Search
Close this search box.

Manfaat Musik sebagai Penghilang Stres

Manfaat Musik sebagai Penghilang Stres

Musik favorit kita tampaknya mampu memberi semangat sebelum momen penting, menenangkan kita ketika kita sedang kesal, dan hampir segala sesuatu di antaranya.

Tetapi apakah ada penjelasan ilmiah untuk hal ini? Ternyata ada!

Penelitian kontemporer menunjukkan bahwa musik memiliki kekuatan signifikan untuk membantu mengurangi stres dan kecemasan, meredakan rasa sakit, dan meningkatkan fokus, di antara banyak manfaat lainnya.

Sepanjang waktu dan ruang, musik telah berhasil menjadi alat untuk meredakan stres. Meskipun beberapa jenis musik seperti klasik dan ambient telah lama diteliti karena efek menenangkan mereka, mendengarkan musik favorit pribadi Anda dari berbagai genre juga memiliki manfaat.

Berikut penjelasan lebih jauh mengenai manfaat musik dari Brilliant Hearing

Manfaat Musik bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Sepanjang waktu dan ruang, musik telah sukses besar sebagai alat untuk meredakan stres.

Meskipun beberapa jenis musik seperti klasik dan ambient telah lama diteliti karena efek menenangkan mereka, mendengarkan musik favorit pribadi Anda dari berbagai genre juga memiliki manfaat.

Sebuah tinjauan penelitian tentang musik dan stres pada tahun 2020 menyarankan bahwa mendengarkan musik dapat:

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

menurunkan detak jantung dan tingkat kortisol melepaskan endorfin dan meningkatkan rasa kesejahteraan mengalihkan perhatian kita, mengurangi tingkat stres fisik dan emosional mengurangi gejala yang terkait dengan stres, baik digunakan di lingkungan klinis atau dalam kehidupan sehari-hari

Baca juga: Kaitan Antara Stres Dan Kesehatan Telinga

1. Tingkat Kortisol Menurun

Studi terbaru tahun 2021 menunjukkan bahwa orang dewasa yang mendengarkan musik pilihan pribadi maupun musik netral, baik di rumah maupun di lingkungan laboratorium, mengalami “penurunan tingkat kortisol” yang signifikan. Hal ini ditemukan tanpa memandang jenis musik.

2. Pengobatan Kesehatan Mental

Sebuah tinjauan terhadap 349 penelitian mengenai kegunaan musik sebagai pengobatan kesehatan mental untuk kondisi seperti skizofrenia, gangguan bipolar, dan depresi mayor, menemukan bahwa 68,5% dari intervensi berbasis musik memberikan hasil positif.

3. Mengurangi Burnout

Terapi musik juga memberikan manfaat signifikan dalam mencegah burnout pada staf ruang operasi. Studi selama 6 minggu menunjukkan bahwa setelah memiliki akses ke sesi mendengarkan musik selama 30 menit setiap hari di tempat kerja selama sebulan, staf melaporkan tingkat stres yang berkurang dan kelelahan emosional yang lebih sedikit.

4. Membantu Tidur

Sebanyak 62%Trusted Source responden dalam survei tahun 2018 melaporkan bahwa mereka menggunakan musik (dari berbagai genre) untuk membantu mereka tidur.

Terutama karena musik membuat mereka rileks dan mengalihkan perhatian dari stres sehari-hari. Orang yang kurang menggunakan musik cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih rendah.

5. Mengurangi Depresi

Sebanyak 62%Trusted Source responden dalam survei tahun 2018 melaporkan bahwa mereka menggunakan musik (dari berbagai genre) untuk membantu mereka tidur.

Musik akan membuat mereka rileks dan mengalihkan perhatian dari stres sehari-hari. Orang yang kurang menggunakan musik cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih rendah.

6. Mengurangi Kecemasan pada Anak-anak

Sebanyak 62%Trusted Source responden dalam survei tahun 2018 melaporkan bahwa mereka menggunakan musik (dari berbagai genre) untuk membantu mereka tidur.

