Search
Close this search box.

Mengapa Telinga Tidak Bisa Mendengar? Penyebab dan Solusinya

Ketika telinga tidak bisa mendengar, dapat memengaruhi semua orang mulai dari bayi hingga orang yang berusia 60-an dan 70-an.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kehilangan pendengaran, tetapi paparan suara keras adalah alasan paling umum orang mengalami kondisi ini.

Kehilangan pendengaran tidak dapat dibalik, tetapi operasi untuk mengobati beberapa masalah dapat meningkatkan pendengaran. Perangkat seperti alat bantu dengar dapat mengurangi kehilangan pendengaran.

Penyebab Telinga Tidak Bisa Mendengar dan Solusinya

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kehilangan pendengaran sementara, mulai dari sumbatan oleh lilin telinga hingga infeksi hingga kerusakan akibat suara bising.

Dalam kebanyakan kasus, kerugian pendengaran tersebut ringan dan akan segera hilang. Namun, kerugian pendengaran yang persisten atau parah yang muncul tiba-tiba selalu harus diselidiki oleh seorang dokter.

Berikut adalah penyebab paling umum dari kerugian pendengaran sementara dan pengobatan standar untuk masing-masing:

1. Infeksi Telinga Tengah

Ketika area di belakang gendang telinga diserang oleh cairan yang terisi bakteri, infeksi sangat mungkin berkembang.

Karena telinga tengah mengandung jalur ke belakang tenggorokan, infeksi telinga dapat berkembang dari pilek atau virus yang buruk.

Infeksi ini umum terjadi pada anak-anak dan dapat mempengaruhi kemampuan pendengaran mereka secara sementara. Biasanya, hanya satu telinga yang terkena.

Infeksi di telinga tengah dapat menyebabkan penumpukan cairan ketika tubuh berusaha melawan infeksi. Cairan ini dapat memberikan tekanan pada struktur telinga yang digunakan dalam pendengaran, seperti tulang-tulang telinga tengah.

Dalam beberapa kasus, cairan ini memberikan tekanan begitu besar sehingga gendang telinga dapat pecah dan bocor darah serta cairan seperti nanah dari telinga.

Gendang telinga yang pecah dapat menyebabkan rasa sakit, tetapi seringkali dapat pulih sendiri setelah infeksi sembuh.

Baca juga: Tips Menghindari Gangguan Pendengaran

Perawatan Infeksi Telinga Tengah

Infeksi telinga tengah dapat diobati dengan:

  1. Antibiotik, diminum secara oral atau sebagai tetes telinga.
  2. Obat penghilang rasa sakit.
  3. Obat pereda hidung tersumbat, antihistamin, atau steroid hidung.

Penyedia layanan kesehatan Anda juga mungkin menyarankan autoinsufflation. Ini membantu menyesuaikan tekanan udara di telinga Anda.

Untuk melakukan ini, Anda menekan hidung Anda dan mengeluarkan napas perlahan. Ini memaksa udara kembali melalui tabung eustachian.

Perawatan yang tepat untuk infeksi telinga Anda akan tergantung pada jenis infeksi yang Anda miliki. Secara umum, jika gejala Anda tidak membaik dalam 48 hingga 72 jam, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

2. Paparan Suara Keras

Suara yang sangat keras—seperti yang ditemukan di barisan depan konser, atau di tempat latihan menembak (tanpa perlindungan telinga)—dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara.

Bagaimana hal ini terjadi? Di dalam telinga bagian dalam kita, sel rambut kecil mendeteksi gelombang suara dan mengirim sinyal-sinyal ini ke otak.

Sel-sel rambut ini dapat rusak oleh suara bising. Biasanya, ini mempengaruhi kedua telinga, tetapi bisa lebih parah di sisi yang menerima lebih banyak suara (seperti dari letupan senjata saat Anda memegang senjata, dikenal sebagai “penembak telinga”). Ini umumnya tidak menyebabkan rasa sakit

Ketika gangguan pendengaran bersifat permanen, ini dikenal sebagai kerugian pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan.

Mengatasi paparan suara keras atau ‘kebisingan konser’

Kebisingan konser adalah tanda buruk—telinga Anda telah rusak. Jika ini terdengar seperti yang terjadi pada Anda, istirahatkan telinga Anda secepat mungkin. Jangan terpapar lebih banyak suara keras jika memungkinkan.

Meskipun pendengaran Anda kemungkinan akan pulih dalam jangka pendek, Anda mungkin telah menyebabkan beberapa kerusakan jangka panjang pada sel rambut halus di telinga Anda. Jika pendengaran Anda tidak membaik dalam satu hari atau lebih, cari bantuan medis.

