Search
Close this search box.

Lindungi Telinga Anda: 4 Lokasi Bising yang Perlu Diwaspadai

Lindungi Telinga Anda: 4 Lokasi Bising yang Perlu Diwaspadai

Gangguan pada indera pendengaran dapat terjadi karena berbagai faktor penyebab, salah satunya paparan kebisingan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mewaspadai lokasi bising yang berisiko merusak indera pendengaran. 

Kebanyakan penderita gangguan pendengaran tidak menyadari jika dirinya mengalami gangguan pendengaran. Hal tersebut juga terjadi pada penderita gangguan pendengaran akibat paparan kebisingan. 

Suara yang terlalu keras dapat menyebabkan indera pendengaran terganggu. Namun, sayangnya banyak orang yang tidak menyadari dampak dari paparan suara yang terlalu keras ini. 

Apabila Anda sering terpapar suara yang nyaring atau keras dan berada di tempat tersebut cukup lama, fungsi pendengaran Anda berisiko mengalami penurunan. Untuk mencegah terjadinya gangguan pendengaran akibat kebisingan, Anda perlu mengetahui lokasi bising yang dapat merusak telinga Anda. 

Satu hal yang perlu Anda ingat, batas aman tingkat kebisingan suara yang bisa diterima oleh telinga manusia adalah 80 desibel. Apabila Anda mendengar suara dengan intensitas 80 desibel selama 24 jam, suara tersebut masih bisa dikatakan aman untuk telinga. Namun, apabila intensitas suara mencapai lebih dari 80 desibel, suara tersebut dapat merusak indera pendengaran bahkan bisa menyebabkan ketulian yang bersifat permanen. 

lokasi bising

Lokasi Bising

Ada beberapa lokasi yang memiliki tingkat kebisingan lebih dari 80 desibel. Lokasi bising tersebut akan mengganggu bahkan merusak pendengaran Anda. 

Lalu, dimanakah lokasi-lokasi bising itu? Simak penjelasan berikut ini, ya. 

1. Konser Musik

Lokasi bising yang pertama adalah konser musik. Apakah Anda orang yang suka dan sering menghadiri konser musik?

Apabila Anda suka pergi ke konser musik, Anda perlu berhati-hati dengan kondisi kesehatan telinga Anda. Sebab, tingkat kebisingan di konser musik bisa mencapai lebih dari 100 desibel. 

Apalagi jika konser yang Anda datangi adalah konser musik rock dengan suara yang amat keras dan Anda duduk atau berdiri tepat di dekat speaker. 

2. Angkutan Umum yang Penuh Musik

Lokasi bising kedua yaitu ketika Anda berada di angkutan umum yang penuh musik. Beberapa contoh angkutan umum yang penuh musik adalah angkutan umum di Kupang, Sorong, Padang, dan Ternate. Biasanya, angkutan-angkutan umum di sana dipasangi musik dengan volume suara yang hampir mencapai batas maksimal. 

Hasil pengukuran menunjukkan jika tingkat kebisingan angkutan umum di Sorong bisa mencapai hingga 110 desibel. Sementara itu, telinga manusia hanya bisa tahan terhadap suara lebih dari 100 desibel dalam 5 menit saja. 

3. Bengkel Sekolah

Lokasi bising ketiga adalah bengkel sekolah. Biasanya, sekolah menengah kejuruan teknik akan mengadakan praktik dengan menggunakan mesin-mesin bersuara keras. Mesin-mesin tersebut memiliki tingkat kebisingan mencapai lebih dari 80 desibel. 

Agar telinga tidak rusak, seharusnya para pelajar menggunakan penutup telinga ketika menggunakan mesin-mesin tersebut. Namun sayangnya, beberapa sekolah tidak menyediakan fasilitas penutup telinga ini untuk para pelajarnya. 

4. Tempat Bermain Anak di Mall

Lokasi bising yang terakhir yaitu tempat bermain anak di mall. Tempat bermain anak di mall biasanya dipasangi musik dengan volume keras dan seringkali beberapa anak berteriak. 

Oleh karena itu, tidak heran jika tempat bermain ini memiliki tingkat kebisingan mencapai 96,1 desibel. Bahkan beberapa mesin permainan memiliki tingkat kebisingan mencapai 101,3 hingga 128 desibel. 

Anda hanya dianjurkan untuk berada di tempat dengan kebisingan 100 desibel dalam kurun waktu 15 menit saja. Apabila lebih dari itu, maka suara tersebut berpotensi merusak pendengaran Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering dan terlalu lama mengajak anak ke tempat bermain di mall. 

Tanda-Tanda Anda Mengalami Gangguan Pendengaran

Apakah Anda sering pergi ke tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas? Cobalah untuk membatasi diri agar tidak terlalu sering pergi ke tempat-tempat tersebut. 

Selain itu, Anda juga harus lebih memperhatikan kesehatan pendengaran Anda. Apabila Anda merasa pendengaran mulai menurun, segera periksakan telinga Anda ke dokter THT. 

Berikut ini adalah beberapa tanda gangguan pendengaran yang perlu Anda waspadai. Apabila Anda merasakan gejala seperti di bawah ini, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. 

  • Merasa kesulitan mendengar perkataan orang lain dengan jelas, terutama ketika berdiskusi dengan banyak orang atau berada di keramaian. 
  • Bingung menentukan arah sumber suara.
  • Sering meminta lawan bicara untuk mengulang perkataannya. 
  • Mendengarkan musik atau menonton televisi dengan volume suara yang keras. 
  • Kesulitan untuk mendengar dering telepon atau bel pintu. 
  • Merasa lelah atau stres karena harus berkonsentrasi saat mendengarkan. 
  • Sulit untuk mendengarkan huruf konsonan tertentu, misalnya “S”, “F”, dan “T”.

Penutup

Itu dia beberapa lokasi bising yang harus Anda waspadai untuk menjaga kesehatan pendengaran Anda. Namun, beberapa dari Anda mungkin tidak bisa menghindari lokasi tersebut. 

Oleh karena itu, cara yang bisa Anda lakukan agar suara-suara di tempat tersebut tidak merusak pendengaran Anda adalah dengan menggunakan penutup telinga atau dengan tidak terlalu lama berada di tempat tersebut. 

Bagi Anda yang sedang mencari alat bantu dengar, Anda bisa mengunjungi pusat jual alat bantu dengar. Ada banyak pilihan alat bantu dengar dengan harga terjangkau. Dengan mengedepankan kualitas, alat bantu dengar disini dirancang untuk memberikan kualitas suara yang luar biasa dan tentunya mudah dioperasikan oleh penggunanya. 

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!