Search
Close this search box.

Penyebab dan Solusi Saat Telinga Tidak Jelas Mendengar

Lebih dari 5% dari populasi dunia – atau 430 juta orang – memerlukan rehabilitasi untuk mengatasi telinga tidak jelas mendengar, atau kehilangan pendengaran yang mengganggu (432 juta orang dewasa dan 34 juta anak-anak).

Diperkirakan bahwa pada tahun 2050 lebih dari 700 juta orang – atau 1 dari setiap 10 orang – akan mengalami kehilangan pendengaran yang mengganggu.

Kehilangan pendengaran ‘mengganggu’ mengacu pada kehilangan pendengaran lebih dari 35 desibel (dB) di telinga yang lebih baik.

Hampir 80% dari orang dengan kehilangan pendengaran yang mengganggu tinggal di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah.

Prevalensi kehilangan pendengaran meningkat dengan bertambahnya usia, di antara mereka yang berusia di atas 60 tahun, lebih dari 25% terkena kehilangan pendengaran yang mengganggu.

Telinga Tidak Jelas Mendengar (Hearing Loss)

Seseorang yang memiliki telinga tidak jelas mendengar (hearing loss) sebaik orang dengan pendengaran normal – ambang pendengaran 20 dB atau lebih baik di kedua telinga – dikatakan mengalami gangguan pendengaran.

Gangguan pendengaran bisa ringan, sedang, parah, atau sangat parah. Ini dapat mempengaruhi satu telinga atau kedua telinga dan menyebabkan kesulitan dalam mendengar percakapan atau suara keras.

‘Irigan pendengaran’ mengacu pada orang dengan kehilangan pendengaran mulai dari ringan hingga berat.

Orang yang irigan pendengaran biasanya berkomunikasi melalui bahasa lisan dan dapat diuntungkan dari alat bantu dengar, implan koklea, dan perangkat bantu lainnya serta teks terjemahan.

‘Ketulian’ umumnya memiliki gangguan pendengaran sangat parah, yang mengimplikasikan sedikit atau tidak ada pendengaran sama sekali. Mereka sering menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi.

Baca juga: Treatment Gangguan Pendengaran Berdasar Jenis Gangguan

Tipe-tipe Gangguan Pendengaran

Kehilangan pendengaran memengaruhi orang dari segala usia dan bisa disebabkan oleh banyak faktor yang berbeda.

Tiga kategori dasar dari kehilangan pendengaran adalah kehilangan pendengaran sensorineural, kehilangan pendengaran konduktif, dan kehilangan pendengaran campuran.

Berikut adalah yang harus diketahui oleh pasien tentang setiap jenisnya.

1. Gangguan Pendengaran Sensorineural

Gangguan pendengaran ini terjadi ketika telinga bagian dalam atau saraf pendengaran sebenarnya mengalami kerusakan. Gangguan ini umumnya terjadi ketika beberapa sel rambut dalam koklea mengalami kerusakan.

Gangguan sensorineural adalah jenis gangguan pendengaran yang paling umum. Ini bisa disebabkan oleh penuaan, paparan suara keras, cedera, penyakit, obat-obatan tertentu, atau kondisi turunan.

Jenis kehilangan pendengaran ini biasanya tidak bisa diobati secara medis atau secara bedah; namun, banyak orang dengan jenis gangguan ini menemukan bahwa alat bantu dengar dapat bermanfaat.

Gangguan Pendengaran Sensorineural secara Tiba-tiba

Gangguan pendengaran sensorineural tiba-tiba dapat terjadi dengan sangat tiba-tiba atau dalam beberapa hari.

Penting untuk segera berkonsultasi dengan seorang otologis (dokter yang mengkhususkan diri dalam penyakit telinga).

Penundaan dalam mengobati kondisi ini (dua minggu atau lebih setelah gejala pertama kali muncul) akan mengurangi kemungkinan bahwa obat-obatan dapat membantu memperbaiki masalah tersebut.

Sementara itu, penyebab dari gangguan pendengaran sensorineural meliputi:

Penuaan.

Penyakit seperti penyakit arteri koroner (penyakit jantung), tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke, atau diabetes.

Ototoksisitas.

Beberapa kondisi genetik (diturunkan).

Terkena pukulan di kepala.

Kehilangan pendengaran karena kebisingan.

Paparan jangka panjang terhadap suara keras, seperti bekerja di lingkungan yang sangat bising seperti pabrik dan lokasi konstruksi.

Infeksi bawaan seperti sitomegalovirus (CMV).

2. Gangguan Pendengaran Konduktif

Jenis gangguan pendengaran ini terjadi di telinga bagian luar atau tengah di mana gelombang suara tidak dapat menyebar sepenuhnya ke telinga bagian dalam.

