Bagaimana Memilih Alat Bantu Dengar yang Sesuai dengan Gaya Hidup dan Kebutuhan Medis?

Kehilangan pendengaran adalah masalah kesehatan yang umum terjadi di seluruh dunia, terutama pada orang yang lebih tua. Ini dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang dan mengganggu interaksi sosial serta aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, alat bantu dengar adalah solusi yang umum digunakan untuk membantu orang dengan kehilangan pendengaran.

Jenis-jenis alat bantu dengar

Ada beberapa jenis alat bantu dengar yang tersedia di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis alat bantu dengar yang umum digunakan:

  1. Tipe in-the-ear (ITE)
    Alat bantu dengar tipe ini cocok untuk orang dengan kehilangan pendengaran ringan sampai sedang. ITE ditempatkan di dalam telinga dan bisa disesuaikan dengan warna kulit agar lebih terlihat natural.
  2. Tipe behind-the-ear (BTE)
    Alat bantu dengar tipe BTE adalah jenis yang paling umum digunakan. Alat ini terdiri dari sebuah tabung kecil yang ditempatkan di belakang telinga dan sebuah earmold yang ditempatkan di dalam telinga. BTE cocok untuk orang dengan kehilangan pendengaran ringan sampai berat.
  3. Tipe receiver-in-canal (RIC)
    Alat bantu dengar tipe RIC mirip dengan BTE, namun alat ini lebih kecil dan lebih diskret. RIC juga disebut sebagai alat bantu dengar open-fit, karena tidak menutup seluruh telinga. Tipe RIC cocok untuk orang dengan kehilangan pendengaran ringan sampai sedang.
  4. Tipe in-the-canal (ITC)
    Alat bantu dengar jenis ini ditempatkan di dalam telinga dan lebih kecil dari ITE. ITC cocok untuk orang dengan kehilangan pendengaran ringan sampai sedang.
  5. Tipe completely-in-canal (CIC)
    Alat bantu dengar tipe CIC adalah yang paling kecil dan paling tidak terlihat. Alat ini ditempatkan jauh di dalam saluran telinga dan cocok untuk orang dengan kehilangan pendengaran ringan sampai sedang.

Dalam memilih jenis alat bantu dengar yang tepat, penting untuk mempertimbangkan tingkat kehilangan pendengaran dan gaya hidup seseorang. Konsultasikan dengan profesional medis untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih alat bantu dengar

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih alat bantu dengar yang tepat. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan:

  1. Tingkat kehilangan pendengaran
    Tingkat kehilangan pendengaran seseorang dapat mempengaruhi jenis alat bantu dengar yang direkomendasikan. Orang dengan kehilangan pendengaran berat mungkin memerlukan alat bantu dengar yang lebih kuat dan memiliki fitur-fitur khusus untuk membantu mereka mendengar dengan lebih jelas.
  2. Gaya hidup
    Gaya hidup seseorang juga perlu dipertimbangkan dalam memilih alat bantu dengar. Orang yang aktif dan sering berolahraga mungkin memerlukan alat bantu dengar yang tahan terhadap keringat dan air. Sementara itu, orang yang sering berkegiatan sosial mungkin memerlukan alat bantu dengar yang lebih estetis.
  3. Kebutuhan medis
    Beberapa orang mungkin memiliki kebutuhan medis khusus yang perlu dipertimbangkan dalam memilih alat bantu dengar. Misalnya, orang dengan tinnitus atau masalah telinga lainnya mungkin memerlukan alat bantu dengar dengan fitur khusus yang dapat membantu mengurangi gejala-gejala tersebut.
  4. Ketersediaan fitur yang diinginkan
    Alat bantu dengar modern memiliki berbagai fitur, seperti pengurangan kebisingan, konektivitas Bluetooth, dan kontrol suara yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pengguna. Penting untuk mempertimbangkan fitur-fitur tersebut dan memilih alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi.
  5. Budget
    Harga alat bantu dengar dapat bervariasi tergantung pada jenis dan fitur yang ditawarkan. Penting untuk menentukan anggaran yang tersedia dan memilih alat bantu dengar yang sesuai dengan budget.

Mempertimbangkan faktor-faktor di atas dapat membantu seseorang memilih alat bantu dengar yang tepat untuk kebutuhan mereka. Namun, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis sebelum membeli alat bantu dengar.

Konsultasi dengan profesional medis

Sebelum memutuskan untuk membeli alat bantu dengar, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis terlebih dahulu. Berikut adalah dua jenis profesional medis yang dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang alat bantu dengar yang tepat:

  1. Audiologis
    Audiologis adalah ahli medis yang spesialis dalam masalah pendengaran. Mereka dapat melakukan tes pendengaran untuk menentukan tingkat kehilangan pendengaran seseorang dan merekomendasikan alat bantu dengar yang sesuai. Audiologis juga dapat membantu dengan penyesuaian dan pengaturan alat bantu dengar.
  2. Dokter THT
    Dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang alat bantu dengar yang tepat. Mereka dapat mengevaluasi kondisi telinga dan memastikan bahwa alat bantu dengar yang dipilih aman dan sesuai dengan kebutuhan medis seseorang.

Baca juga : Kiat Memilih Alat Bantu Dengar yang Nyaman saat Digunakan

Jika Anda memerlukan alat bantu dengar, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis seperti audiologis atau dokter THT. Mereka dapat membantu menentukan jenis alat bantu dengar yang tepat untuk tingkat kehilangan pendengaran Anda dan memberikan saran tentang fitur-fitur yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup Anda. Selain itu, pastikan untuk mempertimbangkan gaya hidup Anda, kebutuhan medis, dan budget Anda dalam memilih alat bantu dengar yang tepat. Terakhir, ingatlah untuk selalu merawat alat bantu dengar Anda dengan baik agar dapat digunakan dengan optimal dan tahan lama.

Temukan Produk Alat Bantu Dengar terbaik

Brilliant Hearing hadir  untuk menyediakan alat bantu dengar bagi individu dari segala usia dan menghubungkan generasi melalui komunikasi yang lebih baik. Kami memahami bahwa gangguan pendengaran dapat mengisolasi dan mencegah individu untuk berpartisipasi penuh dalam percakapan dan aktivitas, terutama dengan orang yang dicintai dari generasi yang berbeda. Itulah mengapa kami berkomitmen untuk menyediakan solusi pendengaran yang dapat dipersonalisasi dan membantu menjembatani kesenjangan komunikasi.

Cek produk kami :

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya