Search
Close this search box.

Cara Membaca Audiogram serta Pengertian Audiogram

Audiogram dapat memahami kemampuan Anda saat mendengar. Terdapat grafik yang menujukkan tingkat kebisingan terendah yang dapat Anda dengar di nada tinggi maupun rendah.

Data tersebut akan dicatat oleh ahli Audiologi atau profesional kesehatan saat melakukan tes pendengaran audiometri.

Sebuah audiogram dapat mendiagnosis gangguan pendengaran Anda dan menunjukkan jenis gangguan pendengaran yang Anda miliki.

Ini dapat membedakan pendengaran Anda di setiap telinga dan apakah Anda mengalami gangguan pendengaran di satu atau kedua sisi.

Anda sebaiknya mencari bimbingan dari dokter atau ahli audiologi untuk pilihan pengobatan, namun memahami dasar-dasar audiogram dapat membantu Anda menganalisis apa yang Anda dengar di sekitar Anda.

Apa itu Audiogram? Bagaimana Cara Kerjanya Mengukur Pendengaran

Sebuah audiogram adalah hasil visual dari tes pendengaran audiometri yang dilakukan oleh seorang ahli audiologi atau profesional kesehatan lainnya.

Tes ini mengukur potensi gangguan pendengaran. Tes ini menggunakan jenis teknologi yang disebut dengan audiometer yang dapat terhubung ke headphone, speaker, atau perangkat konduksi tulang.

Audiometer memancarkan suara yang mengukur intensitas dan frekuensi suara.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Anda bisa mendapatkan tes pendengaran audiometri di ruang yang sepi di kantor dokter. Administrator tes akan meminta Anda mengangkat tangan atau menekan tombol saat Anda mendengar suara.

Administrator akan menandai suara yang Anda dengar pada audiogram.

Tujuan Tes Audiogram

Tujuan dari pengujian audiometri adalah untuk mengukur kemampuan pendengaran Anda di sepanjang rentang frekuensi di setiap telinga secara independen. Pengujian ini menghasilkan grafik yang disebut audiogram.

Ambang Pendengaran

Audiogram menggambarkan ambang pendengaran Anda di berbagai frekuensi, atau nada, dalam lingkungan mendengarkan yang sepi.

Ambang pendengaran didefinisikan sebagai suara paling lembut yang Anda bisa deteksi sekitar 50 persen dari waktu. Jadi jangan heran jika Anda merasa seperti Anda “melewatkan” beberapa beep.

Hal penting untuk diingat adalah bahwa audiogram bersifat kuantitatif, bukan kualitatif.

Ini menggunakan sistem numerik tertentu untuk mengukur kemampuan pendengaran residual Anda di ruangan yang sepi; itu tidak secara subjektif menggambarkan kualitas kemampuan pendengaran Anda. Ini juga tidak bisa mendeteksi jika Anda memiliki kerugian pendengaran tersembunyi.

Baca juga: Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Tes Pendengaran? 4 Tanda Anda Harus Tahu

Apa yang Dilakukan Saat Tes Audiometer?

Salah satu tes pendengaran yang paling mendasar adalah audiometri nada murni. Untuk tes ini, seorang profesional pendengaran, atau ahli audiologi, menggunakan sebuah audiometer untuk menghasilkan nada. Nada-nada ini bervariasi dalam frekuensi, atau nada, diukur dalam Hertz (Hz), dan volume, diukur dalam desibel (db).

Tes ini menilai telinga kiri dan kanan seseorang secara terpisah.

Ketika seorang ahli audiologi memutar nada murni, atau suara dengan frekuensi tunggal, seseorang perlu memberi isyarat saat mereka mendengar suara tersebut, biasanya dengan mengangkat tangan atau menekan tombol.

Seorang ahli audiologi menentukan ambang pendengaran seseorang untuk berbagai frekuensi. Ambang pendengaran adalah suara paling lembut yang bisa didengar seseorang setidaknya 50% dari waktu.

Seseorang perlu menggunakan headphone dan pemancar tulang selama tes audiometer. Ini mengukur ambang pendengaran seseorang melalui konduksi udara dan konduksi tulang, masing-masing.

Kadang-kadang, seorang ahli audiologi dapat menggunakan suara penyekat pada telinga yang tidak diuji untuk mencegahnya berpartisipasi dalam tes telinga lainnya.

Sebagian besar spesialis menggunakan penyekat selama tes konduksi tulang. Juga, sebagian besar menggunakan penyekat untuk tes konduksi udara ketika ambang pendengaran mencapai 40 db atau lebih keras pada headphone di atas telinga, atau 60 db untuk headphone dalam telinga.

