Search
Close this search box.

Lindungi Pendengaran Anda: Tips Menghindari Gangguan Pendengaran

tips menghindari gangguan pendengaran

Apakah Anda tahu bahwa organ pendengaran sangat penting dan rentan mengalami gangguan pendengaran? Oleh karena itu, Anda wajib melindungi pendengaran Anda. Berikut ini tips menghindari gangguan pendengaran dari Brilliant Hearing. Simak penjelasannya di bawah ini.

Gangguan Pendengaran

Mengalami gangguan pendengaran dapat terjadi pada siapa saja. Gangguan pendengaran adalah kondisi di mana kemampuan seseorang untuk mendengar atau memproses suara mengalami hambatan atau penurunan.

Mengalami Gangguan pendengaran dapat bersifat sementara atau permanen dan dapat memengaruhi satu atau kedua telinga. Beberapa jenis gangguan pendengaran melibatkan berbagai tingkat keparahan. Terdapat jenis – jenis gangguan pendengaran sebagai berikut.

Gangguan Pendengaran Konduktif

Mengalami gangguan pendengaran konduktif disebabkan oleh hambatan atau kerusakan pada telinga luar atau tengah, sehingga suara tidak dapat mencapai koklea dengan benar. Penyebabnya bisa termasuk sumbatan telinga, infeksi telinga tengah, atau masalah dengan tulang pendengaran.

Gangguan Pendengaran Sensorineural

Mengalami gangguan pendengaran sensorineural terjadi saat ada kerusakan pada saraf pendengaran atau bagian dalam telinga (koklea). Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, penuaan, paparan suara berlebihan, atau penyakit tertentu.

Gangguan Pendengaran Campuran

Mengalami gangguan pendengaran campuran berarti seseorang penderita mengalami gangguan pendengaran konduktif sekaligus mengalami gangguan pendengaran sensorineural. Kondisi ini melibatkan kombinasi kerusakan pada bagian dalam dan luar telinga, yang dapat terjadi karena beberapa faktor secara bersamaa seperti infeksi telinga disertai mengalami tinnitus.

Gangguan pendengaran dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari. Seseorang yang mengalami gangguan pendengaran cenderung akan menarik dirinya termasuk dari interaksi sosial, pekerjaan, dan kesejahteraan emosional. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kesehatan untuk menghindari gangguan pendengaran.

Faktor Penyebab Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran dapat dikenali faktor penyebabnya. Berikut ini beberapa faktor penyebab mengalami gangguan pendengaran.

1. Penumpukan Cairan Pada Telinga

Faktor penyebab mengalami gangguan pendengaran adalah penumpukan cairan pada telinga. Hal ini terjadi pada telinga bagian tengah. Biasanya penumpukan cairan pada telinga ini dapat disebabkan oleh pilek.

2. Infeksi Telinga

Faktor penyebab mengalami gangguan pendengaran dapat terjadi akibat infeksi pada telinga. Infeksi organ pendengaran ini terbagi menjadi beberapa jenis tergantung pada bagian mana yang mengalami infeksi.

Infeksi telinga pada bagian luar disebut dengan otitis eksterna, selanjutnya infeksi pada telinga bagian tengah disebut dengan otitis media, dan terakhir infeksi pada telinga bagian dalam disebut dengan otitis interna.

Tentunya infeksi organ pendengaran tersebut juga tergantung dari aktivitas seseorang, jika memasukkan benda asing ke telinga dapat menyebabkan otitis eksterna dan otitis media.

3. Gendang Telinga Robek

Mengalami gangguan pendengaran dapat terjadi akibat kerusakan pada gendang telinga. Kerusakan gendang telinga ini dapat disebut dengan kerusakan tuba eustachisu yang menyebabkan saluran yang menghubungkan telinga dengan hidung dan tenggorokan.

4. Telinga Kotor

Mengalami telinga kotor juga dapat memicu gangguan pendengaran. Telinga yang kotor ini menyebabkan suara tidak dapat masuk dengan baik sehingga pendengaran dapat terganggu.

Mengalami telinga kotor ini, seseorang mengalami penyumbatan pada saluran telinga oleh cerumen prop. Cerumen Prop adalah zat lilin yang dikeluarkan oleh telinga. Sebenarnya kotoran telinga ini dapat keluar dengan sendirinya, namun pada kondisi tertentu kotoran pada telinga ini tidak dapat keluar dengan sendirinya.

Gejala Gangguan Pendengaran

tips menghindari gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran dapat menimbulkan gejala. Gejala gangguan pendengaran bervariasi tergantung oleh faktor penyebabnya. Mengalami gangguan pendengaran dapat terjadi akibat faktor genetik, peuaan, paparan suara keras, infeksi, atau masalah lainnya pada organ pendengaran.

Namun untuk mengenali gangguan pendengaran dapat dikenali gejalanya. Berikut ini gejala yang muncul akibat mengalami gangguan pendengaran.

Kesulitan Mendengar atau Memahami Suara

Gejala mengalami gangguan pendengaran pada seseorang adalah seseorang tersebut akan mengalami kesulitan mendengar atau memahami suara, terutama saat berada di lingkungan dengan latar belakang suara yang bising. Bahkan seseorang juga akan mendengar suara normal terdengar pelan.

Peningkatan Volume Suara

Gejala gangguan pendengaran pada seseorang yakni mungkin adanya kecenderungan untuk meningkatkan volume suara karena merasa suara normal tidak dapat didengar dengan baik.

Penderita gangguan pendengaran cenderung akan meningkatkan volume televisi, radio, atau perangkat audio lainnya untuk dapat mendengar dengan jelas.

