Search
Close this search box.

Inovasi Implan Telinga Tengah ‘Soundbridge’: Solusi Terkini untuk Pendengaran

Soundbridge adalah perangkat telinga tengah semi-implan yang telah disetujui oleh FDA, dirancang untuk memberikan tingkat persepsi suara yang berguna kepada individu dengan gangguan pendengaran sensorineural sedang hingga berat.

Soundbridge mengubah suara menjadi energi mekanis yang langsung ditransfer ke tulang telinga tengah (ossikula auditori).

Direct-drive berarti implan terhubung langsung ke incus (tulang telinga tengah kedua) sambil beristirahat di atas stapes (tulang telinga tengah ketiga).

Ini menyebabkan stapes bergetar. Dengan cara ini, Soundbridge membawa suara sangat dekat dengan telinga dalam (koklea), memaksimalkan kaitan mekanis dengan telinga dalam untuk meningkatkan kejelasan transmisi suara.

Tidak ada yang dipakai di saluran telinga dan Soundbridge sepenuhnya digital.

Gimana Cara Kerjanya Soundbridge?

Berbeda dengan alat bantu dengar yang memperbesar suara, Vibrant Soundbridge mengubah suara menjadi getaran mekanis.

Suara diambil oleh mikrofon pada pemroses audio. Pemroses audio dipegang di atas implan dengan daya tarik magnet ke magnet pada bagian yang tertanam.

Pemroses audio mengonversi suara menjadi sinyal listrik. Sinyal-sinyal ini ditransmisikan melintasi kulit ke implan.

Implan meneruskan sinyal lebih lanjut ke FMT (Floating Mass Transducer). FMT adalah komponen inti dari sistem ini dan berukuran sekitar sebutir nasi.

FMT mengonversi sinyal menjadi getaran mekanis yang secara langsung menggerakkan struktur telinga tengah (misalnya, rantai ossikula) dan menyebabkannya bergetar.

Getaran ini kemudian menghantarkan suara ke telinga dalam dan otak, dan dianggap sebagai suara.

Baca juga: Pahami Jenis Evaluasi Pendengaran Modern Untuk Menjaga Kesehatan Anda

Desain Aktuator/Transduser

Berdasarkan teknologi saat ini, terdapat tiga jenis dasar transduser yang digunakan dalam implan telinga tengah – Piezoelektrik, elektromagnetik, dan elektromekanik.

1. Transduser Elektromagnetik

Transduser Elektromagnetik menghasilkan medan magnet menggunakan kumparan kawat yang membawa arus yang mengkodekan output mikrofon.

Medan magnet ini menyebabkan gerakan magnet lain yang berada dekat, yang ditempel pada osikel telinga. Keterbatasan utama dari perangkat ini adalah jarak antara kumparan dan magnet eksternal.

Seiring dengan peningkatan jarak, keluaran sinyal yang terkait secara signifikan menurun.

2. Perangkat Piezoelektrik

Perangkat Piezoelektrik menggerakkan osikel dengan menggunakan kristal piezoelektrik yang membengkok atau memanjang sementara dengan perubahan tegangan sinyal yang diterapkan di sepanjang kristal tersebut.

Aktuator piezoelektrik umumnya menghasilkan daya yang lebih besar dan distorsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan perangkat elektromagnetik, tetapi umumnya lebih besar dan memerlukan penempatan yang tepat untuk memastikan gaya kompresi yang benar antara transduser dan osikel yang dihubunginya.

Namun, mereka memiliki keunggulan bahwa mereka kompatibel dengan MRI.

3. Transduser Elektromekanik

Transduser Eletromekanik memiliki kumparan dan magnet dalam satu perakitan yang sama dan oleh karena itu keluarannya tidak bervariasi.

Baca juga: Alat Bantu Dengar Dengan Teknologi Wireless Untuk Kemudahan Pengoperasian

Perangkat Partial dan Total yang Dapat Ditanam

Perangkat sebagian yang ditanam menggunakan prosesor eksternal yang terdiri dari mikrofon, prosesor suara, baterai, dan kumparan pengirim yang mengirimkan sinyal dan daya ke perangkat internal secara transkutan.

Keuntungannya adalah penggantian baterai, layanan, peningkatan prosesor, dan meminimalkan ukuran perangkat internal. Namun, hal ini memerlukan penerimaan pasien.

Perangkat total yang dapat ditanam memiliki semua bagian yang ditanam di dalam tubuh tanpa ada yang berada di luar tubuh.

Meskipun secara kosmetik lebih baik, ini memerlukan prosedur bedah setiap 4-5 tahun untuk penggantian baterai.

Kapan Membutuhkan Implan Telinga Tengah Soundbridge?

Implan pendengaran telinga tengah dianjurkan untuk individu yang menggunakan alat bantu dengar konvensional namun mencari peningkatan dalam kualitas suara, kenyamanan, dan penampilan.

