Search
Close this search box.

10 Metode Ampuh Mengatasi Sakit Telinga Bisa Dilakukan di Rumah

Sakit telinga dapat menjadi pengalaman yang menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meskipun sebagian besar kasus sakit telinga bisa sembuh dengan sendirinya, ada beberapa pengobatan di rumah yang bisa membantu, seperti mengompres dengan air hangat atau dingin, menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas, atau mengubah posisi tidur.

10 Cara Mengatasi Sakit Telinga

Cara mengatasi sakit telinga Anda tergantung pada penyebab rasa sakit tersebut.

Jika sakit telinga Anda disebabkan oleh penumpukan lilin, Anda mungkin memerlukan tetes telinga untuk melunakkan lilin. Anda mungkin perlu membersihkan saluran telinga oleh tenaga kesehatan profesional.

Jika sakit telinga Anda disebabkan oleh infeksi telinga tengah, kemungkinan besar akan sembuh sendiri dalam waktu 7 hari dan biasanya tidak memerlukan antibiotik. Sampai rasa sakit membaik, Anda dapat menggunakan obat pereda nyeri sederhana seperti parasetamol atau ibuprofen.

Jika sakit telinga Anda disebabkan oleh infeksi telinga luar, Anda mungkin memerlukan resep tetes telinga antibiotik untuk mengobatinya. Tetes tersebut mungkin mengandung obat lain seperti steroid.

Jangan pernah mencoba untuk mengeluarkan sesuatu yang tertanam di dalam telinga sendiri — minta bantuan dokter Anda.

Penyebab Umum Sakit Telinga

Sakit telinga adalah keluhan umum, terutama pada anak-anak. Biasanya disebabkan oleh infeksi telinga bagian tengah atau telinga luar. Penyebab lain yang sering dari sakit telinga adalah:

  • Perubahan tekanan udara, misalnya saat naik atau turun pesawat
  • Benda asing di telinga cedera pada telinga atau gendang telinga
  • Penumpukan lilin telinga
  • Sakit telinga juga bisa disebabkan oleh masalah di bagian tubuh lain, seperti:

Nyeri yang dirujuk dari infeksi di dekat telinga, seperti sinusitis atau radang amandel masalah pada sendi rahang (disebut sendi temporomandibular atau TMJ) masalah gigi, seperti menggertak gigi atau infeksi gigi.

Baca juga: Rahasia Penyebab Umum Gangguan Pendengaran Pada Lansia

Pengobatan Mengatasi Sakit Telinga Bisa Dilakukan di Rumah

Berikut adalah 10 cara yang mungkin membantu Anda mengurangi rasa sakit Anda. Namun demikian, pengobatan dapat bergantung pada penyebabnya, jadi Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

1. Obat Pereda Nyeri di Apotek

Anda dapat menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen dan asetaminofen untuk mengendalikan rasa sakit yang terkait dengan infeksi telinga yang menyakitkan yang disebut otitis media akut (OMA).

Obat-obatan ini aman digunakan dengan atau tanpa antibiotik, tetapi pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis yang tertera pada label. Obat-obatan ini juga dapat membantu menurunkan demam.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang dosis yang sesuai untuk anak-anak. Versi khusus untuk anak-anak dan bayi tersedia untuk banyak obat pereda nyeri yang dijual bebas. Tidak aman bagi anak di bawah usia 16 tahun untuk mengonsumsi aspirin.

2. Kompres Dingin atau Hangat

Orang sering menggunakan kantong es atau kompres hangat, seperti bantal pemanas atau kain lap basah, untuk mengurangi rasa sakit. Hal yang sama dapat dilakukan untuk sakit telinga. Metode ini aman untuk anak-anak maupun dewasa.

Letakkan kantong es atau kompres hangat di atas telinga dan gantilah antara dingin dan hangat setelah 10 menit. Jika Anda lebih suka dingin atau hangat, Anda dapat menggunakan hanya satu kompres.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki beberapa sifat antibakteri, meskipun tidak ada bukti ilmiah yang kuat untuk membuktikan bahwa tetes minyak zaitun di saluran telinga Anda dapat meredakan sakit telinga.

Meskipun demikian, meneteskan beberapa tetes minyak zaitun yang dipanaskan ke telinga aman dan mungkin layak untuk dicoba.

Masih merupakan ide yang baik untuk mendiskusikan metode ini dengan dokter Anda terlebih dahulu, terutama untuk anak-anak.