Suara mungkin diblokir oleh kotoran telinga atau benda asing yang berada di saluran telinga; ruang telinga tengah dapat terpengaruh oleh cairan, infeksi, atau kelainan tulang; atau gendang telinga dapat terluka.

Pada beberapa orang, gangguan pendengaran konduktif mungkin dapat dibalik melalui intervensi medis atau bedah.

Gangguan pendengaran konduktif paling umum terjadi pada anak-anak yang mungkin memiliki infeksi telinga berulang atau yang memasukkan benda asing ke dalam saluran telinga mereka.

Penyebab dari gangguan pendengaran konduktif meliputi:

Kumpulan kotoran telinga di dalam telinga Anda.

Cairan di telinga tengah akibat pilek atau alergi.

Infeksi telinga tengah (otitis media).

Telinga berenang (otitis eksterna).

Masalah saluran Eustachius yang menjebak cairan di telinga tengah Anda.

Telinga yang robek.

Tumor telinga.

Benda yang terjebak di telinga Anda.

Misalnya, anak Anda, dihadapkan pada piring samping kacang polong, mungkin memutuskan untuk memasukkan satu di telinganya.

Kondisi bawaan (kondisi yang hadir sejak lahir) yang mempengaruhi bagaimana telinga tengah atau luar bayi terbentuk.

3. Gangguan Pendengaran Campuran

Kadang-kadang orang dapat mengalami kombinasi antara gangguan pendengaran sensorineural dan konduktif.

Mereka mungkin memiliki gangguan pendengaran sensorineural dan kemudian mengembangkan komponen konduktif tambahan.

Pemeriksaan pendengaran sangat penting untuk mengetahui dengan pasti jenis gangguan pendengaran yang Anda alami, dan akan membantu menentukan solusi perawatan pendengaran yang tepat untuk Anda.

Alat bantu dengar tersedia dalam berbagai ukuran, gaya, dan teknologi; juga ada banyak alternatif lain untuk alat bantu dengar.

Baca juga: Mengapa Telinga Tidak Bisa Mendengar? Penyebab Dan Solusinya

Penyebab Gangguan Pendengaran

Banyak hal yang dapat menyebabkan hilangnya pendengaran. Sebagai contoh, paparan suara yang sangat keras dalam jangka pendek atau tiba-tiba — seperti menghadiri konser keras — dapat memengaruhi pendengaran Anda.

1. Earwax

Produksi lilin telinga adalah proses alami. Ini membantu melindungi bagian internal telinga yang sensitif dari kerusakan yang disebabkan oleh debu dan partikel kecil.

Akumulasi lilin telinga dapat menyebabkannya mengeras dan menghalangi jalur gelombang suara. Hal ini akan mencegah mereka diproses dengan baik, bahkan menyebabkan telinga tersumbat.

Solusi Treatment:

Kotoran telinga adalah substansi mirip minyak. Oleh karena itu, beberapa jenis minyak dapat membuat kotoran telinga menjadi lebih lunak ketika kedua zat tersebut bersentuhan. Pendukung dari pengobatan ini menyarankan penggunaan jenis minyak berikut:

  • baby oil
  • minyak kelapa
  • gliserin
  • minyak mineral
  • minyak zaitun

Untuk menggunakan minyak untuk membersihkan kotoran telinga:

  • Jika diinginkan, hangatkan sedikit minyak yang Anda pilih dan tuangkan ke dalam botol tetes. Jangan menghangatkan minyak di dalam microwave. Selalu uji suhu sebelum memasukkannya ke dalam telinga Anda.
  • Miringkan kepala ke samping dan teteskan beberapa tetes minyak ke telinga Anda.
  • Biarkan kepala Anda miring ke samping selama 5 menit.
  • Ulangi sekali atau dua kali sehari

2. Otitis Media

Infeksi telinga tengah atau Otitis Media juga dapat menyebabkan pendengaran yang teredam dan merusak telinga lebih lanjut.

Kondisi ini menyebabkan penumpukan cairan di telinga tengah yang menghalangi transmisi suara ke telinga bagian dalam.

Cairan tersebut mengumpul di telinga tengah akibat pembengkakan atau peradangan pada tabung eustachius seseorang. Fungsi tabung eustachius yang baik sangat penting untuk mengalirkan cairan di area telinga tengah.

Infeksi telinga tengah dapat menyebabkan nyeri telinga dan mengakibatkan gangguan pendengaran jika tidak diobati.

Tergantung pada konsistensi dan kepadatan cairan, penurunan pendengaran bisa bervariasi dalam tingkat keparahan.

Solusi Treatment:

Dalam beberapa kasus, pengobatan tidak diperlukan karena telinga akan pulih dengan sendirinya. Namun, selalu lebih baik untuk mencari bantuan profesional dan mengikuti petunjuk dari praktisi medis Anda.

