Search
Close this search box.

Kapan Alat Bantu Dengar Perlu Diganti?

Kapan Alat Bantu Dengar Perlu Diganti?

Pada saat ini, alat bantu dengar telah mengalami kemajuan teknologi yang luar biasa dibandingkan sebelumnya. Perangkat ini menggunakan teknologi mikroelektronika tercanggih, radio nirkabel, dan prosesor komputer.

Selain itu, dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memberikan pengalaman pendengaran terbaik bagi pengguna. Alat bantu dengar juga dirancang agar tahan terhadap kelembaban, debu, dan kotoran telinga.

Dengan kecanggihan ini, alat bantu dengar hampir seperti instrumen berteknologi tinggi yang menghiasi telinga Anda sepanjang hari.

Namun, perlu diingat bahwa hal ini tidak berarti alat bantu dengar dapat digunakan tanpa batas waktu, bebas dari kerusakan, atau tidak perlu diganti.

Jika alat bantu dengar digunakan sesuai petunjuk – yaitu digunakan setiap hari sepanjang hari – maka alat tersebut akan terpapar dengan benda-benda yang bisa merusaknya.

Misalnya, keringat, minyak tubuh, kotoran telinga, semprotan rambut, lotion, makeup, hujan, kelembaban, debu yang terbawa angin, dan sebagainya.

Selain itu, alat bantu dengar juga rentan jatuh, terjepit di dalam dompet atau tas, tergoyang saat dimasukkan atau dikeluarkan dari kotak penyimpanan, dan situasi lainnya yang dapat mengakibatkan kerusakan.

Berikut ini, Brilliant Hearing paparkan mengenai alat bantu dengar tanda-tandanya sudah harus diganti.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Berapa Lama Biasa Masa Alat Bantu Dengar

Kebanyakan orang memakai alat bantu dengar setiap hari, sama seperti mereka memakai kacamata atau lensa kontak.

Jadi, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa alat bantu dengar dapat bertahan tiga hingga lima tahun jika dirawat dengan benar. Ini dapat bergantung pada seberapa sering Anda memakai alat bantu dengar, serta faktor seperti seberapa baik Anda merawatnya.

Perubahan pada pendengaran Anda juga dapat memerlukan alat bantu dengar baru, yang dapat disarankan oleh audiolog kepada Anda.

6 Tanda Alat Bantu Dengar Sudah Saatnya Diganti

Berikut ini 6 tanda-tanda Anda harus mengganti alat bantu dengar Anda.

1, Pendengaran Berubah

Presbycusis, yang merupakan gangguan pendengaran terkait usia, dapat memburuk meskipun Anda telah menggunakan alat bantu dengar untuk jangka waktu tertentu.

Salah satu tanda bahwa Anda mungkin telah melampaui batas kekuatan alat bantu dengar Anda yang saat ini adalah ketika Anda mulai meningkatkan volume perangkat tersebut – atau televisi – lebih keras dari biasanya.

Dalam hal ini, berkonsultasilah dengan seorang audiolog untuk menentukan apakah Anda perlu beralih ke pasangan alat bantu dengar yang baru atau hanya perlu menyesuaikan pengaturan perangkat yang Anda gunakan saat ini.

2. Kesehatan Terganggu

Fitur-fitur yang tidak mengganggu saat membeli pasangan alat bantu dengar yang Anda gunakan saat ini mungkin menjadi masalah di kemudian hari.

Sebagai contoh, jika Anda mengalami radang sendi pada tangan, alat bantu dengar yang lebih kecil, seperti gaya yang benar-benar dalam saluran telinga, mungkin sulit untuk dioperasikan jika Anda memiliki masalah dengan kekakuan atau ketangkasan tangan.

Sebaliknya, alat bantu dengar yang dikenakan di belakang telinga atau yang ditempatkan di dalam telinga mungkin lebih mudah untuk digunakan. Bahkan lebih baik lagi, alat bantu dengar yang dapat diisi ulang dapat menghilangkan kerumitan mengganti baterai

3. Alat Bantu Dengar Tidak Berfungsi Baik

Karena adanya keausan yang biasa terjadi, bersama dengan kerusakan yang disebabkan oleh kotoran telinga dan kelembapan, rata-rata masa pakai sebuah alat bantu pendengaran adalah sekitar lima tahun.

Meskipun Anda bersedia menggunakan alat bantu pendengaran yang tidak berkinerja seperti sebelumnya, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Seiring berjalannya waktu, komponen-komponen seperti mikrofon dan penerima yang ada di dalam alat bantu pendengaran sangatlah kecil dan rentan terhadap lilin dan kelembapan, sehingga bagian-bagian ini harus dibersihkan secara profesional oleh seorang audiologis atau diganti secara berkala.

4. Perkembangan Teknologi

Alat bantu pendengaran berbeda dengan ponsel pintar – tidak ada varian baru setiap tahun yang membuat perangkat yang Anda miliki tampak ketinggalan zaman. Namun demikian, teknologinya terus berkembang, dan para pakar menyatakan bahwa Anda mungkin berkeinginan untuk memiliki pasangan dengan fitur-fitur terbaru.

5. Gaya Hidup Berubah

Apakah kehidupan sehari-hari yang dipenuhi dengan Zoom terus berlanjut, meskipun pandemi telah melonggarkan cengkeramannya pada cara Anda berinteraksi dengan orang lain?

Jika demikian, terdapat alat bantu pendengaran yang mendukung teknologi Bluetooth, memungkinkan Anda untuk mengalirkan audio secara langsung ke alat bantu pendengaran dari komputer atau tablet.

Atau mungkin Anda telah mulai menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan untuk melakukan kegiatan hiking, memancing, atau bersepeda sejak Anda membeli alat bantu pendengaran terakhir.

Jika demikian, Anda mungkin tertarik untuk beralih ke perangkat yang dirancang khusus untuk mengurangi gangguan suara angin.

6. Ingin Mencoba Alat Bantu Dengar Jenis Lain

Jika Anda baru pertama kali memasang alat bantu pendengaran, Anda mungkin akan terkejut oleh beragam pilihan yang tersedia

. Untuk membantu Anda beradaptasi dengan penggunaan alat bantu pendengaran, Anda dapat memilih perangkat dasar sebagai langkah awal, dan kemudian beralih ke opsi yang lebih canggih seiring waktu.

Setiap alat bantu pendengaran memiliki fungsi dan pengaturan yang berbeda, sehingga untuk perangkat berikutnya, Anda mungkin ingin menginvestasikan sedikit lebih banyak untuk memperoleh fitur yang lebih maju.

Selain itu, anggaran Anda juga akan mempengaruhi jenis alat bantu pendengaran yang Anda pilih. Penting untuk menemukan alat bantu pendengaran yang sesuai dengan ketersediaan keuangan Anda, dan jika situasi keuangan Anda membaik seiring waktu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menginvestasikan dalam jenis alat bantu pendengaran yang berbeda.

Audiologis Anda akan dapat bekerja sama dengan Anda untuk merekomendasikan alat bantu pendengaran yang paling cocok dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!