Search
Close this search box.

Alat Bantu Dengar Apa yang Tepat untuk Anda?

Alat Bantu Dengar Apa yang Tepat untuk Anda?

Telinga merupakan bagian penting dalam kegiatan sehari-hari kita. Namun, apa yang terjadi jika kita mengalami gangguan pendengaran?

Dalam situasi ini, alat bantu dengar dapat menjadi solusi yang efektif. Terdapat berbagai jenis alat bantu dengar yang dapat disesuaikan dengan tingkat gangguan pendengaran yang dialami.

Setiap jenis alat bantu dengar memiliki kelebihan dan kekurangan yang unik. Jika Anda ingin mengetahui beragam jenis alat bantu dengar yang tersedia di pasaran, berikut ini adalah ulasannya.

Berikut ini Brilliant Hearing paparkan jenis-jenis alat bantu dengar yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar merupakan sebuah perangkat elektronik kecil yang dapat digunakan di dalam atau di belakang telinga. Fungsinya adalah untuk memperkuat beberapa suara sehingga orang yang mengalami gangguan pendengaran dapat mendengar, berkomunikasi, dan beraktivitas dengan lebih baik.

Perangkat ini terdiri dari tiga bagian dasar, yaitu mikrofon, amplifier, dan speaker.

Mikrofon pada alat bantu dengar berfungsi untuk menerima suara. Suara yang diterima oleh mikrofon akan diubah menjadi sinyal listrik dan kemudian dikirimkan ke amplifier.

Amplifier bertugas untuk memperkuat kekuatan sinyal tersebut, lalu mengirimkannya ke telinga melalui speaker. Dengan demikian, orang yang menggunakan alat bantu dengar dapat mendengarkan suara dengan lebih jelas dan nyaman.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Macam-macam Alat Bantu Dengar

Berbagai macam alat bantu dengar di luar sana yang terdiri dari gaya berikut:

1. Di belakang telinga (BTE)

Alat bantu dengar jenis ini sesuai untuk digunakan oleh semua usia dan untuk berbagai jenis gangguan pendengaran. BTE (Behind-The-Ear) ditempatkan di belakang telinga dan memiliki bagian yang menempel pada cuping telinga, dengan adanya tabung yang mengarahkan suara ke saluran telinga melalui lubang suara khusus yang disebut earmold.

2. Di telinga (ITE)

lat bantu dengar ini dirancang untuk ditempatkan di daerah luar lubang telinga sehingga hanya terlihat dari depan. Jenis ini cocok untuk orang yang mengalami gangguan pendengaran ringan hingga berat.

Penggunaan alat ini lebih sederhana dan menggunakan baterai yang lebih besar sehingga daya tahannya lebih lama. Alat bantu dengar ini lebih terlihat dibandingkan dengan jenis yang lebih kecil.

Terdapat kontrol volume yang dapat disesuaikan. Namun, perlu diingat bahwa speaker alat bantu dengar ini rentan tersumbat oleh kotoran telinga.

3. In The Canal

Alat bantu dengar ini dirancang khusus untuk membantu orang dewasa dengan gangguan pendengaran ringan hingga sedang.

Alat ini disebut ITC (In-The-Canal) karena dirancang untuk dapat masuk ke sebagian saluran telinga. Namun, alat ini tidak dianjurkan untuk pasien dengan gangguan pendengaran parah.

Kelebihan dari alat bantu dengar ini adalah tidak terlalu mencolok saat digunakan di telinga. Alat ini lebih diskret dan tidak terlihat oleh orang lain dengan mudah.

Namun, karena posisinya di dalam saluran telinga, speaker pada alat ini rentan terhadap penyumbatan oleh kotoran telinga yang bisa mempengaruhi kinerjanya.

Baca juga: Mengapa Perlengkapan Membersihkan Alat Bantu Dengar Penting?

4. Receiver In The Ear (RITE)

Alat bantu dengar ini cocok untuk sebagian besar orang yang mengalami gangguan pendengaran. Alat ini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada yang diletakkan di belakang telinga dan terhubung melalui kabel tipis ke speaker yang ditempatkan di dalam lubang telinga.

Meskipun mirip dengan BTE, alat ini tidak terlihat mencolok saat digunakan. Kelebihan lainnya adalah ukurannya yang lebih kecil, sehingga lebih diskret. Namun, perlu diperhatikan bahwa speaker pada alat ini juga rentan terhadap penyumbatan oleh kotoran telinga yang dapat memengaruhi kinerjanya.

Alat Bantu Dengar Berdasar Gaya Hidup

Setiap orang memiliki pendekatan mereka sendiri untuk hidup. Oleh karena itu, memiliki alat bantu dengar yang tepat dapat memperkuat dan meningkatkan gaya hidup kita

1, Gaya Hidup Aktif

Jika Anda sering beraktivitas di luar rumah, memiliki perangkat yang tahan lama sangatlah penting. Penting untuk memiliki alat bantu dengar yang dapat menghadapi kontak dan benturan dengan baik.

Selain itu, jika Anda aktif dalam olahraga kontak seperti sepak bola atau sering berada di luar dalam berbagai kondisi cuaca, alat bantu dengar yang paling cocok adalah ITE (In-The-Ear).

2. A Busy Office

Jika Anda bekerja di kantor dengan banyak orang, penting bagi Anda untuk memiliki alat bantu dengar yang dapat mengakomodasi berbagai situasi.

Anda memerlukan alat bantu dengar yang dapat mengurangi kebisingan latar belakang, namun tetap memungkinkan Anda berinteraksi secara efektif dalam percakapan satu lawan satu.

Selain itu, dengan banyaknya perkembangan teknologi, Anda juga membutuhkan alat bantu dengar yang dapat menghasilkan komunikasi yang jernih melalui berbagai perangkat. Dalam hal ini, alat bantu dengar CIC (Completely-in-Canal) merupakan pilihan yang sangat ideal.

Baca juga: Kapan Alat Bantu Dengar Harus Diganti?

3. Traveler

Jika Anda sedang mencari sesuatu yang cocok dengan gaya hidup petualangan Anda, Anda membutuhkan perangkat yang kuat dan tahan lama.

Portabilitas dan masa pakai baterai yang lama menjadi hal yang sangat penting. Gaya ITE (In-The-Ear) merupakan pendekatan terbaik dalam situasi ini, karena Anda dapat menggunakan alat bantu dengar yang dioperasikan dengan baterai, dilengkapi dengan paket pengisi daya portabel.

Hal ini menjadikannya pilihan yang ideal saat Anda sedang bepergian atau menginap.

4. A Relaxed Lifestyle

Jika Anda adalah seseorang yang mencari pendekatan hidup yang lebih santai dan sering berinteraksi di rumah atau dalam pertemuan sosial kecil, penting bagi Anda untuk memiliki alat bantu dengar yang dapat menyesuaikan dengan berbagai skenario.

Memiliki perangkat yang tepat yang mampu beradaptasi dengan situasi, baik itu saat streaming musik atau berada di restoran, akan membuat perbedaan yang signifikan bagi Anda.

Perangkat BTE (Behind-The-Ear) sangat ideal dalam situasi ini karena kemampuannya untuk beradaptasi dan dilengkapi dengan teknologi modern seperti Bluetooth.

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!