Search
Close this search box.

Stimulasi Bicara pada Anak: Cara Agar Anak Cepat Bicara

Stimulasi Bicara pada Anak: Cara Agar Anak Cepat Bicara

Kemampuan anak untuk bicara merupakan saat-saat yang paling dinanti oleh orang tua. Orang tua dapat menerapkan beberapa cara agar anak cepat bicara. 

Kemampuan berbicara yang fasih akan membantu anak untuk bisa mengekspresikan atau mengkomunikasikan pikiran dan perasaannya. Agar anak bisa berbicara dengan fasih, tentu orang tua memiliki peran yang sangat penting. 

cara agar anak cepat bicara

Cara Agar Anak Cepat Bicara

Tahukah Anda? Anak-anak mulai belajar untuk berbicara dimulai dengan mendengarkan orang di sekitarnya ketika berbicara atau ketika mengajaknya berbicara. 

Umumnya, anak-anak bisa mulai bicara menggunakan kata-kata atau kalimat pendek yang dapat dipahami dan bisa diajak untuk berkomunikasi dua arah ketika menginjak usia 2,5 tahun hingga 3 tahun. 

Namun, satu hal yang perlu Anda ingat, setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda. Mungkin ada anak yang bisa berbicara dengan fasih meskipun usianya masih kecil, tetapi ada juga anak yang butuh latihan hingga akhirnya bisa menjadi lebih percaya diri untuk berbicara. 

Lalu, bagaimana caranya melatih anak untuk berbicara? Berikut ini adalah beberapa cara agar anak cepat bicara yang bisa Anda lakukan. 

1. Mengajak Anak untuk Bicara

Cara agar anak cepat bicara yang pertama yaitu dengan rutin mengajaknya berbicara. Namun, sadar atau tidak, sebenarnya mengajak anak untuk berbicara ini sudah dilakukan oleh orang tua sejak bayi baru lahir. 

Meskipun anak belum bisa berbicara, penting bagi orang tua untuk mengajak anak berbicara. Ketika orang tua berbicara dan mengekspresikan diri, anak akan semakin mudah untuk belajar bicara dan berinteraksi. 

Anda bisa mengajak anak untuk bicara kapanpun dan dimanapun. Misalnya ketika menyiapkan atau memberikan makan, memandikan, memakaikan pakaian, dan sebagainya. 

Anda bisa membicarakan apa saja yang terlintas di pikiran. Namun, ingatlah untuk menggunakan kata-kata yang sederhana dan kalimat pendek. 

Ketika Anda mengajak anak berbicara, mereka mungkin akan mengeluarkan suara atau ocehan. Ketika mereka memberikan respon seperti itu, Anda bisa menanggapinya. Anda bisa menggunakan gestur atau mimik muka yang ekspresif untuk memancing anak agar tertawa. 

2. Hindarilah Menggunakan Bahasa Bayi

Cara agar anak cepat bicara yang kedua yaitu dengan menghindari untuk menggunakan bahasa bayi ketika berbicara dengan anak. 

Ketika anak menggunakan bahasa bayi yang salah, Anda tidak perlu untuk mengoreksinya. Anda bisa menanggapi anak dengan menggunakan kata yang tepat..  

3. Menggunakan Bahasa Isyarat

Anda juga bisa menggunakan bahasa isyarat untuk melatih anak berbicara. Namun, jangan khawatir, Anda tidak perlu fasih bahasa isyarat karena Anda bisa menggunakan sejumlah isyarat dasar. Misalnya isyarat makan atau minum. 

Biasanya, anak kecil lebih mudah untuk memahami bahasa isyarat dibandingkan orang dewasa. Kemampuan untuk memahami bahasa isyarat akan membantu anak untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri pada usia yang masih muda. 

Melatih anak untuk mengekspresikan diri melalui bahasa isyarat akan membantu mereka untuk menjadi lebih percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain. Tidak hanya itu, melatih anak dengan bahasa isyarat juga dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi anak untuk belajar lebih banyak bahasa. 

4. Minta Anak untuk Menyebutkan Nama Benda

Ketika menginginkan sesuatu, biasanya anak tidak meminta dengan mengucapkan nama barang tersebut, tetapi cukup dengan menunjuk barang yang ia inginkan. Oleh karena itu, Anda bisa mulai melatih anak untuk menyebutkan nama benda yang ia inginkan guna melatih kemampuan berbicara anak. 

Contohnya ketika anak menunjuk sebuah piring berisi buah. Anda sebagai orang tua bisa menimpalinya dengan berkata, “Adik mau buah?”

Cara tersebut merupakan stimulasi untuk anak agar cepat berbicara. Tujuannya untuk mendorong anak agar mengucapkan kata atau frasa yang sama, yaitu “buah”.

Jadi, ketika anak menunjuk sesuatu, ucapkanlah nama benda tersebut sehingga ia bisa meniru dan menyebut nama bendanya dengan benar. 

5. Mengajak Anak untuk Bermain di Luar Rumah

Cara agar anak cepat bicara juga bisa Anda lakukan dengan cara mengajak anak bermain atau bersosialisasi di luar rumah. Tujuannya adalah untuk mengenalkan anak dengan orang lain dan hal-hal atau benda-benda di luar rumah. 