Pastikan minyak zaitun tidak lebih hangat dari suhu tubuh Anda dengan menggunakan termometer. Hal ini akan membantu Anda menghindari membakar gendang telinga.

Baca juga: Tindakan Dan Larangan Penting Dalam Membersihkan Telinga Dengan Benar

4. Obat Tetes Telinga Alami

Tetes telinga alami dibuat dari ekstrak herbal. Mereka dapat ditemukan secara online dan di beberapa apotek.

Sebuah studi awal menemukan bahwa tetes yang mengandung ekstrak herbal dalam basis minyak zaitun bisa sama efektifnya, atau bahkan lebih, dibandingkan dengan tetes telinga OTC tradisional.

Sebuah studi lama pada tahun 2001 menemukan bahwa penggunaan tetes ini dapat menyebabkan peningkatan tingkat sakit telinga. Meskipun demikian, sebuah studi pada tahun 2019 menyarankan bahwa mereka tidak selalu membantu dalam mengobati infeksi telinga.

5. Perawatan Kiropraktik

Jika Anda pergi ke kiropraktor untuk penyesuaian, Anda mungkin akan merasa bahwa janji temu Anda dapat meredakan sakit telinga Anda sebanyak sakit punggung Anda.

Tidak banyak studi yang memeriksa efektivitas ini. Sebuah studi lama pada tahun 2011 menyarankan bahwa ini mungkin membantu, meskipun cara kerjanya tidak dipahami.

Efektivitasnya juga akan tergantung pada penyebab rasa sakit Anda, jadi ide bagus untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk diagnosis.

6. Tidur Tanpa Menekan Telinga

Beberapa posisi tidur dapat memperparah rasa sakit dari infeksi telinga, sementara beberapa posisi lainnya dapat membantu meredakannya.

Tidur dengan telinga yang terkena diangkat daripada menghadap ke bawah ke arah bantal. Hal ini dapat membantu telinga mengalir lebih baik jika diperlukan.

Anda juga dapat tidur dengan kepala sedikit terangkat dengan menggunakan bantal tambahan. Ini juga dapat membantu telinga mengalir lebih cepat.

7. Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi alami yang dapat membantu meredakan rasa sakit dari sakit telinga.

Oleskan jus jahe atau minyak yang sudah disaring yang dipanaskan dengan jahe di sekitar saluran telinga luar. Jangan langsung mengoleskannya ke dalam telinga.

8. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibiotik dan pereda nyeri. Rendam bawang putih yang sudah dihancurkan selama beberapa menit dalam minyak zaitun atau wijen yang hangat.

Saring bawang putih dan oleskan minyak ke saluran telinga.

9. Hidrogen Peroxide

Hydrogen Peroxide dapat digunakan sebagai obat alami untuk sakit telinga, terutama jika penyebabnya adalah penumpukan lilin.

Untuk menggunakan metode ini, teteskan beberapa tetes hidrogen peroksida ke telinga yang terkena. Biarkan selama beberapa menit sebelum membiarkannya mengalir ke wastafel. Bilas telinga Anda dengan air bersih, air suling.

Baca juga: Cara Aman Membersihkan Telinga Anda: Panduan Praktis Untuk Kesehatan Telinga

10. Istirahat

Tidur dan istirahat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit lainnya.

Sebaiknya jangan tidur dengan telinga yang terinfeksi — dan bukan hanya karena tidak nyaman. Meninggikan telinga yang terkena membuat lebih mudah bagi infeksi untuk mengalir keluar.

11. Cuka Apel

Cuka apel sering dianggap sebagai “obat andalan”, yang mungkin telah digunakan oleh nenek moyang Anda.

Meskipun memiliki aroma yang kuat dan rasa yang asam, cuka ini yang terbuat dari apel yang difermentasi memiliki banyak sifat penyembuhan.

Salah satu sifat ini adalah karakteristik antibakteri dan antijamur. Dikenal karena kemampuannya untuk melawan infeksi ragi kronis, cuka apel juga dapat mengatasi jamur yang dapat menyebabkan infeksi telinga.

Untuk menggunakan cuka apel untuk infeksi telinga, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Campur satu bagian cuka apel dengan satu bagian air.
  2. Rendam kapas dalam larutan tersebut.
  3. Letakkan kapas di telinga yang terkena dan biarkan selama lima menit atau lebih.
  4. Angkat kapas dan berbaringlah di sisi yang berlawanan agar cuka yang tersisa dapat mengalir dari telinga Anda.
  5. Keringkan telinga Anda dengan pengering rambut yang diatur pada suhu rendah.