Dan jangan lupa bahwa saat Anda berada di lingkungan yang berisik, Anda harus melindungi pendengaran Anda dari kerusakan lebih lanjut dengan menggunakan pelindung telinga.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Telinga Saat Menggunakan Earphone Atau Headphone

Jika Anda tahu Anda akan menghadiri konser keras atau pertunjukan kembang api, gunakan penutup telinga atau bantal telinga.

Jika hobi Anda termasuk menggunakan peralatan keras seperti musik live, sepeda motor, snowmobile, atau senjata api, selalu gunakan alat pelindung pendengaran.

Pendengaran yang teredam dan dengingan di telinga, yang sering disebut tinnitus, juga umumnya disebabkan oleh paparan suara keras.

Kurangi volume atau gunakan alat pelindung telinga untuk mengurangi kemungkinan mengembangkan kerugian pendengaran permanen dan tinnitus seumur hidup.

3. Penumpukan Lilin Telinga

Percaya atau tidak, lilin telinga adalah hal yang baik—sebagian besar waktu. Tugasnya adalah menangkap debu dan partikel kecil lainnya sebelum mencapai gendang telinga.

Secara umum, lilin telinga akan keluar dari saluran telinga Anda secara alami, tetapi ada saat-saat ketika lilin menjadi terjebak atau tersangkut di dalam saluran telinga.

Penyumbatan ini dapat menyebabkan hilangnya pendengaran tiba-tiba di salah satu atau kedua telinga, menghambat kemampuan gelombang suara untuk bergerak melalui saluran telinga menuju gendang telinga.

Ketika gendang telinga tidak dapat berfungsi dengan baik, pendengaran dapat terpengaruh negatif. Hal ini dapat mempengaruhi salah satu atau kedua telinga dan umumnya tidak menyebabkan rasa sakit.

Perawatan Mengeluarkan Earwax

Secara medis dan ilmiah, telinga dapat membersihkan kotorannya sendiri melalui gerakan rahang manusia. Saat mengunyah atau berbicara, misalnya, earwax bisa keluar dari telinga secara alami.

Oleh karena itu, tidak perlu bagi Sahabat MIKA untuk membersihkan telinga secara rutin.

Agar terhindar dari komplikasi, infeksi, dan gangguan pendengaran yang mungkin timbul akibat pembersihan telinga yang tidak tepat, berikut adalah cara yang aman untuk menghilangkan earwax sesuai saran medis.

  • Penggunaan Obat Tetes Telinga

Anda dapat memperoleh obat tetes telinga secara bebas di apotek untuk membersihkan telinga secara aman. Cara kerjanya adalah obat tersebut memecah earwax setelah diteteskan dan dibiarkan beberapa menit.

  • Irigasi Telinga dengan Air Salin

Jika penumpukan earwax masih dalam tahap ringan dan tidak mengganggu pendengaran, metode membersihkan telinga yang aman adalah dengan menyemprotkan air salin ke telinga. Biasanya, prosedur ini juga dilakukan oleh dokter THT.

Dalam prosedur ini, dokter akan menyemprotkan air salin menggunakan alat earigator yang mengalir searah dengan saluran telinga, sehingga earwax akan keluar perlahan.

  • Kuretasi oleh Dokter THT

Untuk membersihkan earwax yang telah menumpuk secara tepat, dibutuhkan bantuan dokter THT. Jika earwax sudah mengeras dan menyumbat saluran telinga, dokter THT dapat melakukan kuretasi.

Kuretasi telinga berfungsi untuk menarik kotoran telinga yang mengeras sehingga dapat dikeluarkan. Setelah earwax terangkat, dokter juga dapat membersihkan sisa kotoran telinga yang menempel agar telinga menjadi bersih.

4. Swimmer’s Ear

Jika baru-baru ini Anda berenang dan mengalami telinga gatal, nyeri, atau sensasi penuh di telinga Anda, Anda mungkin mengalami swimmer’s ear, yang dikenal sebagai infeksi telinga luar.

Infeksi ini di saluran telinga luar biasanya terjadi ketika air masih ada di telinga setelah Anda berenang. Hal ini dapat mempengaruhi satu atau kedua telinga dan sangat menyakitkan.

Apakah Anda menggaruk telinga Anda dan sekarang tidak bisa mendengar?