Perangkat ini memberikan umpan balik akustik yang lebih rendah; penguatan/sinyal yang lebih besar, menghilangkan efek sumbat telinga, dan meningkatkan kualitas suara melalui resonansi alami saluran telinga yang terbuka.

Berikut 2 kategori pasien yang membutuhkan implan telinga tengan Soundbridge:

1. Gangguan Pendengaran Sensorineural

Indikasi asli untuk Vibrant Soundbridge (VSB) adalah untuk gangguan pendengaran sensorineural pada pasien yang tidak dapat menggunakan atau tidak puas dengan alat bantu dengar digital konvensional.

Sebuah paket stimulator penerima ditanamkan di bawah kulit di belakang telinga. Di dalam paket tersebut terdapat magnet yang menahan bagian alat bantu dengar eksternal (Pemroses audio) di tempatnya.

Tidak ada yang menembus kulit. Sebuah kabel menghubungkan paket tersebut ke floating mass transducer (FMT) di telinga tengah. FMT adalah elektromagnet kecil yang bergetar dan dikaitkan pada incus.

Getarannya secara langsung menggerakkan rantai ossikular yang mentransmisikan suara ke koklea.

Pasien yang memiliki masalah dengan infeksi telinga berulang, penumpukan lilin, umpan balik dan efek sumbat telinga, serta pasien dengan gangguan pendengaran yang miring sulit diatasi, dapat merasakan manfaatnya

Kriteria pemilihan untuk pasien dengan gangguan pendengaran SENSORINEURAL:

  • Ambang konduksi udara berada dalam area berbayang.
  • Tidak ada celah udara-tulang
  • Tympanometry normal
  • Pemahaman bicara > 50% pada uji kata terbuka (kata AB) pada 65 dB SPL di lapangan bebas menggunakan alat bantu dengar
  • Gangguan pendengaran stabil
  • Pengalaman sebelumnya dengan alat bantu dengar
  • Tidak ada kondisi kulit di kepala yang dapat memengaruhi lampiran pemroses audio
  • Harapan yang realistis
  • Tidak ada patologi retrokohlear atau sentral
  • Berusia di atas 18 tahun

2. Gangguan Pendengaran Campuran (Sensorineural dan Konduktif)

Kini ada indikasi baru untuk Soundbridge dalam pengobatan pasien dengan gangguan pendengaran campuran, yang tidak dapat menggunakan alat bantu dengar konvensional.

Pasien potensial adalah mereka dengan gangguan pendengaran sensorineural DAN komponen konduktif tambahan. Indikasi termasuk:

  • Ossikuloplasti yang gagal
  • Abnormalitas ossikula
  • Tympanosklerosis
  • Otosklerosis dengan komponen sensorineural
  • Atelectasis
  • Cavitas mastoid dengan masalah pemakaian cetakan
  • Cavitas mastoid yang teriritasi oleh cetakan alat bantu dengar
  • Cavitas mastoid tanpa ruang telinga tengah
  • Atresia saluran – bawaan atau didapat Bagian bergetar dari Vibrant Soundbridge, yaitu floating mass transducer, ditempatkan langsung pada jendela bundar, tulang stapes, atau incus.

Kriteria Pemilihan:

  • Konduksi tulang berada dalam area yang berbayang
  • Anatomi telinga memungkinkan penempatan FMT berkontak dengan struktur bergetar yang sesuai di telinga
  • Telinga kering
  • Ambang konduksi tulang stabil
  • Harapan yang realistis
  • Tidak ada gangguan pendengaran retrokohlear atau pusat
  • Berusia di atas 18 tahun.

Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam ambang penerimaan bicara dibandingkan dengan alat bantu dengar konvensional.

Soundbridge memperkuat tingkat konduksi tulang sedangkan alat bantu konvensional memerlukan daya yang jauh lebih besar untuk memperkuat tingkat konduksi udara. Lebih banyak penguatan sering kali berarti lebih banyak distorsi.

Baca juga: Exploring Modern Hearing Tests: Fitur-Fitur Yang Perlu Diketahui

Perangkat Implan Pendengaran Telinga Tengah yang Tersedia

Di Eropa, ada 3 perusahaan yang disetujui dan bersertifikasi oleh NHS yang aktif hadir di pasar: Med-EL, Otologics, dan Envoy Medical Corporation.

Sementara di Amerika Serikat, Vibrant Soundbridge (VSB) adalah implan telinga tengah yang pertama dan satu-satunya yang disetujui oleh FDA untuk pasien dengan gangguan pendengaran sensorineural.

Kami akan menjelaskan tentang perangkat-perangkat ini secara rinci di bawah ini.

1. Vibrant SoundBridge dari MedEl Corporation

Vibrant SoundBridge adalah prostesis pendengaran telinga tengah yang sebagian dapat diimpor yang diciptakan oleh Geoff Ball pada tahun 1996 dan mendapatkan persetujuan FDA pada tahun 2000.