Musik dipercaya dapat membuat mereka rileks dan mengalihkan perhatian dari stres sehari-hari. Orang yang kurang menggunakan musik cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih rendah.

7. Membantu Orang-orang Menghadapi Pandemi

Sebuah surveiTrusted Source yang melibatkan lebih dari 5.600 responden dari 11 negara menunjukkan bahwa musik telah memainkan peran yang sangat penting selama pandemi COVID-19.

Musik sangat membantu orang-orang mengatasi masa lockdown, dan mencapai tujuan kesejahteraan mereka di berbagai budaya, usia, dan gender.

8. Membantu Meningkatkan Kualitas Hidup Seseorang dengan Alzheimer

Terutama ketika dicoba dalam bentuk daftar putar pribadi untuk relaksasi, penelitian menunjukkan bahwa intervensi musik dapat memiliki efek positif pada perilaku dan kognisi orang dengan penyakit Alzheimer, meningkatkan kualitas hidup.

Kapan Mendengarkan Musik?

Salah satu manfaat menggunakan musik untuk mengatasi stres adalah bahwa ini mudah disesuaikan dengan jadwal Anda.

Lagu favorit Anda bisa menjadi latar belakang yang menenangkan dalam hidup Anda dan membuat kegiatan sehari-hari lebih menyenangkan.

Berikut adalah beberapa contoh kapan mendengarkan musik dapat membantu meredakan stres, meningkatkan mood, dan meningkatkan fokus Anda.

1. Jadikan Bagian dari Rutinitas di Pagi Hari 

Rutinitas pagi Anda menentukan suasana untuk sisa hari Anda. Memutar musik saat mandi, berpakaian, dan membuat sarapan dapat membantu Anda memulai hari dengan lebih santai.

Musik klasik atau instrumental dapat membantu Anda memasuki suasana hati yang tenang dan fokus jika Anda memiliki hari yang sibuk. Jika Anda bangun dengan suasana hati yang kurang baik, mendengarkan beberapa lagu pop yang ceria dapat meningkatkan mood Anda.

2. Saat Belajar dan Bekerja

Beberapa orang membutuhkan kesunyian total untuk fokus, tetapi jika Anda suka sedikit latar belakang berisik, coba dengarkan musik saat Anda bekerja atau belajar.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan perhatian dan mungkin membantu Anda menjadi lebih produktif.

Jika Anda stres karena tenggat waktu atau proyek besar, musik juga dapat membantu Anda merasa sedikit lebih tenang.

Cobalah dengan berbagai genre, gaya, dan tempo musik untuk mengetahui mana yang membantu Anda paling baik.

Baca juga: Sering Memakai Headset? Ini Bahaya Jika Terlalu Lama Memakai Headset

3. Saat lagi Beres-beres

Mengunjungi toko kelontong, menjemput anak-anak dari kegiatan sekolah, dan menyelesaikan semua hal yang ada di daftar tugas Anda bisa menjadi pekerjaan yang membuat Anda merasa lelah.

Jika berlari-lari tanpa henti membuat jantung Anda berdegup kencang, coba dengarkan musik yang Anda anggap menenangkan.

Memiliki musik sebagai latar belakang tidak akan membuat daftar tugas Anda menjadi lebih singkat, tetapi bisa membuat waktu terasa berjalan lebih cepat dan bahkan membuatnya terasa sedikit menyenangkan.

Kesimpulan

Mendengarkan musik favorit Anda memiliki manfaat lebih dari yang Anda sadari. Ini juga aman, hemat biaya, dan tersedia secara luas.

Musik tentu bukan obat ajaib, juga bukan pengganti terapi, obat, operasi, atau perawatan medis lainnya. Namun, musik dapat menjadi elemen penting dalam kesejahteraan dan perawatan diri Anda setiap hari, serta menjadi mitra yang membantu mengatasi kondisi kesehatan yang lebih akut.

Brilliant Hearing adalah Pusat Alat Bantu Dengar Berkualitas dengan produk bergaransi dan harga terjangkau. Kami menyediakan berbagai opsi alat bantu dengar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

 

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!