Search
Close this search box.

Treatment Gangguan Pendengaran Berdasar Jenis Gangguan

Kehilangan pendengaran, yang mencakup kehilangan sebagian atau seluruh pendengaran di satu atau kedua telinga, dapat terjadi secara bertahap dan alami atau karena cedera atau penyakit.

Alasan di balik kehilangan pendengaran dapat bervariasi mulai dari faktor genetik dan penuaan hingga trauma fisik seperti patah tulang hingga bekerja di lingkungan yang berisik.

Penyakit atau infeksi berulang juga dapat secara bertahap mengurangi kemampuan mendengar sepenuhnya, begitu juga dengan penumpukan lilin atau cairan di telinga.

Jika kehilangan pendengaran menyebabkan gangguan dalam kehidupan sehari-hari, tiba-tiba terjadi, atau lebih jelas terjadi di satu telinga, segera temui profesional kesehatan untuk diagnosis dan pengobatan.

Kehilangan pendengaran yang disertai dengan gejala lain, seperti berdengung atau pusing, kemungkinan memerlukan perhatian medis segera.

Baca juga: Bahaya Polusi Suara Pada Gangguan Pendengaran Dan Mental

Treatment Gangguan Pendengaran

Anda dapat mendapatkan bantuan untuk masalah pendengaran. Pengobatan bergantung pada penyebab kehilangan pendengaran dan seberapa parah kondisinya.

Pilihan pengobatan meliputi:

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

1. Menghilangkan sumbatan telinga

Sumbatan telinga karena kotoran telinga adalah salah satu penyebab kehilangan pendengaran yang bisa diperbaiki.

Seorang penyedia layanan kesehatan mungkin akan mengeluarkan kotoran telinga menggunakan penyedot atau alat kecil dengan lingkaran di ujungnya.

2. Operasi

Beberapa jenis kehilangan pendengaran bisa diobati dengan operasi. Untuk infeksi berulang yang menyebabkan cairan di telinga, seorang penyedia layanan mungkin akan memasang tabung kecil yang membantu telinga mengalir.

3. Alat bantu dengar

Jika kehilangan pendengaran disebabkan oleh kerusakan pada telinga bagian dalam, alat bantu dengar bisa membantu.

Seorang spesialis pendengaran, yang dikenal sebagai ahli audiologi, dapat menjelaskan bagaimana alat bantu dengar dapat membantu dan jenis apa saja yang tersedia.

Audiologis juga dapat membantu Anda memilih dan memasang alat bantu dengar.

4. Implan koklea

Ketika alat bantu dengar biasa tidak mungkin banyak membantu, implant koklea mungkin menjadi pilihan. Implan koklea tidak seperti alat bantu dengar yang membuat suara lebih kuat dan mengarahkannya ke saluran telinga.

Sebaliknya, implan koklea menjangkau bagian telinga bagian dalam yang tidak berfungsi untuk merangsang saraf pendengaran.

Seorang ahli audiologi dan penyedia layanan kesehatan yang terlatih dalam telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) dapat memberi tahu Anda tentang risiko dan manfaatnya.

Jenis-jenis Gangguan Pendengaran

Ada tiga jenis gangguan pendengaran:

1. Kehilangan pendengaran konduktif

Pada jenis kehilangan pendengaran ini, ada sesuatu yang menghalangi suara untuk melewati telinga luar (saluran telinga) atau telinga tengah.

2. Kehilangan pendengaran sensorineural

Kehilangan pendengaran ini terjadi ketika ada sesuatu yang merusak telinga bagian dalam Anda dari waktu ke waktu. Jarang, kehilangan pendengaran sensorineural terjadi dengan sangat cepat.

Ini disebut kehilangan pendengaran sensorineural tiba-tiba (SSHL), atau tuli mendadak. SSHL dapat terjadi secara tiba-tiba atau dalam beberapa hari.

3. Kombinasi

Ini terjadi ketika Anda mengalami masalah pada telinga tengah atau luar (kehilangan pendengaran konduktif) dan telinga bagian dalam Anda (kehilangan pendengaran sensorineural).

Baca juga: Penggunaan Teknologi Terkini Dalam Desain Dan Fungsionalitas Alat Bantu Dengar

Treatment Gangguan Pendengaran Berdasar Jenisnya

Untuk mengatasi gangguan pendengaran berdasarkan jenisnya, berbagai pendekatan perawatan tersedia.

Dari pembersihan telinga hingga pilihan perangkat bantu dengar atau bahkan pembedahan, setiap jenis gangguan pendengaran memerlukan strategi perawatan yang sesuai.

Dengan memahami sifat dan penyebab dari gangguan pendengaran tersebut, Anda dapat menemukan solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas pendengaran. Berikut adalah beberapa opsi perawatan yang umum digunakan:

1. Treatment Gangguan Pendengaran Sensorineural 

Pengobatan untuk kehilangan pendengaran sensorineural Kehilangan pendengaran sensorineural bersifat permanen; sel rambut tidak dapat diperbaiki setelah rusak.