Unit implan terdiri dari prosesor auditori eksternal dengan mikrofon dan penerima internal yang ditempatkan dalam alur tulang retrosigmoid beberapa sentimeter di belakang telinga, mirip dengan penempatan prosesor implan koklea.

Gimana cara kerjanya Vibrant Soundbridge?

Unit internal disebut sebagai Prosthesis Rekonstruksi Ossicular Bergetar (VORP) yang dipasang pada proses panjang inkus melalui akses wajah / pendekatan timpanotomi posterior besar. VORP berisi penerima, tautan penghubung, dan transduser massa terapung elektromagnetik (FMT).

Suara yang diambil oleh prosesor audio diproses, diperkuat, dan dikirim melalui sinyal radiofrekuensi ke VORP. VORP menerima sinyal ini dan mengirimkan informasi ke FMT, melalui medan elektromagnetik, yang langsung bergetar pada rantai osikel.

Sebagai alternatif untuk melekat pada inkus, VORP juga dapat terhubung ke suprastruktur stapes, jendela bundar, atau jendela oval. Dalam kasus tersebut, operasinya disebut sebagai “Vibroplasti”.

Studi kohort jangka pendek memberikan hasil yang menguntungkan untuk Vibrant SoundBridge dengan peningkatan lebih dari 10dB pada 2, 4, dan 6kHz serta kualitas penguatan yang memadai untuk diskriminasi ucapan.

Pasien tipikal yang menggunakan perangkatnya selama 12 hingga 16 jam sehari mungkin perlu mengganti baterai sekitar seminggu sekali.

Selain masalah yang terkait dengan operasi implan (deskripsi di bawah), literatur melaporkan tingkat kegagalan sebesar 0,3%, kejadian operasi revisi sebesar 5% dalam implanasi Vibrant SoundBridge.

2. Middle ear transducer (MET) dan Carina dari Cochlear Corp.

Carina adalah alat bantu dengar telinga tengah elektromagnetik yang terpasang pada incus. MET semi-implan yang asli sekarang digantikan oleh Carina total-implan dengan mikrofon subkutan.

Ini menggunakan batang aksial untuk memberikan gerakan linear pada incus sebagai aktuator. Model ini dapat memberikan gaya lebih besar pada incus dengan biaya kompleksitas yang lebih tinggi dan kebutuhan instalasi yang terampil.

Dalam anestesi umum dengan mastoidektomi terbatas dan atticotomy, tubuh incus dan kepala malleus terbuka.

Dengan menggunakan laser, dibuat lubang kecil di bagian posterosuperior tubuh incus dan aktuator linear ditempatkan di sana.

Sumuran tulang dibor superior dan posterior ke atticotomy untuk menempatkan unit internal, dan panggung pemasangan dengan pelat kranioplasti ditempatkan pada tulang mastoid dengan sekrup. Mikrofon ditempatkan subperiosteal di daerah yang utuh dari korteks mastoid.

Studi telah menunjukkan peningkatan fungsional sebesar 10-20dB dengan penggunaan Carina.

Selain masalah umum dari implan telinga tengah (sebagaimana disebutkan di atas), sebagai perangkat total-implan penuh, Carina memerlukan operasi revisi setiap 5 tahun untuk penggantian baterai.

3. Implan Pendengaran Esteem dari Envoy Med Corp

Esteem adalah perangkat piezoelektrik yang sepenuhnya dapat diimplan dan langsung terhubung ke kepala malleus dan stapes.

Esteem menggunakan membran timpani normal dan malleus sebagai diafragma mikrofon. Suara masuk ke telinga luar dan masuk ke saluran telinga menyebabkan gendang telinga bergetar.

Sensor piezoelektrik pertama yang terpasang pada malleus mendeteksi gerakan malleus dan mengubahnya menjadi tegangan sinyal yang kemudian diperkuat dan digunakan untuk menggerakkan aktuator piezoelektrik kedua yang berkontak dengan incus atau stapes.

Karena perangkat menggunakan membran timpani normal sebagai diafragma mikrofon, perangkat ini dapat mempertahankan pembentukan spektrum suara, efek penentuan lokasi suara dari pinna, saluran auditori eksternal, dan membran timpani.

Ada beberapa batasan untuk implan pendengaran Esteem – karena implantasi memerlukan pengangkatan sebagian incus, ini dapat menyebabkan hilangnya pendengaran konduktif dalam kasus kegagalan perangkat.

Karena ditenagai baterai lithium-ion, perangkat memerlukan operasi penggantian baterai setiap 5-7 tahun. Studi telah melaporkan penurunan kinerja akibat masuknya secara bertahap kelembaban dalam transduser.

Penutup

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Produk Kami

Bagikan :

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024