Meskipun namanya “swimmer”, namun swimmer’s ear juga dapat disebabkan oleh goresan atau lecet di saluran telinga Anda yang disebabkan oleh penggunaan kapas, tusuk rambut, atau jari Anda untuk membersihkan saluran telinga Anda.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Telinga Saat Berenang

Perawatan Swimmer’s Ear

Tujuan dari pengobatan adalah untuk menghentikan infeksi dan memungkinkan saluran telinga Anda untuk sembuh.

  • Pembersihan

Pembersihan saluran telinga luar Anda diperlukan untuk membantu eardrops mengalir ke semua area yang terinfeksi.

Dokter Anda akan menggunakan alat hisap atau kuret telinga untuk membersihkan cairan, gumpalan lilin telinga, kulit yang bersisik, dan kotoran lainnya.

  • Obat-obatan untuk infeksi

Untuk sebagian besar kasus swimmer’s ear, dokter Anda akan meresepkan tetes telinga yang memiliki kombinasi beberapa bahan berikut, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan infeksi Anda:

Larutan Asam untuk membantu mengembalikan lingkungan antibakteri normal telinga Anda

Steroid untuk mengurangi peradangan

Antibiotik untuk melawan bakteri

Obat antijamur untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur

Tanyakan kepada dokter Anda tentang metode terbaik untuk mengambil eardrops Anda. Beberapa ide yang mungkin membantu Anda menggunakan eardrops termasuk yang berikut:

1. Kurangi ketidaknyamanan tetes yang dingin dengan memegang botolnya di tangan Anda selama beberapa menit untuk membawa suhu tetes lebih dekat ke suhu tubuh.

2. Berbaringlah dengan sisi Anda yang terinfeksi telinga berada di atas selama beberapa menit untuk membantu obat menyebar melalui seluruh panjang saluran telinga Anda.

3. Jika memungkinkan, mintalah bantuan seseorang untuk membantu Anda memasukkan tetes ke telinga Anda.

4. Untuk memasukkan tetes ke telinga anak atau dewasa, tarik telinga ke atas dan ke belakang.

5. Jika saluran telinga Anda benar-benar tersumbat oleh pembengkakan, peradangan, atau cairan berlebihan, dokter Anda mungkin akan memasukkan sumbat yang terbuat dari kapas atau kasa untuk mempromosikan drainase dan membantu menarik obat ke dalam saluran telinga Anda.

5. Prebycusis

Ini merujuk pada gangguan pendengaran bertahap terkait usia untuk suara berpitch tinggi.

Seseorang dengan jenis pendengaran yang teredam mungkin mengalami kesulitan mendengar bunyi telepon berdering. Kerugian pendengaran dapat bervariasi dari ringan hingga parah.

Gejala lainnya termasuk kesulitan mendengar ketika ada kebisingan latar belakang, denging di telinga, dan kesulitan mendengar suara wanita.

Baca juga: Tips Menghindari Kondisi Telinga Yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan

Penyebab 

Ada banyak penyebab untuk kerugian pendengaran terkait usia. Ini sering terjadi karena perubahan di lokasi berikut:

  • Di dalam telinga bagian dalam (paling umum)
  • Di dalam telinga tengah
  • Di sepanjang jalur saraf ke otak

Hal lain yang memengaruhi kerugian pendengaran terkait usia:

  • Paparan terus menerus terhadap suara keras (seperti musik atau suara terkait pekerjaan)
  • Kehilangan sel rambut (reseptor sensorik di telinga bagian dalam)
  • Faktor-faktor yang diwariskan
  • Penuaan
  • Berbagai kondisi kesehatan, seperti penyakit jantung atau diabetes
  • Efek samping dari beberapa obat, seperti aspirin dan beberapa antibiotik

Perawatan Prebycusis

Penyedia layanan kesehatan Anda akan menentukan pengobatan terbaik berdasarkan:

  • Usia Anda
  • Kesehatan secara keseluruhan dan riwayat medis Anda
  • Seberapa sakit Anda
  • Seberapa baik Anda dapat menangani obat-obatan tertentu, prosedur, atau terapi
  • Berapa lama kondisi diperkirakan akan berlangsung
  • Pendapat atau preferensi Anda

Opsi pengobatan untuk kerugian pendengaran terkait usia mungkin termasuk yang berikut:

  • Hearing aid (alat bantu dengar)
  • Alat bantu, seperti penguat telepon atau teknologi yang mengonversi ucapan menjadi teks
  • Pelatihan dalam membaca ucapan (untuk menggunakan petunjuk visual untuk menentukan apa yang sedang dikatakan)
  • Teknik untuk mencegah penumpukan lilin berlebih di telinga bagian luar

Penutup

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Produk Kami

Bagikan :

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024