Pengobatan dapat mencakup:

  • Pemberian antibiotik melalui mulut atau tetes telinga
  • Obat (untuk mengurangi rasa sakit dan demam)
  • Pengamatan
  • Kombinasi dari yang disebutkan di atas

Karena tabung eustachius lebih pendek dan lebih horizontal pada anak kecil daripada pada anak yang lebih besar dan orang dewasa, ini memungkinkan mikroorganisme masuk ke telinga tengah dengan lebih mudah, menyebabkan infeksi telinga (Otitis Media).

Akibatnya, bayi dan anak kecil berisiko lebih besar terkena infeksi telinga tengah dibandingkan orang dewasa. Sebagian besar orang dengan infeksi telinga tengah didiagnosis dan diobati oleh penyedia layanan kesehatan atau spesialis THT.

3. Infeksi Telinga

Ada berbagai jenis infeksi telinga tambahan yang dapat muncul dan menyebabkan pembengkakan saluran telinga (swimmer’s ear).

Batuk pilek atau flu juga bisa menyebabkan hal ini. Peradangan pada saluran telinga dapat membuat jalur menuju telinga bagian dalam membengkak dan menyebabkan pendengaran teredam atau sensasi telinga tersumbat dan tidak nyaman.

Solusi Treatment:

Virus umum juga dapat memicu infeksi telinga dan memengaruhi telinga tengah dan penghantaran suara yang tepat. Kondisi serius mungkin memerlukan pengobatan dengan antibiotik.

4. Pertumbuhan Tidak Normal pada Telinga

Adanya pertumbuhan di telinga seperti tumor, penumpukan jaringan dapat menyebabkan penyempitan saluran telinga dan menyebabkan masalah pendengaran.

Solusi Treatment:

Pengangkatan pertumbuhan tersebut mungkin menjadi solusi bersama dengan pengobatan menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh tenaga medis profesional.

Jika Anda merasa memiliki, atau seseorang yang Anda kenal memiliki pendengaran yang teredam, kami sarankan untuk menghubungi dokter umum setempat atau profesional medis untuk pemeriksaan.

5. Gangguan Pendengaran karena Kebisingan

Kehilangan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masa kini.

Menurut studi yang dipublikasikan oleh HSE, di Britania Raya diperkirakan ada sekitar 17.000 pekerja yang mengalami masalah pendengaran terkait dengan pekerjaan mereka.

Ketika Anda terus-menerus terpapar oleh suara yang keras, dari waktu ke waktu Anda mungkin mengalami trauma akustik.

Baca juga: Explore Stimulasi Akustik Elektrik (EAS): Pengenalan Dan Manfaatnya

Bukan hanya polusi suara dan suara-suara yang tidak diinginkan yang harus Anda waspadai. Misalnya, konser musik heavy metal yang keras bisa sama merusaknya bagi telinga dalam Anda seperti jenis suara keras lainnya.

Pergeseran ambang pendengaran sementara (TTS) adalah efek samping umum dari paparan suara. Misalnya, itu bisa dirasakan setelah menghadiri konser rock super keras.

Gejala umumnya adalah berdengung di telinga yang biasanya hilang dengan sendirinya setelah beberapa jam atau beberapa hari.

Jika kerusakan pada telinga dalam Anda lebih parah dan berdengung di telinga terus berlanjut untuk jangka waktu yang lebih lama, Anda mungkin mengalami pergeseran ambang pendengaran permanen, yang memerlukan perhatian medis segera.

Solusi Treatment:

Ada beberapa alat yang dapat membantu Anda jika Anda mengalami gangguan pendengaran akibat kebisingan.

  • Hearing aids

Ada banyak jenis alat bantu dengar, termasuk yang diletakkan di belakang telinga atau di dalam telinga. Beberapa memperkuat suara, sementara yang lain memperkuat suara dan mengurangi kebisingan latar belakang pada saat yang bersamaan.

  • Cochlear implants

Implan koklea adalah perangkat yang dipasang melalui operasi yang secara langsung merangsang saraf auditori ketika koklea alami Anda rusak. Biasanya hanya digunakan untuk mereka yang mengalami gangguan pendengaran frekuensi tinggi yang signifikan.

Baca juga: Inovasi Implan Telinga Tengah ‘Soundbridge’: Solusi Terkini Untuk Pendengaran

  • Terapi

Berbagai terapi tersedia yang dapat membantu Anda belajar untuk hidup dengan gangguan pendengaran. Beberapa teknik termasuk belajar membaca gerakan bibir atau memindahkan percakapan ke area yang lebih tenang.

  • Penguat suara

Selain alat bantu dengar, ada sejumlah perangkat yang dapat memperkuat suara dan membuatnya lebih mudah didengar. Ini termasuk perangkat yang dapat meningkatkan suara di televisi atau telepon Anda.

Penutup

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

 

Produk Kami

Bagikan :

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024