Search
Close this search box.

Exploring Modern Hearing Tests: Fitur-Fitur yang Perlu Diketahui

Exploring Modern Hearing Tests: Fitur-Fitur yang Perlu Diketahui

Apabila Anda mengalami gejala-gejala adanya gangguan pada pendengaran Anda, segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter atau audiolog. Dengan mendapatkan modern hearing tests, Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan indera pendengaran Anda. 

Gangguan pendengaran merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk mendengar pada salah satu telinga atau kedua telinga. Banyak orang masih menyepelekan kesehatan pendengaran. 

Padahal, gangguan pada pendengaran ini dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pengobatan dan perawatan yang tepat dibutuhkan untuk menangani masalah pendengaran. 

Melakukan pemeriksaan pendengaran merupakan salah satu cara untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga. Melalui pemeriksaan ini, dokter bisa menentukan penyebab dan tingkat keparahan gangguan pendengaran. Dengan begitu, penderita gangguan pendengaran bisa mendapatkan perawatan yang tepat sehingga gangguan pendengaran tidak bertambah parah. 

Baca Juga : Diet Sehat: Menurunkan Risiko Gangguan Pendengaran Dengan Langkah Sederhana

Modern Hearing Tests

Modern hearing tests atau tes pendengaran modern merupakan pemeriksaan untuk mengetahui sensitivitas indera pendengaran Anda serta kemungkinan masalah yang menyebabkan gangguan pendengaran. 

Untuk melakukan pemeriksaan pendengaran, Anda dapat mengunjungi audiolog. Pada pemeriksaan ini, audiolog akan menggunakan audiometer, yaitu alat yang akan menguji sensitivitas pendengaran terhadap berbagai suara yang akan ditransmisikan dalam frekuensi yang berbeda melalui headphone. 

Pemeriksaan ini bersifat non-invasif, tidak menimbulkan rasa sakit, serta tidak mengganggu. Kini, pemeriksaan pendengaran ini tidak hanya mengetahui status pendengaran Anda, tetapi juga bisa memberitahu jenis gangguan pendengaran yang mungkin Anda alami, apakah sensorineural, konduktif, atau bahkan keduanya. 

Ruangan untuk Melakukan Modern Hearing Tests

Seperti apakah ruangan yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan pendengaran? Biasanya, tes pendengaran ini dilakukan di ruangan khusus yang berukuran kecil, tenang, dan kedap suara. Melalui sebuah kaca, Anda dapat melihat petugas tes pendengaran. 

Setelah memasuki ruangan pemeriksaan, Anda akan diberikan headphone untuk dipakai. Petugas juga mungkin saja memberikan penyumbat telinga yang dipasang pada beberapa kabel dan terhubung ke alat tes audio yang disebut sebagai audiometer. 

Terkadang, ruangan pemeriksaan ini juga dilengkapi dengan beberapa speaker yang ditempatkan secara strategis untuk menguji pendengaran bayi dan anak-anak yang masih kecil. 

modern hearing tests

Baca Juga : Siapa Yang Berisiko Terkena Tinnitus Dan Cara Mengatasinya

Tahapan Modern Hearing Tests

Dalam modern hearing tests, ada beberapa tahapan yang dilakukan. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya.

1. Pemeriksaan Riwayat Kesehatan Pendengaran

Tahap pertama dalam modern hearing tests adalah berkonsultasi dengan audiolog. Pada tahap ini, audiolog akan bertanya mengenai kesehatan medis dan pendengaran Anda. Selain itu, konsultasi ini juga bertujuan untuk menginformasikan pada audiolog mengenai situasi dan kekhawatiran Anda. 

Tahap konsultasi ini sangat penting untuk mengidentifikasi gejala dan faktor genetik yang dapat memengaruhi pendengaran Anda. Audiolog mungkin akan bertanya mengenai kondisi medis yang Anda miliki, misalnya infeksi telinga di masa lalu, alergi, dan lingkungan kerja. 

2. Pemeriksaan Otoskopi

Setelah pemeriksaan pertama, audiolog akan mengarahkan Anda untuk melakukan pemeriksaan otoskopi. Pada tahap ini, audiolog menggunakan otoskop atau auroskop, yaitu alat medis yang digunakan untuk melihat lebih dekat bagian dalam telinga. 

Pemeriksaan otoskopi ini bertujuan untuk mengidentifikasi setiap indikasi pada telinga yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Contohnya infeksi, peradangan, penumpukan kotoran telinga, dan masalah pada gendang telinga. Pemeriksaan ini sangat penting untuk mengetahui adanya potensi kerusakan pada telinga dan untuk melanjutkan ke tahap pemeriksaan selanjutnya. 