Sebuah audiogram mencatat ambang pendengaran konduksi udara dan tulang telinga kiri dan kanan seseorang.

Simbol-simbol dan Cara Membaca Audiogram

Sebuah audiogram menampilkan berbagai angka untuk mewakili frekuensi dan intensitas. Frekuensi disusun secara horizontal dari kiri ke kanan. Rentangnya dari nada rendah (125 Hz) hingga nada tinggi (8000 Hz).

Volume disusun secara vertikal dari atas ke bawah dan berkisar dari sangat lembut (0 db) hingga sangat keras (120 db).

Berikut adalah simbol-simbol khusus yang seseorang mungkin lihat dalam sebuah audiogram, beserta arti mereka:

: ambang pendengaran konduksi tulang tak bersaring kiri

<: ambang pendengaran konduksi tulang tak bersaring kanan

]: ambang pendengaran konduksi tulang bersaring kiri

[: ambang pendengaran konduksi tulang bersaring kanan

Simbol-simbol untuk telinga kiri biasanya berwarna biru, sementara simbol-simbol untuk telinga kanan umumnya berwarna merah.

Grafik Audiogram

Audiogramnya adalah grafik yang cukup sederhana:

  • Sumbu Y (vertikal)

Sumbu Y mengukur intensitas, atau kerasnya, suara.

Ini diukur dalam desibel (Db) dan berkisar dari -10 hingga 110 pada audiogram. Suara dengan desibel rendah termasuk bisikan. Suara dengan desibel tinggi termasuk palu pneumatik.

  • Sumbu X (horizontal)

Sumbu X mengukur frekuensi, atau nada dari suara. Angka-angkanya berkisar dari 125 hingga 8.000 dan diukur dalam hertz (Hz). Suara dengan frekuensi rendah adalah suara kodok atau guntur. Suara dengan frekuensi tinggi bisa mencakup suara jangkrik, atau suara siulan.

Cara Membaca Audiogram

Sebuah audiogram yang sudah lengkap akan memiliki X dan O di atasnya. Setiap X mewakili telinga kiri Anda. Setiap O mewakili telinga kanan Anda. Perhatikan audiogram untuk melihat di mana X dan O sejajar dengan sumbu desibel.

  • Orang dengan pendengaran normal akan memiliki X dan O yang tidak melebihi 20 desibel.
  • Orang dengan gangguan pendengaran ringan akan memiliki X dan O dalam rentang 20 hingga 40 desibel. Kehilangan sedang adalah 40 hingga 60 desibel.
  • Gangguan pendengaran berat berada dalam rentang 60 hingga 80 desibel.
  • Kehilangan pendengaran mendalam adalah apapun yang lebih dari 80 desibel.

Cara Membaca Audiogram: Membaca Hasil Tes

Orang bisa memeriksa hasil audiogram mereka untuk mengetahui apakah mereka mengalami gangguan pendengaran, serta jenis dan tingkat keparahannya. Secara umum, semakin jauh hasilnya dari rentang pendengaran normal, semakin besar gangguan pendengaran yang dialami seseorang.

Berikut ini adalah gambaran tingkat pendengaran untuk orang dewasa berdasarkan hasil ambang volume seseorang:

Tingkat Gangguan Pendengaran Ambang (db)
Normal 0–25 db
Ringan 26–40 db
Sedang 41–55 db
Sedang Parah 56–70 db
Berat 71–90 db
Mendalam 90 db dan lebih tinggi

Ada beberapa tingkat gangguan pendengaran:

  • Ringan mengacu pada ambang yang berkisar antara 26–40 desibel

Anda mungkin dapat berbicara dengan orang secara langsung dan memahami mereka dengan sempurna tetapi kesulitan mendengar suara dari jauh, pembicaraan pelan, atau percakapan di ruang yang ramai.

  • Sedang mengacu pada ambang yang berkisar antara 45–65 desibel

Anda kesulitan mendengar percakapan apa pun di mana pun settingnya dan memiliki kesulitan ekstrim mendengar percakapan di ruang yang bising.

  • Berat mengacu pada ambang yang berkisar antara 66–85 desibel

Anda mungkin hanya bisa mendengar seseorang jika mereka berbicara dengan keras dan sangat dekat dengan Anda dan tidak bisa mendengar suara lain di sekitar Anda.

Mendalam mengacu pada ambang yang lebih besar dari 85 desibel.

Bagaimana Hasil Testnya?

