Search
Close this search box.

Explore Stimulasi Akustik Elektrik (EAS): Pengenalan dan Manfaatnya

Stimulasi Akustic Elektrik adalah ketika Anda lebih mudah mendengar suara tertentu dibandingkan orang lain. Seperti mendengar mereka sedang berbisik, dan alat bantu dengar rasanya seperti kurang bekerja.

Jika ini terdengar familiar bagi Anda, Anda mungkin kehilangan kemampuan mendengar suara-suara berfrekuensi tinggi.

Ketika Anda tidak bisa mendengar suara-suara berfrekuensi tinggi, Anda mengalami jenis gangguan pendengaran yang dikenal sebagai kerugian pendengaran frekuensi tinggi.

Jenis gangguanpendengaran ini umum terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Electric Acoustic Stimulation (EAS)

Stimulasi Akustik Elektrik sebenernya gabungan antara alat bantu dengar dan implan koklea yang dipasang di telinga yang sama.

Jadi, akustik elektrik adalah alat yang bantu dengar, tapi fungsinya khusus untuk menambahkan kekuatan suara-suara yang sangat rendah.

Sementara itu, implan koklea elektrik ini yang berfungsi buat membantu kita mendengarkan suara-suara yang frekuensinya lebih ke tengah dan tinggi.

Pada dasarnya Akustik Elektrik memiliki peran untuk membantu pasiannya menjadi lebih nyaman saat mendengarkan suara-siuara, terutama kalau memiliki gangguan pendengaran yang membuat kita kesulitan mendengarkan nada-nada tinggi.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Peran Teknologi

Stimulasi Akustik Elektrik (EAS) memanfaatkan gabungan teknologi implan koklea dan alat bantu dengar (ABD) untuk memberikan manfaat yang maksimal bagi individu dengan gangguan pendengaran.

Kedua teknologi ini bekerja sama secara sinergis untuk memperbaiki kemampuan pendengaran pada berbagai frekuensi suara.

1. Implan Koklea (CI) untuk Suara Berfrekuensi Tinggi

Implan koklea adalah sebuah perangkat medis elektronik yang ditanamkan secara bedah di telinga bagian dalam.

Implan ini bertugas untuk merangsang saraf pendengaran dengan menerjemahkan sinyal suara menjadi impuls listrik yang dapat dikenali oleh otak.

Dalam konteks EAS, implan koklea berperan utama dalam mendeteksi dan mengolah suara berfrekuensi tinggi.

Suara-suara dengan frekuensi tinggi ini kemudian dikirimkan ke otak melalui saraf pendengaran, sehingga individu dapat mendengarnya dengan lebih jelas.

Baca juga: Solusi Gangguan Pendengaran, Seperti Apa Proses Operasi Implan Koklea?

2. Alat Bantu Dengar (ABD) untuk Suara Berfrekuensi Rendah

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik eksternal yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan pendengaran individu dengan memperkuat suara-suara yang masuk ke telinga.

Dalam EAS, ABD berfungsi khusus untuk memperkuat suara-suara berfrekuensi rendah.

Suara-suara ini kemudian disampaikan ke telinga melalui earmold atau saluran udara yang disesuaikan, sehingga individu dapat mendengarnya dengan lebih jelas dan nyaman.

Siapa yang Membutuhkan EAS?

Sekelompok pasien tertentu yang masih punya sedikit kemampuan pendengaran sisa di frekuensi rendah dan mengalami gangguan pendengaran yang parah di frekuensi tinggi.

Kelompok pasien ini hanya memperoleh manfaat terbatas dari perangkat bantu dengar tradisional karena gangguan pendengaran yang parah di frekuensi tinggi.

Mereka memiliki pemahaman bicara yang kurang memadai, bahkan dalam kondisi bantu dengar terbaik sekalipun. Mereka juga bukan kandidat implan koklea klasik, karena kemampuan pendengaran sisa mereka di frekuensi rendah sebagian besar masih terjaga.

Indikasi untuk EAS didasarkan pada tiga pertimbangan berikut:

  • Audiogram
  • Skor bicara
  • Kriteria seleksi tambahan

Bagaimana Prosesnya?

Apa yang bisa Anda harapkan selanjutnya? Berikut ini adalah garis besar proses menerima implan koklea.

1. Asessment

Pertama, Anda akan menjalani penilaian rutin untuk memastikan Anda adalah kandidat untuk EAS, dan jika ada faktor tambahan yang perlu dipertimbangkan. Tim medis akan membimbing Anda dan keluarga Anda melalui rincian tentang apa yang diharapkan dalam langkah-langkah berikutnya.

2. Implantation

Prosedur bedahnya sederhana dan biasanya berlangsung antara 1–2 jam dengan menggunakan bius umum atau lokal.

