Search
Close this search box.

Mengatasi Masalah Alat Bantu Dengar Rusak: Panduan Lengkap

Alat bantu dengan rusak bisa disebabkan oleh beberapa kesalahan. Meskipun kecil, namun alat bantu dengar bisa sangat bermanfaat untuk membantu penderita mendengar dengan jelas lagi.

Bantuan tersebut tentu secara dramatis meningkatkan kualitas hidup mereka, membuat kehidupan terasa normal lagi, serta berkomunikasi menjadi lebih mudah.

Sebenarnya alat bantu dengar sudah dirancang sangat tahan lama dan kuat hingga bertahun-tahun, namun masalah bisa saja terjadi.

Jika Anda penderita gangguan pendengaran yang mengandalkan alat bantu dengar dan mengalami masalah dengan perangkat Anda, Brillianthearing di sini untuk membantu.

Kami memahami bahwa Anda akan merasa kehilangan tanpa alat bantu dengar Anda, jadi dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa masalah paling umum dan apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Bagian Alat Bantu Dengar yang Sering Rusak

Beberapa bagian pada alat bantu dengar yang rentan mengalami kerusakan sebagai berikut:

1. Hook Telinga

Ini cukup sederhana, kait alat bantu dengar bisa rusak. Kait alat bantu dengar adalah bagian dari alat bantu dengar yang memasangnya dengan rapi di sekitar telinga Anda.

Jika rusak, tidak ada yang dapat menahan alat bantu dengar buat tetap nempel di telinga. Oleh karena itu, ini adalah perbaikan penting.

Perbaikannya juga tidak memakan biaya banyak, bahkan mungkin Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri.

Jika kaitnya patah, Anda bisa mencoba mengelekatkannya kembali. Perbaikan ini biasanya diperlukan karena alat bantu dengar tidak ditempatkan kembali ke dalam wadahnya setelah dikeluarkan dari telinga.

2. Mikrofon Rusak

Anda juga mungkin mengalami masalah dengan suara alat bantu dengar. Jika ini terjadi, biasanya masalahnya ada pada mikrofon.

Masalah teknis seperti ini bukan perbaikan yang sederhana, dan Anda pasti tidak akan bisa memperbaikinya sendiri.

Tentu saja, perlu dicatat bahwa masalah dengan suara juga bisa berarti bahwa pendengaran Anda sekali lagi mengalami perubahan, mungkin semakin buruk.

Jika itu kasusnya, Anda hanya perlu memikirkan untuk mengganti pengaturan alat bantu dengarnya, dan ini tidak akan menimbulkan biaya apa pun.

Baca juga: Alat Bantu Dengar : Bukan Sekadar Membantu Pendengaran, Tapi Juga Menjaga Kesehatan

3. Pergantian Selang

Selang alat bantu dengar BTE sangat penting karena menghubungkannya ke cetakan telinga dan membawa suara ke saluran telinga.

Namun, selang ini dapat mengeras, meregang, retak, berubah warna, atau bahkan membiarkan kelembapan masuk seiring waktu, yang dapat menyebabkan masalah pada alat bantu dengar.

Jika Anda adalah pengguna yang berpengalaman, Anda dapat mengganti selang lama Anda dengan yang baru.

Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli audiologi terlebih dahulu untuk mendapatkan bantuan dan menghindari membuat kesalahan yang mahal.

4. Masalah Baterai

Masalah baterai mungkin adalah penyebab paling umum dari kinerja alat bantu dengar yang tidak konsisten.

Oleh karena itu, mengganti baterai yang rusak pada alat bantu dengar Anda bisa dengan mudah menyelesaikan banyak masalah.

Anda dapat memeriksa apakah baterai Anda memiliki daya atau terpasang dengan benar di alat bantu dengar setiap kali muncul masalah.

Jika baterai tidak berfungsi, cukup gantilah untuk melihat apakah perangkat berfungsi. Jika tidak, mungkin ada masalah dengan pasokan listrik yang memerlukan perhatian ahli audiologi Anda.

Kesalahan yang Sering Terjadi yang Membuat Alat Bantu Dengar Rusak

Alat bantu dengar adalah perangkat teknologi kecil yang cukup kompleks, dan sewaktu-waktu mungkin memerlukan perbaikan.

Ada berbagai masalah yang dapat terjadi pada alat bantu dengar, dan untuk setiap masalah, diperlukan jenis perbaikan yang berbeda.

