Search
Close this search box.

Implan Koklea : Biaya, Pro, Kontra, Risiko, Cara Kerjanya

implan koklea

Apakah Anda tahu mengenai implan koklea? Simak informasinya tentang implan koklea mengenai biaya, pro, kontra, resiko, dan cara kerjanya.

Metode mengatasi gangguan pendengaran berat dimana alat bantu dengar sudah tidak bisa mengatasi, melakukan implan koklea akan bermanfaat bagi penderita gangguan pendengaran yang parah. Koklea ini ditanamkan pada telinga dapat membantu penderita gangguan pendengaran. Implan koklea tidak terlihat seperti alat bantu dengar. Menggunakan implan koklea banyak keuntungan namun juga terdapat kekurangan.

Mengenal Implan Koklea

Bagian telinga dalam yang berbentuk spiral disebut dengan koklea. Koklea atau sering disebut dengan rumah siput berfungsi untuk mengirim pesan ke syaraf pendengaran dan otak. Apabila terjadi gangguan pada koklea akan berpengaruh pada pendengaran. Oleh sebab itu, melakukan tindakan implan koklea dapat menjadi solusi mengatasi gangguan pada koklea.

Implan koklea adalah suatu perangkat medis kecil yang digunakan untuk mengatasi masalah pendengaran yang sedang hingga berat. Perangkat ini digunakan untuk membantu orang dewasa, anak-anak, dan bayi yang mengalami gangguan pendengaran. Implan rumah siput bekerja dengan cara menstimulasi saraf koklea secara elektronik.

Komponen Implan Koklea

Pada perangkat implan koklea terdiri dari komponen eksternal dan internal. Komponen eksternal ditempatkan di belakang telinga. Komponen ini terdiri dari mikrofon yang menerima gelombang suara. Gelombang suara tersebut kemudian dianalisis dan diubah menjadi sinyal digital oleh pemroses suara. Sinyal digital tersebut kemudian dikirim melalui pemancar ke penerima internal. Pemancar dan penerima ini terhubung melalui magnet.

Kemudian, bagian internal ditanamkan di bawah kulit di belakang telinga. Ketika penerima menerima sinyal digital, sinyal tersebut diubah menjadi impuls listrik. Impuls listrik  kemudian dikirim ke elektroda di dalam koklea, yang merangsang saraf koklea. Saraf ini kemudian mengirimkan sinyal ke otak. Akibatnya, indera pendengaran dapat bekerja.

Meskipun otak dapat menerima suara, namun hal ini tidak sama dengan pendengaran normal. Diperlukan terapi berbicara dan rehabilitasi untuk belajar cara menginterpretasikan suara dengan benar.

implan koklea

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Pro dan Kontra dari Implan Koklea

Seperti perangkat medis lainnya, implan koklea menimbulkan pro dan kontra. Simak penjelasa berikut ini.

Pro dari Implan Rumah Siput

Mengalami gangguan pendengaran parah, menggunakan implan koklea dapat meningkatkan kualitas dan pendengaran. Manfaat dari implan rumah siput ini tergantung pada prosedur dan proses rehabilitasi. Dengan implan rumah siput maka penderita gangguan pendengaran parah dapat mendengar suara yang berbeda seperti suara langkah kaki, memahami pembicaraan tanpa membaca bibir, mendengar suara telepon, mendengar musik, dan menonton tv tanpa teks.

Selain itu, manfaat implan koklea pada bayi dan balita, perangkat ini dapat membantu mereka belajar berbicara.

Kontra dari Implan Rumah Siput

Selain pro, terdapat kontra dari operasi implan rumah siput. Beberapa potensi yang terjadi adalah telinga berdarah, pembengkakan, telinga berdenging atau tinnitus, pusing, infeksi pada bagian yang di operasi, mulut kering, perubahan rasa, kelumpuhan wajah, keseimbangan masalah, peningkatan risiko meningitis,  dan operasi untuk mengangkat implan (karena infeksi) atau memperbaiki implan mengalami kerusakan.

Resiko spesifik akan tergantung pada kesehatan dan kondisi medis secara keseluruhan. Oleh sebab itu, penting untuk konsultasi ke dokter apabila ingin melakukan implan rumah siput atau koklea.

Perlu diketahui bahwa implan rumah siput tidak mengembalikan pendengaran normal. Namun cukup membantu penderita gangguan pendengaran untuk mendengarkan dengan baik.

Baca Juga: Perbedaan hearing Amplifier dan Alat Bantu Dengar

Resiko Menggunakan Implan Rumah Siput

Saat menggunakan implan koklea penderita gangguan pendengaran harus melepas komponen luar untuk mandi atau berenang, mengisi ulang baterai secara teratur atau menggunakan yang baru. Penderita gangguan pendengaran kehilangan pendengaran alami.

Selain itu, bisa saja terjadi kerusakan implan selama aktivitas olahraga atau kecelakaan. Menggunakan implan rumah siput atau koklea perlu untuk rehabilitasi ekstensif untuk membantu mempelajari cara menggunakan implan.

Cara Kerja Implan Koklea atau Rumah Siput

Implan koklea dapat digunakan bagi semua umur yang mengalami gangguan pendengaran parah pada salah satu sisi telinga atau kedua telinga, menggunakan alat bantu dengar sudah tidak bisa mengatasi, tidak ada kondisi medis yang dapat meningkatkan resiko pembedahan.

Memasang implan koklea perlu bantuan dokter karena perangkat ini harus ditanam di dalam telinga dan membutuhkan tindakan operasi. Sebelum melakukan operasi penderita gangguan pendengaran wajib untuk pemeriksaan fisik.

Saat proses operasi, pasien akan diberikan anestesi agar terlelap kemudian dokter akan membuat sayatan di belakang telinga dan membuat sedikit lekukan di tulang mastoid. Dokter akan membuat lubang kecil pada koklea yang selanjutnya akan dimasukkan elektoda melalui lubang.

Dokter akan memasukkan penerima di belakang telinga dan kemudian melakukan jahitan pada sayatan. Ketika operasi selesai, pasien akan diawasi ketat dan dipindahkan ke unit pemulihan. Pengawasan ketat bertujuan untuk memastikan efek samping dari operasi.

Cara kerja implan koklea bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara. Pasien juga harus melakukan konsultasi ulang ke dokter untuk melihat progres pendengaran lebih lanjut.

Baca Juga: Solusi Gangguan Pendengaran, seperti Apa Proses Operasi Implan Koklea?

Implan Koklea Pilihan Terakhir

Penderita gangguan pendengaran parah dapat menggunakan implan koklea apabila alat bantu dengar tidak dapat meningkatkan pendengaran. Gangguan pendengaran parah tidak dapat diperbaiki dengan alat bantu dengar standar, melakukan operasi implan koklea dirasa tepat. Tentunya sebelum memilih opsi implan koklea, penderita gangguan pendengaran perlu menyiapkan biaya dan lebih baik untuk konsultasi ke dokter THT.

Sekian informasi dari Brilliant Hearing tentang Implan Koklea: Biaya, Pro, Kontra, Risiko, Cara Kerjanya. Semoga informasi yang diberikan oleh penulis dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Brilliant Hearing merupakan penyedia alat bantu dengar dan konsultasi terkait pendengaran. Pelayanan dari Brilliant Hearing selalu memuaskan dengan tim tenaga ahli yang berkompeten.

Produk dari Brilliant Hearing:

Otowave 102 Portable Tympanometers

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!