Biasanya, pasien sudah bisa beraktivitas kembali keesokan harinya. Lama menginap di rumah sakit mungkin berlangsung satu atau beberapa hari, tergantung pada kebutuhan individu Anda dan kebiasaan di area tempat tinggal Anda.

3. Activation

Sekitar empat minggu setelah pemasangan, Anda akan melakukan penyesuaian pertama.

Hari “aktivasi” ini adalah saat audiologis Anda akan mengaktifkan prosesor audio Anda untuk pertama kalinya dan Anda akan mendengar suara baru pertama kali.

Pengaturan audio dari prosesor Anda akan disesuaikan untuk cocok dengan preferensi pendengaran Anda.

4. Rehabilitasi

Setelah diaktifkan, penting untuk melanjutkan dengan program rehabilitasi agar Anda bisa beradaptasi dengan pendengaran menggunakan sistem EAS Anda.

Rehabilitasi ini sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dari implan Anda. Ini bisa dilakukan bersama dengan para profesional bicara-bahasa dan latihan mendengarkan di rumah.

Baca juga: Deteksi Dini Gangguan Pendengaran, Coba Aplikasi HearWHO!

Macam-macam Frekuensi Nada yang Diterima EAS

Menggunakan teknologi EAS untuk membantu pendengaran Anda, maka akan terdapat beberapa jenis suara yang dapat ditangkat oleh EAS, seperti di bawah ini:

1. Suara Rendah dengan Frekuensi Rendah

EAS memilki kemampuan untuk menangkat suara dengan menggunakan bantuan mikrofon dari prosessor audio. Suara tersebut kemudian diperkuat dan dikirim ke telinga menggunakan earmold. 

Suara-suara tersebut akan diproses oleh rumah siput telinga kita lalu dikirim ke otak.

Berikut penjelasan prosesnya:

  1. Suara-suaranya dideteksi oleh mikrofon dari prosesor audio.
  2. Suara-suara yang berfrekuensi rendah diperkuat dan dikirim melalui earmold ke telinga.
  3. Suara-suara ini diproses oleh koklea dan dikirim ke otak.

2. Suara Tinggi

Alat bantu dengan EAS juga dapat menangkap suara-suara dengan frekuensi tinggi, karena alat ini menggunakan teknologi implan rumah siput.

Sama seperti caranya menangkat suara berfrekuensi rendah, awalnya suara kaan mulai diproses pada prosesor audio, masuk ke rumah siput, lalu dikirim ke otak.

Berikut penjelasan prosesnya:

  1. Suara dideteksi oleh mikrofon dari prosesor audio.
  2. Suara-suara berfrekuensi tinggi dikirim ke implan sebagai sinyal listrik.
  3. Suara-suara ini diproses oleh koklea dan dikirim ke otak.

Manfaat Menggunakan Alat Bantu Dengar Stimulasi Ekustik Elektrik 

Berikut manfaat yang akan diperoleh oleh pasien EAS:

1. Mendengar Suara dengan Lebih Baik 

EAS memungkinkan individu dengan gangguan pendengaran, terutama yang memiliki kerugian pendengaran frekuensi tinggi, untuk mendengar suara dengan lebih baik.

Teknologi ini mengombinasikan implan koklea untuk suara tinggi dan alat bantu dengar untuk suara rendah, sehingga memungkinkan individu untuk mendengar berbagai macam suara dengan lebih jelas.

2. Menikmati Musik dan Bicara

Dengan bantuan EAS, seseorang dapat menikmati musik, berbicara dengan teman, dan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari tanpa kesulitan yang signifikan.

Kombinasi teknologi implan koklea dan alat bantu dengar memungkinkan individu untuk menikmati pengalaman mendengar yang lebih lengkap.

4. Mempermudah Aktivitas Sehari-hari

Penggunaan EAS dapat mempermudah individu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti berkomunikasi dengan orang lain, mengikuti percakapan di lingkungan bising, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

5. Peningkatan Kualitas Hidup

Dengan kemampuan mendengar yang ditingkatkan, pengguna EAS dapat meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Mereka dapat merasa lebih percaya diri dan terlibat lebih aktif dalam berbagai aktivitas sosial dan profesional.

6. Pilihan Pengobatan yang Lebih Luas

Bagi individu yang tidak cocok menjadi kandidat untuk implan koklea konvensional atau alat bantu dengar saja, EAS menyediakan pilihan pengobatan yang lebih luas.

Teknologi ini dapat menjadi solusi yang efektif bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran kompleks.

Baca juga: Gangguan Pendengaran, Lakukan Pemeriksaan Ke Audiolog

Penutup

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!