Ini dapat mencakup masalah dengan bagian dalam perangkat serta bagian luar. Jadi, perbaikan apa yang mungkin diperlukan oleh alat bantu dengar Anda?

Baca juga: Ketidaknyamanan Penggunaan Alat Bantu Dengar (ABD)

1. Alat Bantu Dengar Basah Terkena Air

“Alat bantu dengar saya basah”

Alat bantu dengar sebenarnya dirancang tahan air, namun tidak tahan air sepenuhnya. Jika Anda secara tidak sengaja meninggalkan perangkat Anda saat mandi atau merendamnya dalam air, jangan khawatir – hal-hal seperti ini terjadi, dan Anda bukan satu-satunya!

Berita baiknya adalah, dalam kebanyakan kasus, alat bantu dengar yang basah dapat diselamatkan dengan beberapa langkah sederhana:

  1. Keluarkan baterai dari perangkat secepat mungkin.
  2. Keringkan alat bantu dengar dengan handuk bersih atau tisu.
  3. Biarkan alat bantu dengar mengering selama satu atau dua hari, dengan membuka laci baterai.
  4. Setelah alat bantu dengar mengering, masukkan baterai baru.

Tentu saja, saran ini hanya berlaku untuk mereka yang menggunakan baterai sekali pakai.

Jika alat bantu dengar Anda menggunakan baterai tetap atau dapat diisi ulang, kami sarankan segera menghubungi ahli audiologi Anda agar mereka dapat membantu dengan perbaikan atau penggantian.

2. Alat Bantu Dengar Seperti Berdengung

“Alat bantu dengar rusak seperti saya menghasilkan suara berdengung”

Terdengar seperti alat bantu dengar Anda bersiul? Jika perangkat Anda mulai memberikan lebih banyak suara bersiul dari biasanya, itu tidak selalu tanda alat bantu dengar yang rusak.

Dalam banyak kasus, mungkin saja alat bantu dengar tidak terpsasang dengan baik di telinga Anda. Coba keluarkan dan masukkan kembali dengan nyaman.

Jika tidakan ini tidak memperbaiki masalah, cobalah mengatur volume.

Alat bantu dengar yang dipasang dengan benar akan berhenti berdengung setelah volume diturunkan, kemungkinan cetakan tidak pas dengan baik dan Anda mengalami kebocoran suara.

Dalam hal ini, sebaiknya kunjungi ahli audiologi Anda untuk penyesuaian ulang.

Terakhir, selalu sebaiknya melakukan pemeriksaan visual untuk memeriksa apakah alat bantu dengar rusak, retak, atau kendur, dan pastikan sudah diatur pada pengaturan yang benar.

Alat bantu dengar sudah dibetulkan, tapi masih bermasalah

Jika terlihat bahwa alat bantu dengar Anda dalam kondisi baik tetapi Anda masih mengalami bersiul, mungkin ada penumpukan lilin telinga yang berlebihan.

Terlalu banyak lilin telinga dapat mencegah suara mencapai telinga Anda dan menyebabkan pantulan suara. Dalam semua kasus ini, disarankan untuk mencari bantuan dari ahli audiologi Anda untuk perawatan penghilangan lilin telinga.

3. Tidak Ada Suara Apapun dari Alat Bantu Dengar

“Saya tidak bisa mendengar apa pun melalui alat bantu dengar saya”

Jika alat bantu dengar Anda berhenti mengeluarkan suara, ada beberapa hal yang bisa Anda periksa:

  • Periksa Baterainya

Pastikan alat bantu dengar dalam keadaan hidup dan sepenuhnya terisi daya jika Anda menggunakan perangkat isi ulang.

Jika perangkat Anda menggunakan baterai sekali pakai, pastikan baterai terpasang dengan benar dan lubang baterai tertutup.

  • Ada Lilin yang Menghalangi Mikrofon

Periksa secara visual perangkat untuk melihat apakah ada lilin telinga yang menghalangi mikrofon atau lubang suara.

Jika ada tanda-tanda kotoran, bersihkan alat bantu dengar dengan hati-hati dan coba lagi.

  • Naikkan Volume Suara

Cobalah menaikkan volume, baik langsung dari perangkat itu sendiri atau menggunakan aplikasi. Juga cobalah menyesuaikan pengaturan program untuk melihat apakah Anda bisa mendeteksi suara.

