantu mereka untuk rileks dan bahwa gejala somatik lainnya menjadi lebih mudah.

5. Pengobatan tradisional Korea dan Tiongkok

Bojungikgitang digunakan dalam pengobatan kekurangan energi chi, dan banhabaekchulchonmatang digunakan untuk mengobati masalah kandung empedu, yang dianggap terkait dengan tinnitus.

Dua ramuan ini sangat umum digunakan di Korea dan telah disetujui oleh Administrasi Makanan dan Obat Korea sebagai obat herbal pada orang dewasa untuk pengobatan tinnitus.

Meskipun kurangnya studi ilmiah, ada laporan anekdotal yang menunjukkan bahwa pengobatan tradisional Tiongkok berhasil dalam mengurangi tinnitus.

Er Ming Fang (EMF01) adalah campuran herbal Tiongkok yang mengandung berbagai jenis herbal. Studi penelitian tidak menunjukkan adanya manfaat pada tinnitus yang diinduksi salisilat pada tikus.

6. Yoga

Yoga, praktik kuno, berfokus pada kesatuan pikiran, tubuh, dan roh. Posisi dan teknik pernapasan tertentu dapat meningkatkan sirkulasi, terutama ke otak dan daerah auditori, yang secara tidak langsung dapat menguntungkan pendengaran.

Selain manfaat fisiknya, yoga memberikan kejelasan pikiran. Relaksasi dan kedamaian yang dirasakan individu selama sesi yoga juga dapat mengurangi stres dan kecemasan yang sering terkait dengan masalah auditori.

Pengobatan Medis untuk Mengobati Gangguan Pendengaran

Pengobatan komplementer didefinisikan sebagai praktik medis, atau sebagai intervensi, yang cukup didokumentasikan untuk menunjukkan keamanan dan efektivitasnya dalam penyakit dan kondisi tertentu.

Pengobatan standar yang diterima untuk tinnitus adalah sebagai berikut: intervensi psikoterapeutik seperti generator kebisingan putih, terapi perilaku/kognitif, alat bantu dengar, benzodiazepin, antidepresan trisiklik, pemotongan saraf kedelapan, dan dekompresi vaskular.

1. Terapi Suara

Terapi suara adalah seni menggunakan suara yang menenangkan untuk memberikan kelegaan.

Terapi ini bekerja berdasarkan prinsip bahwa memperkenalkan suara tertentu dapat membantu mengalihkan atau menangkal dering atau desisan terus-menerus dari tinnitus.

Lebih dari sekedar menyamarkan suara-suara tersebut, paparan yang konsisten mungkin membantu beberapa individu menyesuaikan diri dengan lebih baik, memberikan periode kelegaan yang lebih lama.

Terapi suara dapat dipersonalisasi, memungkinkan individu untuk menemukan resonansi yang tepat yang menghibur mereka.

Baca juga: Pentingnya AVT Atau Auditory Verbal Therapy Untuk Anak Gangguan Pendengaran

2. Biofeedback

Biofeedback memberikan informasi tentang kondisi saat ini dari proses fisiologis individu. Hal ini memungkinkan individu untuk belajar menghargai status individual mereka.

Salah satu karakteristik unik dari biofeedback adalah bahwa proses ini membentuk hubungan antara pikiran dan tubuh individu. .

Anda akan diberi kesempatan untuk belajar bagaimana proses kognitif dan emosional memengaruhi fungsi fisiologis.

Misalnya, selama biofeedback, insiden ketegangan otot dapat digunakan untuk membantu individu mengenali bahwa mereka gugup atau stres. Berkat biofeedback, Anda memiliki kesempatan untuk melihat efek teknik relaksasi pada ketegangan otot.

Mampu memengaruhi perkembangan sistem fisiologis disebut “self-regulation”. Belajar bagaimana memengaruhi fungsi fisiologis sendiri mendorong individu untuk berperan lebih aktif dalam perawatan kesehatan mereka sendiri dan menjaga gaya hidup yang sehat.

Biofeedback digunakan dalam pengobatan gangguan medis dan mental seperti kecemasan, hipertensi, dan sakit kepala. Selain itu, biofeedback kadang digunakan sebagai tambahan terapi obat dan pengobatan alkohol.