Seorang ahli audiologi akan menggunakan hasil tes seseorang untuk menentukan apakah mereka mengalami gangguan pendengaran, serta jenis dan tingkat keparahannya.

Selain audiometri nada murni, seorang ahli audiologi juga dapat melakukan tes bicara atau tes pendengaran lainnya, termasuk:

  • timpanometri
  • elektrokokleografi
  • tes respons batang saraf pendengaran

Tes-tetap ini akan menentukan fungsi struktur pendengaran, seperti gendang telinga, telinga dalam, dan telinga luar, serta respons otak terhadap suara.

Audiogram dan hasil tes lainnya dapat membantu seorang ahli audiologi merekomendasikan solusi pendengaran terbaik untuk individu tersebut.

Ambang pendengaran seseorang yang ditunjukkan oleh audiogram dapat membantu menentukan amplifikasi yang diperlukan saat menggunakan alat bantu dengar.

Ahli audiologi juga akan mengirimkan hasil kepada dokter yang merujuk pasien tersebut, yang dapat lebih lanjut membahas hasil dan pilihan pengobatan dengan pasien.

Siapa yang Membutuhkan Tes Audiogram?

Anda mungkin mencari tes pendengaran audiometri jika Anda menyadari perubahan dalam pendengaran Anda, atau dokter Anda mungkin merekomendasikannya sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin.

Anda dapat melakukan audiogram pada usia berapa pun, tetapi tes dan informasi yang ditemukan akan sedikit berbeda antara orang dewasa dan anak-anak kecil.

Pendengaran anak biasanya diskrining pada saat lahir. Anak-anak mungkin memerlukan pengujian jika mereka mengalami keterlambatan bicara atau perkembangan lainnya.

Orang dewasa di atas usia 50 tahun mungkin mengalami gangguan pendengaran seiring bertambahnya usia. Beberapa perkiraan menyatakan bahwa 25% dari orang dewasa di atas usia 50 tahun dan 50% dari mereka yang berusia di atas 80 tahun mengalami gangguan pendengaran.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Melakukan Tes Otoacoustic Emissions?

Gangguan Pendengaran yang Dapat Diukur Audiogram

Audiometer dapat mengukur bagian-bagian berbeda dari telinga berdasarkan bagaimana Anda menerima suara.

Headphone, speaker, dan perangkat konduksi tulang dapat mengukur bagian-bagian berbeda dari telinga untuk menentukan jenis gangguan pendengaran.

  • Gangguan pendengaran konduktif adalah gangguan pendengaran di telinga eksternal atau telinga tengah.
  • Gangguan pendengaran sensorineural adalah gangguan pendengaran di telinga dalam.
  • Gangguan pendengaran campuran adalah ketika gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural terjadi bersamaan.

Gangguan pendengaran dapat terjadi karena:

kebisingan cedera infeksi penyumbatan lilin osikel abnormal kondisi kesehatan penuaan cairan telinga tengah penyakit autoimun Anda bahkan mungkin memiliki beberapa jenis kerugian pendengaran.

Beberapa penyebab kerugian pendengaran dapat dibalik dan beberapa tidak.

Baca juga: Mengatasi Gangguan Pendengaran Di Satu Telinga: Informasi Dan Solusi

Paska Tes Audiogram

Konsultasikan dengan tenaga medis untuk memeriksa audiogram Anda dan memberikan pilihan pengobatan untuk gangguan pendengaran.

Audiogram akan memberikan panduan tentang bagaimana cara mengobati kondisi tersebut dengan menjelaskan jenis gangguan pendengaran yang Anda miliki, apakah satu atau kedua telinga mengalami gangguan pendengaran, dan seberapa besar gangguan pendengaran yang Anda alami.

Melengkapi pengobatan dengan perlindungan dari kebisingan juga penting.

Beberapa pengobatan mungkin termasuk:

  • alat bantu dengar
  • implant koklea
  • membersihkan lilin telinga
  • obat untuk menghilangkan lilin atau infeksi
  • operasi
  • tabung telinga

Dokter Anda juga mungkin merekomendasikan tes pendengaran tambahan atau prosedur diagnostik untuk lebih memahami kondisi Anda, seperti melakukan timpanogram.

Eksplorasi telinga tengah juga merupakan pilihan untuk gangguan pendengaran yang signifikan

Penutup

Sebuah audiogram adalah komponen penting dari tes pendengaran, karena berisi informasi penting tentang kemampuan pendengaran seseorang dan kemungkinan gangguan pendengaran.

Mempunyai audiogram diperlukan untuk menentukan pendekatan dan pengobatan yang sesuai bagi seseorang dengan masalah pendengaran.

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!