Catatan: Jika Anda tidak memiliki cuka apel, Anda dapat menggunakan cuka putih. Jika Anda tahu bahwa lokasi infeksi Anda berada di tabung Eustachius, Anda juga dapat mencoba berkumur dengan cuka apel.

12. Daun Kemangi

Daun Kemangi Kemangi adalah tanaman herbal dengan banyak manfaat terapeutik. Kemangi kaya akan antioksidan dan juga mengandung sifat antibakteri yang kuat.

Untuk menggunakan kemangi, hancurkan lima lembar kemangi segar dengan sangat lembut untuk mengeluarkan jusnya.

Oleskan jus kemangi pada dan di sekitar telinga yang terkena. Hati-hati untuk tidak memasukkan jus ke dalam saluran telinga.

Sebagai alternatif, campurkan beberapa tetes minyak kemangi dengan jumlah yang sama minyak kelapa dan rendam kapas bola kapas dalam campuran tersebut.

Lap lembut bagian dalam telinga, di sekitar bagian luar telinga, dan di belakang telinga dengan campuran tersebut.

13. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh memiliki sejumlah sifat terapeutik yang luar biasa termasuk; antibakteri, antiseptik, antivirus, antimikroba, fungisida, insektisida, balsam, ekspektoran, dan stimulan.

Semua sifat ini membuat minyak pohon teh menjadi obat herbal yang sangat baik untuk digunakan ketika Anda mengalami sakit telinga atau infeksi.

Campurkan beberapa tetes minyak dengan satu sendok makan minyak zaitun dan panaskan sedikit. Isi pipet bersih dengan campuran tersebut dan teteskan ke telinga yang terinfeksi.

Berbaringlah dengan sisi tubuh Anda dengan minyak di telinga Anda selama sekitar tiga menit. Putar kepala Anda untuk mengalirkan minyak keluar. Ulangi setiap hari sampai rasa sakit mereda.

Baca juga; Langkah-Langkah Efektif Mengobati Infeksi Telinga Dengan Benar

14. Tetap Terhidrasi

Meminum lebih banyak air atau cairan lainnya dapat membantu Anda merasa lebih baik jika Anda mengalami infeksi telinga.

Selain air, pilihan minuman yang baik termasuk kopi atau teh tanpa tambahan, air bersoda atau beraroma, susu atau alternatif susu, atau jus sayuran 100%.

Beberapa gejala infeksi telinga, seperti demam, dapat menyebabkan Anda kehilangan cairan, sehingga mengganti cairan yang hilang agar Anda terhindar dari dehidrasi sangat penting.

15. Tulsi

Tulsi dikenal sebagai ‘Elixir of life’ dalam Ayurveda karena digunakan untuk mengelola banyak kondisi.

Ini juga disebut sebagai kemangi suci, sejenis herba aromatik yang penting secara medis. Ini memiliki tindakan pengurangan peradangan bersama dengan tindakan terapeutik lainnya.

Oleh karena itu, untuk meredakan sakit telinga, tulsi dapat digunakan sebagai tetes telinga.

Untuk membuat tetes telinga dari tulsi, Anda hanya perlu mengambil beberapa daun tulsi dan menghancurkannya untuk mendapatkan jus; jus ini dapat digunakan sebagai tetes telinga.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya di telinga Anda.

Apa yang harus dihindari?

Anda sebaiknya menghindari penggunaan obat penghilang sumbat hidung dan antihistamin saat mencoba mengobati infeksi telinga.

Tidak ada penelitian yang mendukung penggunaan obat-obatan tersebut untuk meredakan atau mengobati infeksi telinga. Obat batuk dan pilek—yang biasanya mengandung penghilang sumbat hidung atau antihistamin—tampaknya tidak mengobati atau mengurangi komplikasi infeksi telinga pada anak-anak.

Pedoman klinis bahkan menganjurkan penyedia layanan kesehatan untuk tidak merekomendasikan penggunaan obat penghilang sumbat hidung dan antihistamin kepada pasien mereka.

Penutup

Dapatkan pengalaman mendengar yang luar biasa dengan Brilliant Hearing!

Sebagai pusat alat bantu dengar berkualitas, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan garansi untuk memastikan kepuasan Anda.

Kami hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga kualitas dan kenyamanan dapat dinikmati oleh semua orang. Kunjungi Brilliant Hearing sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendengaran Anda!

Produk Kami

Bagikan :

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024