3. Diet dan Suplemen

Hubungan antara pola makan, suplemen, dan kesehatan pendengaran bukanlah sekadar kebetulan. Nutrisi penting seperti asam lemak omega-3 dan asam folat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan telinga bagian dalam.

Menggunakan suplemen untuk kerugian pendengaran dalam pola makan Anda mungkin dapat meningkatkan kesehatan pendengaran secara keseluruhan, menawarkan perlindungan dan peningkatan potensial pada kemampuan pendengaran.

Meskipun demikian, seperti halnya dengan semua perubahan pola makan, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi.

Baca juga: 5 Makanan Super Untuk Kesehatan Telinga: Menu Sehat Yang Merawat Pendengaran

4. Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar akan membuat suara lebih keras dan lebih mudah diambil oleh telinga bagian dalam. Umumnya, mereka ada yang analog atau digital.

  • Hearing aids analog.

Mengubah suara menjadi sinyal listrik, lalu membuatnya lebih keras. Mereka bekerja seperti mikrofon yang terhubung ke amplifier.

Anda dapat memprogramnya untuk lingkungan yang berbeda, seperti ruangan kecil atau restoran yang ramai.

  • Hearing aids digital

Ini mengubah suara menjadi kode angka, lalu mengubahnya kembali menjadi suara. Anda dapat memprogramnya untuk memperbesar hanya frekuensi di mana Anda mengalami gangguan pendengaran.

Secara umum, perangkat digital memberi Anda lebih banyak fleksibilitas daripada jenis analog. Namun, mereka juga lebih mahal.

5. Peralatan Pembersihan Earwax

Penyedia layanan kesehatan Anda dapat menghilangkan kotoran telinga berlebih dengan menggunakan alat kecil berbentuk melengkung yang disebut kuret atau dengan menggunakan teknik penyedotan.

Penyedia Anda juga dapat membersihkan kotoran telinga dengan menyiramnya menggunakan jarum suntik yang diisi dengan air hangat dan larutan saline atau hidrogen peroksida yang diencerkan.

Tetes telinga yang mengandung obat juga dapat direkomendasikan untuk membantu melunakkan kotoran telinga, seperti karbamida peroksida (Debrox Earwax Removal Kit, Murine Ear Wax Removal System).

Karena tetes ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif gendang telinga dan saluran telinga, gunakan hanya sesuai petunjuk.

Jika penumpukan kotoran telinga terus berlanjut, Anda mungkin perlu mengunjungi penyedia layanan kesehatan Anda sekali atau dua kali setahun untuk pembersihan rutin.

6. Prosedur Operasi

Beberapa jenis gangguan pendengaran diobati dengan operasi, bersama dengan kelainan pada gendang telinga atau tulang pendengaran (osikel).

Kehilangan pendengaran adalah kondisi medis yang cukup umum yang memengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Namun, saat ini ada beberapa metode pengobatan untuk kehilangan pendengaran juga.

Di antaranya seperti operasi kehilangan Pendengaran Sensorineural, Implan Koklea,

  • Operasi Kehilangan Pendengaran Sensorineural

Kehilangan pendengaran saraf ditandai oleh kerusakan pada sel rambut (yang merupakan ujung saraf) di telinga bagian dalam.

Jenis kehilangan pendengaran ini sayangnya permanen, dan tidak ada cara bedah untuk menyembuhkannya atau mengurangi gejalanya.

Ada sebuah operasi yang dapat melewati semua sel yang rusak di telinga bagian dalam.

  • Implan Koklea

Operasi implan koklea menempatkan sebuah perangkat elektronik kecil di bawah kulit yang terletak tepat di belakang telinga pasien. Perangkat ini berisi prosesor ucapan, mikrofon, dan kompartemen baterai mini.

  • Tympanostomy Tube

Kehilangan pendengaran konduktif disebabkan karena memiliki penyumbatan di telinga. Pengobatan operasi yang dilakukan adalah dengan menempatkan tabung timpanostomi, silinder kecil yang ditempatkan untuk memungkinkan udara masuk ke telinga, meningkatkan pendengaran pasien.

Penutup

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!