Search
Close this search box.

Hearing Protection: Memilih Jenis Alat Pelindung Telinga dan Cara Memilihnya yang Tepat

Kita hidup di dunia yang bising. Beberapa suara bisa merusak pendengaran kita, menyebabkan kerusakan pendengaran, tinitus (denging di telinga), dan kesulitan berkomunikasi terutama di area kebisingan.

Kerusakan pendengaran permanen akibat kebisingan tidak dapat disembuhkan.

Jika Anda tidak dapat mengurangi paparan kebisingan dengan menurunkan volume, menjauh dari suara, atau membatasi waktu Anda yang terpapar, a;at pelindung telinga adalah satu-satunya pilihan Anda.

Tetapi perlindungan pendengaran hadir dalam begitu banyak gaya, bahan, warna, dan ukuran – bagaimana Anda bisa tahu mana yang terbaik untuk Anda?

Jenis-jenis Alat Pelindung Telinga

Berbagai alat pelindung telinga yang tersedia saat ini hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna — masing-masing dengan ilmu pengetahuan, fungsionalitas, dan tingkat perlindungan uniknya sendiri.

Namun, berikut adalah jenis-jenis alat pelindung pendengaran (HPDs) yang umumnya bisa Anda pilih saat ini:

1. Earmuffs

Earmuffs adalah hal umum bagi siapa pun seperti personel bandara, DJ, pembalap mobil balap, bahkan militer.

Dan mereka sangat berguna di sektor industri, konstruksi, dan manufaktur juga — karena cuping telinga mereka memberikan lapisan perlindungan tambahan untuk telinga luar Anda.

Sepasang earmuffs standar biasanya memberikan penurunan cukup untuk melindungi telinga Anda dari suara dengan pengukuran antara 70 hingga 85 dBA.

NRR tertinggi untuk earmuffs adalah 31, dan umumnya lebih baik untuk suara berfrekuensi tinggi.

Baca juga: Pentingnya Perawatan Telinga: 10 Tips Menjaga Kesehatan Pendengaran Anda

2. Earplugs

Sementara itu, earplugs dapat menawarkan NRR yang lebih tinggi dibandingkan pelindung telinga — yang tertinggi mencapai 33. Meskipun lebih kecil, mereka sebenarnya memberikan perlindungan lebih untuk telinga Anda.

Earplugs juga umumnya lebih nyaman dan memiliki profil yang lebih rendah. Sebagai contoh, earplugs bisa menyesuaikan dengan bentuk saluran telinga Anda.

Mereka biasanya tidak memerlukan ikatan kepala — yang membuat mereka ideal untuk musisi, penampil, atlet, dan siapa pun yang sedang bergerak dan/atau perlu mengenakan PPE lain seperti helm. Earplugs juga merupakan pilihan terbaik Anda saat berurusan dengan suara berfrekuensi rendah.

3. Headset

Jika lingkungan Anda bising dan memerlukan komunikasi berkelanjutan antar orang, pertimbangkanlah headset komunikasi satu atau dua arah.

Meskipun NRR mereka biasanya lebih rendah daripada pelindung telinga standar dan penutup telinga, mereka menawarkan tingkat komunikasi yang baru ketika suasana menjadi bising. Belum lagi, mereka dilengkapi dengan beberapa kemampuan pembatalan kebisingan dan lainnya juga.

4. DHP

Akhirnya, jika suara benar-benar sangat keras —maka Anda mungkin ingin memilih Double Hearing Protection (DHP).

Meskipun DHP tidak umum, hanya dengan menggabungkan earplugs dengan earmuffs bisa memberikan NRR hingga 36 — artinya Anda seharusnya baik-baik saja bahkan ketika tingkat kebisingan melebihi 95 dB(A).

Secara keseluruhan, jenis perlindungan pendengaran yang Anda pilih akan bergantung pada sejumlah faktor yang berbeda.

Memahami lingkungan Anda, opsi Anda, dan ilmu pengetahuan di baliknya akan memberi Anda gambaran yang baik tentang apa yang paling cocok untuk telinga Anda, memberikan perlindungan yang tepat.

Baca juga: Penyebab Dan Solusi Saat Telinga Tidak Jelas Mendengar

Cara Memilih Alat Pelindung Telinga yang Tepat untuk Anda

Mencegah kerusakan pendengaran merupakan kekhawatiran besar bagi pekerja dan pengusaha, dan perlindungan pendengaran adalah suatu keharusan.

Namun, memilih jenis alat pelindung telinga yang tepat bisa sulit – berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu.

1. Ketahui Seberapa Banyak Noise yang Harus Dikurangi

Sebuah posting blog oleh National Institute for Occupational Safety & Health (NIOSH) di situs web Centres for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa salah satu pertimbangan pertama dalam memilih perlindungan pendengaran adalah mengetahui apakah itu akan memblokir cukup suara untuk mengurangi paparan ke tingkat yang lebih aman.

Mereka mengatakan bahwa sebagian besar pekerja tidak memerlukan lebih dari 10 dB penurunan kebisingan untuk mencapai tingkat aman.

Hampir semua perlindungan pendengaran yang dipasang dengan benar dapat memberikan tingkat perlindungan tersebut.

Baca juga: Meningkatkan Kualitas Pendengaran Anda: 9 Cara Efektif Yang Perlu Dicoba

2. Pastikan Anda Merasa Nyaman Memakainya

Anda perlu berhati-hati agar tidak mengurangi tingkat kebisingan terlalu banyak, karena terlalu sedikit suara dapat membuat pekerja merasa terisolasi dan kurang sadar akan sekitar mereka.

Memang, pekerja perlu menyadari suara-suara di lokasi kerja – seperti instruksi atau peringatan dari supervisor atau rekan kerja.

NIOSH mengatakan bahwa Anda harus berusaha untuk mengurangi paparan kebisingan Anda menjadi 75 – 85 dBA untuk melindungi diri dari paparan kebisingan berbahaya namun juga tetap sadar akan sekitar mereka.

3. Pertimbangkan Kemudahan Mengenakannya

Dalam sebuah artikel untuk The Hearing Journal, Christi Themann mengatakan bahwa ketika berbicara tentang perlindungan pendengaran, juga penting untuk mempertimbangkan kenyamanan dan kemudahannya.

Memastikan alat pelindung telinga kompatibel dengan jenis pekerjaan yang akan Anda lakukan, pilihan tersebut sepenuhnya subjektif dan bergantung pada kenyamanan Anda.

Seperti halnya dengan sebagian besar (jika tidak semua) PPE, perlindungan hanya efektif jika Anda mengenakannya secara konsisten dan benar – dan pekerja akan melakukannya jika PPE mereka nyaman dan tidak mengganggu pekerjaan mereka.

Baca juga: Mengapa Telinga Tidak Bisa Mendengar? Penyebab Dan Solusinya

4. Perhatikan Situasi di Tempat Kerja Anda

Pusat Audiologi menyatakan bahwa meskipun perlindungan pendengaran efektif dalam mencegah kerusakan pendengaran yang tidak perlu dan meminimalkan risiko terjadinya kerusakan pendengaran akibat kebisingan.

Anda perlu mempertimbangkan lingkungan di mana mereka berada untuk menentukan jenis perlindungan pendengaran yang cocok untuk mereka.

5. Perhatikan Faktor Kebisingan di Tempat Tinggal Anda

Lebih lanjut dari poin sebelumnya, Pusat Audiologi mengatakan bahwa misalnya, jika Anda pindah dari pabrik ke lokasi konstruksi, Anda perlu mengubah jenis perlindungan pendengaran yang Anda kenakan karena ada perbedaan tidak hanya dalam tingkat kebisingan tetapi juga jenis kebisingan yang dihasilkan.

Pengusaha mungkin ingin berkonsultasi dengan ahli audiologi untuk membantu menilai lingkungan kerja mereka dan mengukur tingkat kebisingan untuk membantu mendapatkan informasi yang paling akurat yang akan membantu memilih perlindungan pendengaran terbaik untuk pekerja mereka.

6. Pastikan Alat Pelindung Telinga Cocok untuk Anda

Alat pelindung telinga harus memiliki Nilai Reduksi Kebisingan (NRR) yang akan memberikan indikasi kepada pengguna tentang tingkat penurunan kebisingan yang dapat mereka harapkan.

Selain itu, pekerja harus memastikan bahwa mereka melakukan uji fit terhadap perlengkapan mereka untuk memastikan bahwa itu benar-benar efektif.

NIOSH mengatakan jika uji fit tidak tersedia di tempat kerja, pekerja dapat memeriksa kecocokan penutup telinga.

Misalnya dengan menghitung keras-keras sambil perlahanmembentuk dan membuka tangan di atas telinga. Jika penutupan itu baik, suara Anda seharusnya terdengar hampir sama saat Anda membentuk dan membuka telinga Anda.

Baca juga: Mengatasi Masalah Alat Bantu Dengar Rusak: Panduan Lengkap

Penutup

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Produk Kami

Bagikan :

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024