Search
Close this search box.

Gejala Meniere: Vertigo dan Telinga Berdenging

Gejala Meniere: Vertigo dan Telinga Berdenging

Vertigo memang dapat muncul sebagai manifestasi dari beberapa penyakit, termasuk penyakit Meniere. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala yang sangat mengganggu, seperti telinga berdenging, karena disebabkan oleh kelainan pada telinga bagian dalam.

Pada tingkat keparahan yang lebih tinggi, penyakit ini dapat mengakibatkan gejala yang lebih serius daripada telinga berdenging, seperti kehilangan pendengaran atau sensasi tenggelam dalam pendengaran.

Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini dapat berpotensi menyebabkan kehilangan pendengaran permanen.

Berikut penjelasan lebih jauh mengenai gejala Meniere, mulai dari vertigo hingga telinga berdenging dari Brilliant Hearing

Penyakit Meniere

Penyakit Meniere adalah suatu kondisi yang melibatkan kelainan atau gangguan pada telinga bagian dalam.

Kondisi ini dapat menimbulkan gejala yang signifikan seperti tinnitus (denging di telinga), vertigo, sensasi penuh di telinga, hingga kehilangan pendengaran.

Meskipun belum terdapat pengobatan yang sepenuhnya efektif, namun terdapat beberapa opsi perawatan yang dapat dipertimbangkan, termasuk pemberian obat, terapi fisik, penggunaan alat bantu dengar, hingga tindakan operatif.

Cek Jika Anda Memiliki Penyakit Meniere

Gejala penyakit Meniere bisa datang dan pergi.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Ketika Anda mengalami gejala, mereka muncul secara tiba-tiba dan dapat berlangsung antara beberapa menit hingga 24 jam. Beberapa orang mungkin mengalami gejala lebih sering daripada yang lain.

Gejala meliputi:

  1. Rasanya seperti segala sesuatunya berputar (vertigo)
  2. Kehilangan keseimbangan
  3. Telinga berdenging
  4. Tinnitus
  5. Kehilangan pendengaran dan merasa tertekan
  6. Nyeri di dalam telinga
  7. Beberapa kali muntah
  8. Pendengaran mulai memburuk

Kalau masih tidak yakin jika ini adalah gejala Meniere, bagaimana?

Jika Anda tidak yakin itu adalah penyakit Ménière Mengalami gejala-gejala ini tidak berarti Anda pasti mengidap penyakit Ménière.

Kondisi-kondisi lain yang dapat memiliki gejala serupa meliputi:

  1. Infeksi telinga labyrinthitis
  2. Neuritis verstibular

Penjelasan Lebih Jauh Gejala Meniere

Penjelasan lebih lengkap mengenai gehala Meniere yang umum terjadi:

1. Vertigo

Jika Anda mengalami penyakit Meniere, Anda mungkin akan merasakan sensasi berputar yang muncul secara mendadak dan kemudian hilang begitu saja.

Pusing bisa datang tanpa peringatan, dan durasinya biasanya berkisar antara 20 menit hingga 12 jam, meskipun tidak melebihi 24 jam. Pusing yang parah dapat memicu rasa mual, yang dapat memberikan dampak negatif pada kesejahteraan sehari-hari dan kualitas hidup seseorang.

Baca juga: Tips Meredakan Gejala Vertigo

2. Kehilangan Pendengaran 

Kehilangan pendengaran adalah salah satu gejala khas penyakit Ménière yang seringkali menghantui penderitanya.

Gejala ini memiliki ciri khasnya, di mana kehilangan pendengaran bisa datang dan pergi, terutama pada tahap awal perkembangan penyakit ini.

Penderita seringkali mengalami fluktuasi pendengaran, di mana kemampuan pendengaran mereka dapat memburuk secara tiba-tiba dan kemudian membaik dalam rentang waktu tertentu.

Meski pada awalnya mungkin terasa sebagai ketidaknyamanan sesaat, seiring berjalannya waktu, kehilangan pendengaran dapat menjadi lebih berlangsung lama dan sulit untuk mengalami perbaikan.

3. Telinga Berdenging

Fenomena berdengung di telinga, yang lebih dikenal dengan istilah tinnitus, adalah suatu keadaan yang sering dihadapi oleh penderita penyakit Meniere.

Tinnitus merujuk pada momen di mana seseorang mendengar suara yang berupa berdering, berdecit, gemuruh, siulan, atau desisan di dalam telinga mereka.

Suara ini dapat bersifat konstan atau muncul secara periodik, dan intensitasnya dapat bervariasi dari yang ringan hingga mengganggu.

Tinnitus dapat menjadi tantangan serius dalam kehidupan sehari-hari, karena suara yang terus-menerus atau berulang dapat mengganggu fokus, tidur, dan kenyamanan secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Mengatasi Telinga Berdengung Akibat Kebisingan Di Tempat Kerja

4. Sensasi Tekanan di Telinga

Sensasi tekanan di telinga, yang sering dialami oleh individu yang menderita penyakit Ménière, menjadi salah satu aspek yang mencirikan gejala kompleks penyakit ini.

Sensasi ini, yang sering disebut sebagai sensasi telinga penuh, memberikan pengalaman ketidaknyamanan yang dapat memengaruhi kenyamanan dan kualitas hidup sehari-hari penderitanya.

Sensasi telinga penuh ini mungkin terasa seperti adanya tekanan atau keberatan di dalam telinga, dan dapat bersifat ringan hingga intens tergantung pada kondisi kesehatan dan tingkat keparahan penyakit Ménière pada masing-masing individu.

Penyebab Timbulnya Gejala Meniere

Penyakit Meniere mungkin disebabkan oleh penumpukan cairan di telinga bagian dalam. Hal ini memengaruhi sel-sel yang bertanggung jawab atas keseimbangan dan pendengaran.

Belum diketahui mengapa penumpukan ini terjadi. Ini mungkin sebagai hasil dari masalah telinga, infeksi, atau cedera.

Penyakit Ménière paling umum terjadi pada orang-orang di usia 40-an dan 50-an. Beberapa orang menemukan bahwa gejala mereka lebih parah selama periode menstruasi atau dalam situasi stres, tetapi hal ini belum terbukti.

Bagaimana Mendeteksi Gejala Meniere?

Tidak ada tes yang dapat memastikan bahwa Anda mengidap penyakit Ménière, namun pemeriksaan penting dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain dari gejala yang Anda alami.

Jika Anda menganggap diri Anda mengalami gejala penyakit Ménière, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Mereka akan melakukan pemeriksaan fisik, menanyakan tentang gejala yang Anda alami, dan mungkin merujuk Anda untuk melakukan tes pendengaran, tes keseimbangan, dan pemeriksaan sinar-X.

Bagaimana Mencegah Meniere?

Karena penyakit Ménière bersifat tidak terduga dan dapat memengaruhi keseimbangan dan pendengaran, Anda mungkin perlu mengubah beberapa aktivitas harian Anda. Berhati-hatilah saat memanjat tangga, berenang, atau mengoperasikan mesin berat.

Belum jelas apakah penyakit Ménière dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengemudi. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai kemampuan mengemudi, dan apakah Anda perlu memberi tahu otoritas lalu lintas di negara bagian Anda.

Brilliant Hearing adalah Pusat Alat Bantu Dengar Berkualitas dengan produk bergaransi dan harga terjangkau. Kami menyediakan berbagai opsi alat bantu dengar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!