Bagi orang dengan jenis kehilangan pendengaran ini, alat bantu dengar adalah pengobatan standar emas. Dalam beberapa kasus, implan koklea mungkin direkomendasikan.

Alat bantu dengar

Jika profesional perawatan pendengaran Anda merekomendasikan alat bantu dengar, mereka akan bekerja dengan Anda untuk mengkalibrasinya sesuai dengan kehilangan pendengaran Anda yang spesifik, selama proses yang dikenal sebagai fitting.

Alat bantu dengar tidak menyembuhkan atau mengembalikan pendengaran. Tujuan dasar dari alat bantu dengar adalah untuk memperbesar suara dalam rentang tertentu yang Anda butuhkan.

Alat bantu dengar saat ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendengaran Anda secara sangat baik—memperbesar suara yang Anda perlukan untuk didengar sambil meminimalkan suara yang tidak Anda perlukan.

Meskipun mereka tidak dapat secara tepat meniru pendengaran normal, mereka sangat efektif untuk orang dengan kehilangan pendengaran ringan hingga sedang. Alat bantu dengar anak memiliki fitur khusus untuk anak-anak.

Alat bantu dengar dapat dipakai di belakang telinga atau di dalam telinga tergantung pada tingkat kehilangan pendengaran dan preferensi pribadi.

Ada banyak jenis dan gaya. Dan ya, jika Anda memiliki kehilangan pendengaran di kedua telinga, dua alat bantu dengar jauh lebih baik daripada satu.

Baca juga: Alat Bantu Dengar Dengan Teknologi Terkini Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia

Implan koklea

Untuk beberapa orang, alat bantu dengar tidak memberikan amplifikasi yang cukup dan implan koklea akan menjadi pengobatan yang direkomendasikan.

Implan memerlukan operasi, tetapi mereka dapat menjadi pilihan yang sangat baik bagi orang yang tidak cukup dibantu oleh alat bantu dengar.

Anak-anak, orang dewasa, dan lanjut usia semua merupakan kandidat potensial untuk implan koklea. Berbeda dengan alat bantu dengar, implan koklea umumnya dicakup oleh program asuransi.

2. Gangguan Pendengaran Konduktif

Pengobatan untuk kehilangan pendengaran konduktif Jenis kehilangan pendengaran utama lainnya dikenal sebagai kehilangan pendengaran konduktif.

Biasanya disebabkan oleh kondisi di bagian luar atau tengah telinga dan biasanya bersifat sementara.

Kehilangan pendengaran konduktif bisa disebabkan oleh penumpukan serumen di saluran telinga, cairan di telinga tengah, atau gendang telinga yang bocor.

Pengobatan bedah untuk kehilangan pendengaran

Pilihan pengobatan untuk kehilangan pendengaran konduktif biasanya melibatkan intervensi medis dari spesialis THT untuk menangani penyebab spesifiknya.

Ini biasanya berarti bahwa sesuatu yang bersifat anatomi menghalangi suara untuk mencapai telinga bagian dalam, seperti otosklerosis.

Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin dapat membantu, terutama jika Anda memiliki masalah tulang atau anatomi.

Jika pengobatan medis tidak menghilangkan kehilangan pendengaran, atau kehilangan pendengaran merupakan kombinasi dari sensorineural dan konduktif, seorang profesional perawatan pendengaran akan menyelidiki opsi lain, seperti alat bantu dengar, atau pemasangan sistem pendengaran yang ditanam pada tulang, yang bekerja secara berbeda dengan implan koklea.

Baca juga: Solusi Gangguan Pendengaran, Seperti Apa Proses Operasi Implan Koklea?

Training dan Rehabilitasi Pendengaran

Pelatihan dan rehabilitasi pendengaran Baik Anda diresepkan alat bantu dengar, implan koklea, atau perangkat lainnya, pelatihan atau rehabilitasi pendengaran dapat membantu otak belajar kembali bagaimana memproses suara menjadi suara.

Terkadang latihan-latihan ini dapat diselesaikan sepenuhnya di rumah, sementara yang lain lebih intensif, mirip dengan mengunjungi seorang terapis fisik atau terapis okupasi.

Namun, bahkan mendengarkan buku audio atau menggunakan aplikasi smartphone untuk mempertajam pendengaran dapat membantu dan mengurangi gejala seperti kelelahan mendengarkan.

Selain itu, meskipun bukan merupakan pengobatan yang langsung, belajar membaca bibir dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi yang Anda miliki, sehingga hidup dengan kehilangan pendengaran menjadi kurang frustrasi.

Pengobatan untuk kehilangan pendengaran tiba-tiba

Kehilangan pendengaran tiba-tiba pada satu telinga harus selalu ditangani dengan cepat dan membutuhkan pengobatan.

