Search
Close this search box.

Panduan Pengobatan Vertigo

Panduan Pengobatan Vertigo

Vertigo merupakan gangguan kesehatan yang ditandai dengan sensasi pusing dan rasa berputar pada penderitanya. Meskipun sering dianggap sebagai suatu penyakit, sebenarnya vertigo bukanlah penyakit itu sendiri, melainkan merupakan gejala dari penyakit atau gangguan kesehatan lainnya.

Penting bagi penderita vertigo untuk melakukan pemeriksaan ke dokter guna mengetahui penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat.

Hal ini bertujuan agar terhindar dari kekambuhan yang berulang. Dalam kasus yang parah, vertigo dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mengapa demikian? Karena vertigo dapat menyebabkan penderitanya kehilangan keseimbangan dan merasa bingung. Dengan kata lain, penderita vertigo berisiko mengalami cedera saat mengalami kehilangan keseimbangan atau terjatuh.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang vertigo dari Brilliant Hearing.

Faktor Risiko Vertigo

Faktor risiko dikatakan sebagai hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya sesuatu bagi penderitanya. Berikut beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko Anda mengalami vertigo, yaitu:

  • Usia lebih dari 50 tahun
  • Seorang wanita
  • Adanya luka pada kepala
  • Dalam pengobatan tertentu (menggunakan obat-obatan khusus)
  • Faktor keturunan dari keluarga (riwayat kesehatan keluarga)
  • Adanya infeksi pada telinga
  • Dalam tekanan mental yang parah atau stres berat
  • Konsumsi alkohol berlebih

Treatment Vertigo

Pengobatan vertigo tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Penyedia layanan kesehatan menggunakan berbagai perawatan, yang mungkin termasuk:

  • Manuver reposisi.
  • obat vertigo.
  • Terapi rehabilitasi vestibular (latihan vertigo).
  • Operasi.

Obat-obatan Vertigo

Obat dapat membantu dalam beberapa kasus vertigo akut (serangan tiba-tiba, durasi pendek). Penyedia layanan kesehatan dapat merekomendasikan obat mabuk perjalanan (seperti meclizine atau dimenhydrinate) atau antihistamin (seperti cyclizine) untuk meredakan gejala vertigo

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Baca juga: Cara Meningkatkan Kualitas Pendengaran dengan Mengurangi Konsumsi Gula

Terapi Rehabilitasi Vestibular

Terapi rehabilitasi vestibular umumnya melibatkan serangkaian latihan yang bertujuan untuk memperbaiki gejala vertigo seperti pusing, penglihatan yang tidak stabil, dan masalah keseimbangan.

Layanan kesehatan yang menyediakan terapi ini akan menyesuaikan perawatan sesuai dengan kebutuhan unik Anda. Latihan-latihan tersebut mungkin melibatkan peregangan otot, penguatan tubuh, pengendalian gerakan mata, dan latihan berjalan di tempat.

Penyedia layanan kesehatan Anda akan mengajarkan Anda cara melaksanakan latihan ini di rumah, sehingga Anda dapat mengelola gejala vertigo ketika Anda mengalami episode tersebut.

Operasi

Pembedahan mungkin diperlukan dalam kasus yang jarang terjadi ketika masalah kesehatan yang mendasar, seperti tumor otak atau cedera leher, menjadi penyebab vertigo.

Biasanya, operasi hanya direkomendasikan oleh penyedia layanan kesehatan jika metode perawatan lain tidak berhasil. Penyedia layanan kesehatan atau ahli bedah akan memberikan informasi mengenai jenis prosedur yang diperlukan dan apa yang diharapkan setelah operasi.

Mengurangi Vertigo di Rumah

Tidak selalu mungkin untuk menghilangkan vertigo tanpa bantuan penyedia layanan kesehatan. Tetapi berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba di rumah untuk meringankan gejala Anda:

  1. Bergerak perlahan saat berbiri, memutar kepala, atua melakukan gerak pemicu lainnya
  2. tidur dengan kepala terangkat di atas dua bantal
  3. Berbaring di ruangan gelap dan sunyi untuk mengurangi sensasi berputar
  4. Duduk segera setelah merasa pusing
  5. Berjongkok alih-alih membungkuk di pinggang saat mengabil sesuatu
  6. Nyalakan lampu kalau terbangun malam hari
  7. Gunakan tongkat kalau merasa akan jatuh

Bisakah Mengobati Vertigo Secara Permanen?

Sayangnya, tidak ada cara pasti untuk menghilangkan vertigo secara permanen dan mencegahnya datang kembali. Beberapa orang mengalami vertigo sekali dan tidak pernah mengalaminya lagi. Lainnya mengalami episode berulang (kembali).

Jika Anda mengalami vertigo yang parah atau sering, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang cara mengelola gejala dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Baca juga: Teknik Yoga untuk Meningkatkan Kesehatan Pendengaran

Manuver Epley

Juga disebut manuver reposisi “Canalith”, manuver Epley adalah strategi masuk pertama bagi banyak orang yang mengalami vertigo. Penelitian menunjukkan bahwa manuver Epley sangat efektif untuk orang dengan BPPV. Anda dapat melakukan manuver di rumah dengan mengikuti prosedur sederhana ini:

  • Mulailah dengan duduk tegak di permukaan yang datar, dengan bantal di belakang Anda dan dengan kaki terentang.
  • Putar kepala Anda 45 derajat ke kanan.
  • Dengan kepala masih tegak, segera berbaring dengan kepala di atas bantal. Tetap dalam posisi ini setidaknya selama 30 detik.
  • Perlahan putar kepala Anda ke kiri, 90 derajat penuh, tanpa mengangkat leher Anda.
  • Libatkan seluruh tubuh Anda, putar ke kiri sehingga Anda sepenuhnya berada di sisi kiri.
  • Perlahan kembali ke posisi semula, melihat ke depan dan duduk tegak.
  • Anda juga dapat meminta seseorang untuk membantu Anda dengan manuver Epley dengan mengarahkan kepala Anda sesuai dengan langkah-langkah yang diuraikan di atas. Ini bisa diulang tiga kali berturut-turut, dan Anda mungkin merasa pusing di setiap gerakan.

Manuver Semont-Toupet

Manuver Semont-Toupet adalah serangkaian gerakan serupa yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengobati vertigo.

Manuver ini kurang terkenal, tetapi beberapa studi mengklaim itu sama efektifnya. Manuver Semont-Toupet sangat mirip dengan Manuver Epley, tetapi memerlukan fleksibilitas leher yang lebih sedikit.

  • Mulailah dengan duduk tegak di permukaan yang datar, dengan bantal di belakang Anda dan dengan kaki terentang.
  • Berbaring, putar ke kanan, dan lihat ke sisi kiri, lihat ke atas.
  • Cepat duduk dan putar ke sisi kiri Anda, jaga agar kepala Anda menghadap ke kiri. Anda sekarang akan melihat ke bawah ke tanah.
  • Perlahan kembali ke posisi semula, melihat ke depan dan duduk tegak.
Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!