3. Audiometri Nada Murni

Tahap ketiga yaitu dengan melakukan pemeriksaan audiometri nada murni. Pemeriksaan ini akan menilai seberapa sensitif telinga Anda terhadap berbagai macam suara. 

Audiolog akan menyampaikan instruksi yang relevan melalui headphone. Anda akan diminta untuk mendengarkan berbagai macam suara yang dihasilkan pada volume dan frekuensi yang berbeda. 

Umumnya, tes ini dilakukan di ruangan khusus yang tenang. Selama pemeriksaan audiolog akan memandu Anda untuk memahami suara terlembut yang Anda dengar pada setiap frekuensi. 

4. Audiometri Bicara

Selanjutnya ada tes audiometri bicara yang tidak kalah pentingnya dari tahap pemeriksaan sebelumnya. Tes audiometri bicara ini sangat penting bagi Anda untuk merasa nyaman dalam situasi sosial. Hal ini berkaitan dengan kemampuan Anda untuk mengikuti percakapan orang-orang di sekitar Anda. 

Pada pemeriksaan ini, Anda akan mendengarkan rekaman percakapan atau percakapan langsung. Kemudian Anda akan diminta untuk mengulangi kata-kata yang diucapkan. 

5. Timpanometri

Tahap kelima dalam modern hearing tests adalah timpanometri. Timpanometri atau tes fungsi telinga tengah merupakan pemeriksaan yang bertujuan untuk menganalisis fungsi dan pergerakan telinga bagian tengah atau gendang telinga. 

Pemeriksaan ini terdiri dari berbagai variasi tekanan udara di dalam saluran telinga. Ketika tekanan berubah, tes akan menilai kinerja gendang telinga Anda. 

Sama seperti tahap pemeriksaan lainnya, tahap timpanometri ini tidak menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi, bagi Anda yang mengalami infeksi atau peradangan pada gendang telinga akan merasa tidak nyaman ketika pemeriksaan ini dilakukan. 

6. Tes Tinnitus

Salah satu gejala gangguan pendengaran adalah tinnitus. Beberapa kondisi dapat menyebabkan tinnitus yang dapat dengan mudah diobati apabila segera diidentifikasi. 

Contoh kondisi yang menyebabkan tinnitus adalah peradangan dan kotoran telinga. Namun, kondisi tersebut dapat berhubungan dengan masalah lain yang lebih parah yang harus Anda diskusikan dengan audiolog. 

7. Memahami Kata dan Ucapan dalam Tes Kebisingan

Pemeriksaan ini akan menilai kemampuan pendengaran Anda dalam situasi yang sebenarnya terjadi di dunia nyata. Anda mungkin mudah untuk menangkap percakapan, kata-kata, dan nada tanpa adanya suara latar belakang. Akan tetapi, dalam kehidupan nyata, seringkali ada banyak suara-suara latar belakang. 

Baca Juga : Panduan Praktis: 4 Tips Membersihkan Telinga Dengan Benar

Hasil Pemeriksaan

Hasil modern hearing tests berbentuk audiogram. Audiogram ini merupakan grafik yang menampilkan suara yang dapat Anda dengar pada volume yang paling lembut pada semua frekuensi. 

Garis vertikal pada audiogram menunjukkan volume suara yang didengar. Sedangkan garis horizontal menunjukkan frekuensi. Pendengaran Anda akan dinilai berdasarkan desibel suara yang didengar. 

Audiogram ini menyediakan dokumen yang berguna di masa mendatang. Audiogram ini dapat digunakan untuk memantau kondisi pendengaran Anda dari waktu ke waktu. 

Selain itu, audiogram juga dapat memberikan indikasi rentang waktu untuk menyelesaikan gangguan pendengaran dan dapat digunakan untuk mengobati gangguan pendengaran. Audiogram juga dapat membantu menentukan jenis gangguan pendengaran yang Anda alami dan dapat membantu audiolog untuk menentukan alat bantu dengar yang tepat untuk Anda. 

Penutup

Demikian penjelasan mengenai modern hearing tests. Ternyata pemeriksan ini begitu bermanfaat untuk kesehatan pendengaran.

Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan pendengaran secara rutin. Anda akan mengetahui kondisi pendengaran Anda sehingga apabila terjadi masalah pendengaran, Anda bisa segera mendapatkan perawatan agar gangguan pendengaran tidak bertambah parah. 

Bagi Anda yang sedang mencari alat bantu dengar berkualitas dengan garansi dan harga terjangkau, Anda bisa mengunjungi pusat jual alat bantu dengar Brilliant Hearing. Ada beragam alat bantu dengar yang dapat menyesuaikan gaya hidup dan preferensi Anda.

Produk Kami

Bagikan :

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024