Jika Anda sudah mengikuti langkah-langkah di atas tetapi alat bantu dengar Anda masih tidak mengeluarkan suara dan tidak tampak rusak, hubungi ahli audiologi Anda yang dapat membantu mendiagnosa masalah dan mungkin memperbaiki perangkat.

4. Alat Bantu Dengar Tidak Bisa Pas dengan Telinga

Jika Anda merasa bahwa alat bantu dengar Anda tidak lagi pas dengan nyaman atau mulai terjatuh dari telinga, langkah pertama yang harus diambil adalah memastikan bahwa Anda memasang alat bantu dengar dengan benar dan aman di dalam atau di belakang telinga.

Jika Anda tidak mengubah cara Anda memposisikan perangkat tetapi ada sesuatu yang tidak terasa benar, periksa secara visual alat bantu dengar Anda untuk melihat apakah ada kerusakan atau koneksi yang kendur.

Faktor eksternal seperti kehilangan banyak berat badan dapat mempengaruhi cara alat bantu dengar Anda terpasang di telinga.

Perbaikan Alat Bantu Dengar Rusak

Seperti disebutkan di atas, yang merupakan beberapa tanda jika alat bantu dengar Anda mungkin membutuhkan perbaikan.

Seperti setelah terkena air, tidak terdengar suara lagi, atau bisa saja suara sepenuhnya terdistorsi. Mungkin beberapa langkah basic bisa dilakukan sendiri, tapi jika tidak memecahkan masalah, maka saatnya pergi ke profesional!

Lalu, apa yang seharusnya Anda harapkan dari perbaikan alat bantu dengar?

Baca juga: Teknologi Terbaru Dalam Alat Bantu Dengar

1. Diagnosis dan Pemeriksaan Alat Bantu Dengar

Tidak masalah jika Anda datang, memberi tahu profesional bahwa Anda sebenarnya sudah mencoba semua langkah pemecahan masalah.

Termasuk memeriksa apakah perangkat tersebut sudah dihidupkan, volume sudah dinaikkan, pengaturan sudah benar, dan baterai tidak habis.

Ahli audiologi akan memeriksa semua itu lagi untuk memastikan bahwa itu bukan masalah dasar. Mereka juga akan memastikan bahwa baterai dimasukkan dengan benar.

Setelah semua dasar-dasar diperiksa, ahli audiologi akan mendiagnosa masalah. Ini bisa menjadi masalah dengan berbagai aspek perangkat termasuk mikrofon.

2. Berapa Lama Proses Perbaikannya?

Anda mungkin berpikir bahwa perbaikan alat bantu dengar Anda bisa selesai di tempat jika masalahnya kecil dan sederhana.

Memang benar, perbaikan alat bantu dengar bisa dilakukan dalam waktu tidak lebih dari tiga puluh menit. Namun, masalahnya juga bisa rumit, dan jika memang seperti itu kasusnya, mungkin butuh beberapa jam setidaknya.

Anda bahkan mungkin diminta untuk meninggalkan alat bantu dengar mereka untuk diperbaiki jika mereka tidak memiliki suku cadang yang mereka butuhkan.

Biasanya, dalam kasus seperti ini, Anda akan diberikan satu set alat bantu dengar sementara sebagai pengganti sementara.

3. Biaya yang Perlu Dikeluarkan untuk Perbaikan 

Biaya perbaikan alat bantu dengar bisa bervariasi. Biasanya tergantung pada perangkat dan masalahnya, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya.

Masalah dasar bisa diperbaiki dengan biaya kurang dari Rp100,000. Jika masalahnya lebih serius atau alat bantu dengarnya menggunakan teknologi canggih, biayanya bisa jauh lebih tinggi dari itu.

Harga juga bisa berbeda tergantung pada layanan yang Anda pilih. Itulah mengapa Anda perlu cari tahun dulu harga pasarannya untuk membandingkan.

Penutup

Penting untuk mengenali tanda-tanda kerusakan, seperti suara yang terdistorsi, dan melakukan perawatan rutin untuk mencegah masalah.

Beberapa masalah sederhana pada alat bantu dengar rusak mungkin masih bisa Anda perbaiki sendiri, namun jika masih tidak bekerja, Anda dapat menghubungi profesional.

Dalam hal perbaikan diperlukan, perbandingan harga dari berbagai penyedia layanan dapat membantu pengguna membuat keputusan yang tepat.

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Produk Kami

Bagikan :

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024