Jika Anda tiba-tiba kehilangan pendengaran, hubungi penyedia layanan medis Anda sesegera mungkin karena pengobatan yang cepat dapat mengurangi kemungkinan kehilangan pendengaran permanen.

Pengobatan untuk kehilangan pendengaran tersembunyi

Orang yang memiliki hasil tes pendengaran normal tetapi masih kesulitan mendengar mungkin memiliki jenis kehilangan pendengaran yang dikenal sebagai kehilangan pendengaran tersembunyi.

Dalam beberapa kasus, orang dengan kehilangan pendengaran tersembunyi memperoleh manfaat dari penggunaan alat bantu dengar, terutama untuk membantu mengatasi kesulitan mendengar ucapan di lingkungan berisik.

Perangkat Bantu Dengar

Alat bantu dengar dan implant koklea sangat membantu, tetapi terkadang mereka tidak dapat mengatasi kebutuhan yang sangat spesifik dari setiap orang.

Dalam situasi seperti ini, terdapat berbagai aksesori dan perangkat bantu dengar yang dapat menjembatani kesenjangan komunikasi.

Perangkat bantu dengar (ALD) dapat meningkatkan pengalaman Anda saat menonton televisi, mendengarkan musik, atau berbicara di telepon.

Ini termasuk telepon berjudul, telepon diperbesar, sistem FM, perangkat pendengar TV, aplikasi smartphone, dan lingkaran pendengaran yang terhubung dengan gulungan telecoil alat bantu dengar.

Akustik ruangan juga penting

Ya, akustik rumah Anda mungkin tidak baik untuk pendengaran Anda. Beberapa perubahan kecil dalam dekorasi rumah Anda dan mempelajari tips komunikasi untuk pengaturan publik dapat meningkatkan tingkat frustrasi harian yang terkait dengan kehilangan pendengaran Anda.

Bahkan jika Anda menggunakan alat bantu dengar, hal-hal seperti kebisingan latar belakang restoran menjadi tantangan.

Bagaimana jika mengalami Tinnitus?

Tidak jarang mengalami tinnitus saat Anda mulai mengalami gangguan pendengaran seiring bertambahnya usia. Bahkan, hal ini bisa menjadi salah satu tanda awal dari gangguan pendengaran.

Untungnya, perangkat bantu dengar saat ini sering dilengkapi dengan fitur yang dikenal sebagai “fitur penyamar tinnitus” untuk membantu mengurangi suara berdering di telinga Anda.

Metode untuk mengatasi telinga berdenging bervariasi tergantung pada akar penyebabnya. Ini bisa mencakup pembersihan telinga untuk menghilangkan kotoran, perbaikan masalah pembuluh darah melalui tindakan bedah, dan evaluasi ulang terhadap obat yang sedang dikonsumsi.

Selain itu, pasien mungkin akan menjalani terapi khusus atau dilatih untuk mengelola bunyi tinnitus yang persisten dan mengganggu. Langkah-langkahnya meliputi:

  • Terapi suara menggunakan bunyi-bunyi lain yang dapat menyamarkan bunyi tinnitus, misalnya menggunakan suara rintik hujan atau ombak
  • Tinnitus retraining therapy (TRT), untuk melatih pasien agar tidak fokus pada bunyi tinnitus yang dialami

Telinga berdenging tidak bisa diatasi dengan obat-obatan. Meskipun demikian, ada sejumlah obat yang dapat digunakan untuk mengurangi keparahan gejala akibat tinnitus, yaitu:

  • Antidepresan trisiklik, seperti amitriptyline
  • Obat golongan benzodiazepine, seperti alprazolam

Pada pasien tinnitus yang juga mengalami hilang pendengaran, dokter akan menyarankan penggunaan alat bantu dengar.

Baca juga; Tinnitus: Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan

Mengapa gangguan pendengaran harus diobati?

Pada anak-anak, kehilangan pendengaran yang tidak diobati berdampak negatif pada perkembangan bahasa, pembelajaran, dan interaksi sosial.

Pada orang dewasa, gangguan pendengaran membuat komunikasi menjadi tantangan, secara serius memengaruhi kualitas hidup.

Bahkan, untuk orang yang memasuki masa pensiun, kehilangan pendengaran yang tidak diobati telah dikaitkan dengan beberapa masalah fisik dan psikologis, mulai dari penurunan kognitif dan depresi hingga peningkatan risiko jatuh.

Jenis gangguan pendengaran yang paling umum adalah presbycusis, atau gangguan pendengaran terkait usia.

Saat kita bertambah tua, sel rambut di telinga kita berhenti berfungsi sebaik dulu dan akhirnya berhenti bekerja sama sekali. Hampir separuh dari semua orang yang berusia 75 tahun atau lebih memiliki gangguan pendengaran.

Penutup

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!