Search
Close this search box.

8 Tips Pemulihan untuk Operasi Setoplasti

4 Tips Pemulihan untuk Operasi Septum

Operasi septoplasti dilakukan di dalam rongga hidung untuk mengoreksi septum yang mengalami deviasi.

Septum, yang memiliki panjang sekitar 7 sentimeter (2,5 hingga 3 inci) pada orang dewasa, terdiri dari kombinasi tulang rawan dan tulang. Fungsinya adalah membagi rongga hidung menjadi dua ruang atau lubang hidung.

Deviasi septum terjadi ketika septum tersebut tidak berbentuk lurus, melainkan melengkung atau bengkok.

Hal ini dapat mengakibatkan penyumbatan salah satu atau kedua lubang hidung, serta mengganggu aliran udara yang masuk. Deviasi septum bisa disebabkan oleh cedera, namun juga bisa menjadi kondisi bawaan sejak lahir.

Berikut ini, Brilliant Hearing membahasnya dalam artikel ini.

Prosedur Operasi Setoplasty

Sebelum menjalani prosedur ini, dokter akan memulai dengan melakukan pemeriksaan dalam hidung, seringkali melalui endoskopi hidung. Operasi septoplasti akan dijadwalkan jika dokter menentukan bahwa kondisi Anda memerlukan intervensi bedah dan Anda memberikan persetujuan untuk menjalaninya.

Pada saat operasi, tahap awal adalah pemberian anestesi oleh dokter. Anestesi dapat berupa lokal atau total, tergantung pada kebutuhan. Setelah itu, dokter akan membuat sayatan di salah satu sisi hidung Anda untuk mengangkat selaput lendir yang melindungi septum.

Selanjutnya, dokter akan memperbaiki bentuk septum yang bengkok. Dalam proses ini, dokter mungkin akan memotong sebagian tulang atau menyesuaikan tulang rawan yang berlebihan, sehingga septum dapat berada di posisi tengah yang tepat. Setelah itu, dokter akan menutup kembali septum dengan selaput lendir.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Anda mungkin memerlukan jahitan, namun dalam banyak kasus, perban saja sudah cukup untuk menjaga septum dan selaput lendir tetap dalam posisi yang benar. Durasi prosedur septoplasti biasanya berkisar antara 30 hingga 90 menit, tergantung pada kondisi hidung setiap pasien.

8 Tips Pemulihan Paska Operasi Setoplasti

1. Tidur

Selama bulan pertama, disarankan untuk mencoba tidur dalam posisi terlentang dengan kepala yang didukung oleh dua atau tiga bantal.

Hindari tidur dalam posisi yang datar sepenuhnya. Alternatifnya, Anda juga dapat tidur di kursi malas untuk memastikan kepala tetap terangkat dan tubuh tetap dalam posisi terlentang.

2. Mandi

Anda dapat mandi dan mandi 24 jam setelah operasi, tetapi hindari berenang atau merendam kepala di dalam air selama enam minggu.

3. Membungkuk dan Mengangkat Barang Berat

Selama minggu pertama hingga 10 hari, usahakan untuk tidak membungkuk atau mengangkat apa pun yang lebih berat dari 10 pon, termasuk anak kecil.

4. Aplikasi es

Gunakan kompres dingin atau kompres es untuk membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan hidung. Tempatkan penghalang kain di antara kemasan dan kulit Anda, dan kompres area tersebut tidak lebih dari 15 menit untuk menghindari radang dingin.

5. Obat nyeri

Gunakan Tylenol (acetaminophen) yang dijual bebas untuk mengurangi rasa sakit. Hindari obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, Advil (ibuprofen), dan Aleve (naproxen) untuk minggu pertama karena dapat memicu perdarahan.

6. Irigasi hidung

Gunakan semprotan hidung saline atau irigasi sinus untuk meningkatkan kenyamanan dan membantu penyembuhan. Hindari membuang ingus saat melakukannya karena dapat menyebabkan pendarahan.

Juga, hindari semprotan hidung steroid setidaknya dua minggu setelah operasi karena ini memperlambat penyembuhan.

7. Olahraga

Berjalan setiap hari meningkatkan aliran darah dan membantu mencegah pneumonia dan sembelit. Namun, hindari olahraga berat seperti lari, angkat berat, bersepeda, atau aerobik sampai ahli bedah Anda memberi tahu Anda boleh melakukannya.

8. Lindungi diri Anda

Hindari orang yang sedang sakit serta tempat berdebu atau berasap yang dapat menyebabkan Anda bersin. Jika Anda perlu bersin, buka mulut Anda dan lakukan secara alami.

Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memperlambat penyembuhan.

Timeline Selama Pemulihan

Meskipun mayoritas orang mengalami pemulihan yang baik setelah menjalani septoplasti, mungkin akan memerlukan waktu bagi Anda untuk merasakan manfaat penuh dari operasi tersebut.

Sayatan akan sembuh dengan cepat, dan rasa sakit serta bengkak akan mengalami penurunan yang signifikan dalam waktu singkat.

Namun, proses penyembuhan septum yang telah diperbaiki atau diangkat mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai kesembuhan yang sempurna.

Satu sampai dua hari

Anda diharapkan untuk menjadwalkan kunjungan tindak lanjut dengan dokter bedah Anda, yang akan memberikan instruksi mengenai penghapusan pembalut, perban, atau tampon. Biasanya, langkah ini dilakukan satu atau dua hari setelah operasi dilakukan.

Satu sampai dua minggu

Selama proses pemulihan setelah menjalani septoplasti, disarankan untuk membatasi aktivitas, terutama yang melibatkan angkat-angkat berat atau mengejan, selama periode satu atau dua minggu.

Anda harus merencanakan untuk melewatkan sekitar dua minggu kerja atau sekolah.

Satu sampai 2 bulan

Setelah menjalani septoplasti, Anda harus siap menghadapi rasa sakit dan bengkak. Meskipun gejala ini akan berkurang setelah beberapa minggu, mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan agar Anda merasakan manfaat penuh dari operasi yang telah dilakukan.

Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menghindari aktivitas berat, termasuk olahraga, selama sebulan setelah operasi.2

Sumber: Johns Hopkins Medicine. Instruksi pasca operasi: apa yang diharapkan setelah operasi sinus endoskopi.

Tiga bulan sampai satu tahun

Proses penyembuhan tulang rawan dan jaringan hidung membutuhkan waktu sekitar tiga hingga enam bulan untuk mencapai pemulihan yang sepenuhnya, dan dalam beberapa kasus, perubahan bahkan dapat terjadi hingga setahun setelah operasi. Setelah operasi, Anda juga akan melihat perbaikan dalam masalah pernapasan seperti mendengkur dan mulut kering yang disebabkan oleh pernapasan melalui mulut saat tidur di malam hari.1

Penting untuk diingat bahwa hasil ini dapat berbeda-beda dan memakan waktu yang beragam untuk setiap individu.

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!