Misalnya ketika anak melihat seekor kucing dan mengucapkan kata “kucing”. Anda bisa merespon anak dengan mengatakan, “Iya, itu namanya kucing.” Cara tersebut akan membantu anak untuk memiliki kosakata yang lebih banyak. 

6. Bermain sambil Belajar

Bermain merupakan salah satu cara melatih anak untuk berbicara dengan cara yang menyenangkan. Contohnya dengan menyebut warna-warna benda atau nama anggota tubuh dengan menunjukkannya. 

Mengajak anak berbicara bukan hanya agar anak mendengarkan suara Anda atau berinteraksi saja. Namun, mengajak anak berbicara juga menjadi cara untuk mengenalkan kata-kata baru dan juga arti kata tersebut pada anak. 

7. Memberikan Anak pilihan

Cara agar anak cepat bicara yang ketujuh yaitu dengan memberikan pilihan pada anak. Anda bisa memberikan dua pilihan benda yang berbeda untuk melatih anak agar cepat berbicara. 

Contohnya yaitu “Adik mau apel atau jeruk?” sembari menunjukkan yang mana buah apel dan yang mana buah jeruk. Apabila anak menunjukkan tangannya ke buah apel, Anda bisa mengulang kembali nama buah yang dipilih oleh anak. Mintalah anak untuk menirukan kata tersebut, misalnya “Jadi, adik mau makan apel ya?”

8. Bernyanyi Bersama

Bernyanyi juga menjadi cara agar anak cepat bicara. Anda bisa mengajak anak untuk bernyanyi bersama. Ada banyak lagu anak kecil yang bisa Anda pilih, contohnya Balonku, Pelangi, Cicak-Cicak di Dinding, dan sebagainya. 

Lirik yang ada pada lagu anak-anak bisa menjadi cara untuk merangsang agar anak cepat bicara. Selagi mengajak anak untuk bernyanyi bersama, Anda juga bisa mengajak mereka untuk melakukan beberapa gerakan yang ekspresif. 

Contohnya ketika menyanyikan lagu Kalau Kau Suka Hati. Anda bisa mengajak anak untuk tepuk tangan. Dengan begitu, anak akan meniru dan mengingat kata apa yang dinyanyikan. 

9. Membacakan Anak Buku Cerita

Untuk melatih anak agar cepat berbicara, Anda juga bisa membacakan buku cerita untuk mereka. Membacakan buku cerita merupakan cara yang ampuh untuk melatih anak agar cepat bicara. 

Anda bisa mengajak mereka untuk berbicara sambil mengenalkan berbagai nama gambar yang ada di buku cerita atau macam-macam suara. Membacakan cerita untuk anak terbukti dapat mendorong perkembangan bahasanya. 

Hal tersebut didukung oleh beberapa penelitian. Misalnya penelitian berjudul Two Different Communication Genres and Implications for Vocabulary Development and Learning to Read pada Journal of Literacy Research. Pada penelitian tersebut, disimpulkan bahwa anak-anak bisa memiliki kosakata yang lebih banyak ketika dibacakan buku cerita bergambar daripada mendengarkan ucapan orang dewasa. 

Ada juga penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics. Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa anak-anak yang dibacakan buku setiap hari terpapar 1,4 juta kata lebih banyak dibandingkan anak-anak yang tidak dibacakan cerita ketika masih kecil. 

10. Batasilah Waktu untuk Menonton Televisi dan Bermain Gadget

Cara agar anak cepat bicara yang terakhir yaitu dengan membatasi waktu untuk menonton televisi dan bermain gadget. 

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa membatasi anak untuk menatap layar TV dan gadget ternyata dikaitkan dengan keterlambatan bahasa pada anak berusia 18 bulan. Para ahli juga menekankan pentingnya interaksi anak dengan dengan orang lain tanpa menatap layar gadget merupakan cara terbaik untuk kemampuan bahasa anak. 

American Academy of Pediatrics menyarankan agar anak-anak yang berusia 2 hingga 5 tahun tidak menghabiskan waktu di depan televisi dan gadget lebih dari 1 jam per hari, serta lebih sedikit lagi untuk anak-anak yang lebih kecil.

Penutup

Itu dia beberapa cara agar anak cepat bicara. Rupanya, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan kemampuan bahasa dan bicara anak. 

Agar anak bisa cepat bicara, orang tua dapat melatih anak untuk berbicara dengan memberikan berbagai stimulus yang dapat dilakukan di rumah. Anda juga bisa mengajak anggota keluarga lainnya untuk membantu anak agar dapat berbicara dengan lebih fasih. 

Bagi Anda yang sedang mencari alat bantu dengar, Anda bisa mengunjungi pusat jual alat bantu dengar. Ada banyak pilihan alat bantu dengar dengan harga terjangkau. Dengan mengedepankan kualitas, alat bantu dengar disini dirancang untuk memberikan kualitas suara yang luar biasa dan tentunya mudah dioperasikan oleh penggunanya. 

Produk Kami

Bagikan :

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024