Kesulitan Berbicara dan Berkomunikasi

Gangguan pendengaran dapat membuat seseorang kesulitan dalam berbicara dan berkomunikasi, terutama dalam situasi sosial atau kerja.

Bahkan seseorang akan kesulitan untuk mendengar perkataan orang lain dan salah menangkap hal yang dimaksud terutama saat berada di keramaian.

Seseorang juga perlu untuk berkonsentrasi tinggi untuk mendengar hal yang dikatakan orang lain. Mungkin penderita gangguan pendengaran akan meminta orang lain untuk mengulangi pembicaraan.

Mengalami Tinnitus

Tinnitus adalah gejala di mana seseorang mendengar bunyi berdenging, mendesis, atau berdesing di telinga tanpa adanya sumber suara eksternal. Meskipun bukan gangguan pendengaran langsung, tinnitus dapat menyertai kondisi pendengaran yang terpengaruh.

Kesulitan Mendengar Suara Nada Tinggi atau Nada Rendah

Gangguan pendengaran dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mendengar suara dengan frekuensi tinggi atau rendah. Seseorang tersebut juga akan mengalami kesulitan untuk mendengar suara konsonan.

Kesulitan Mendengar di Lingkungan Berisik

Gangguan pendengaran dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan mendengar atau memahami suara di lingkungan dengan latar belakang suara yang bising adalah gejala umum gangguan pendengaran.

Mengalami Tuli Sementara

Beberapa kondisi, gangguan pendengaran seperti infeksi telinga, dapat menyebabkan tuli sementara. Kondisi ini menyebabkan seseorang kesulitan untuk mendengar dengan normal dalam beberapa waktu.

Ketidaknyamanan atau Nyeri di Telinga

Beberapa gangguan pendengaran dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau nyeri di telinga.

Sensasi Penuh di Telinga

Beberapa orang dengan gangguan pendengaran melaporkan sensasi penuh di telinga atau tekanan yang tidak biasa.

Tips Menghindari Gangguan Pendengaran

tips menghindari gangguan pendengaran

Mengalami gangguan pendengaran akan mengganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, perlu untuk menghindari gangguan pendengaran. Berikut ini tips menghindari gangguan pendengaran.

Lindungi Telinga dari Suara Keras

Tips menghindari gangguan pendengaran pertama adalah melindungi telinga dari paparan suara keras atau bising. Anda dapat menggunakan penutup telinga (earplugs) ketika berada di lingkungan dengan suara keras, seperti konser, lokasi konstruksi, atau acara olahraga yang berisik.

Hindari mendekati sumber suara yang sangat keras, seperti mesin konstruksi atau alat-alat yang menghasilkan suara tinggi.

Hindari Penggunaan Cotton bud dalam Telinga

Penggunaan cotton bud dapat menyebabkan gangguan pendengaran jika mengorek telinga terlalu dalam. Tips menghindari gangguan pendengaran dengan menghindari memasukkan cotton bud atau benda-benda lain ke dalam telinga.

Menghindari penggunaan cotton bud karena mengorek telinga menggunakan alat tersebut dapat merusak gendang telinga dan meningkatkan risiko infeksi.

Jika diharuskan membersihkan telinga Anda dapat menggunakan obat tetes telinga. Juga tidak disarankan mengorek telinga karena dapat melukai telinga.

Kotoran telinga dapat keluar dengan sendirinya. Namun jika kotoran telinga justru membuat gangguan pendengaran, lebih baik untuk meminta dokter THT untuk membersihkan organ pendengaran.

Jaga Kesehatan Telinga dan menjaga agar tetap kering

Telinga yang lembab dan cenderung basah akan menyebabkan bakteri serta jamur berkembang biak memicu terjadinya infeksi telinga.

Oleh sebab itu, saat berenang gunakan penutup telinga atau benda pelindung telinga yang dirancang khusus saat berenang untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga, yang dapat menyebabkan infeksi.

Hindari Paparan Suara Berlebihan

Tips menghindari gangguan pendengaran dengan hindari paparan terlalu lama pada suara yang sangat keras, seperti menggunakan headphone dengan volume tinggi atau berada di lingkungan yang berisik terus-menerus.

Pantau Kesehatan Telinga secara Berkala

Lakukan pemeriksaan telinga secara berkala oleh dokter spesialis THT atau audiologis, terutama jika ada riwayat gangguan pendengaran dalam keluarga atau jika mengalami gejala seperti tinnitus atau penurunan pendengaran.

Memamntau kesehatan pendengaran secara berkala sebagai upaya untuk tips menghindari gangguan pendengaran dan mendeteksi gangguan pendengaran secara dini.

Menghindari penggunaan ear candle

Tips menghindari gangguan pendengaran adalah tidak menggunakan ear candle karena ear candle dapat membahayakan indera pendengaran. Bahkan penggunakan ear candle dapat menyebabkan telinga cedera seperti tersumbatnya saluran telinga.

Perhatikan Kesehatan Tubuh secara Umum

Pertahankan kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan menjaga pola makan sehat, berolahraga secara teratur, dan mengelola stres. Kesehatan umum yang baik dapat berdampak positif pada kesehatan telinga.

Menjalani gaya hidup yang sehat dan menerapkan tindakan pencegahan tersebut dapat membantu melindungi pendengaran dan menjaga kesehatan telinga secara keseluruhan.

Gunakan Proteksi Telinga dalam Aktivitas Berisiko

Ketika melakukan aktivitas yang berisiko tinggi, seperti menyalakan kembang api atau menggunakan alat-alat yang menghasilkan suara keras, gunakan pelindung telinga untuk mengurangi dampak suara pada telinga.

Batasi Waktu Penggunaan Headphone

Tips menghindari gangguan pendengaran dengan membatasi waktu penggunaan headphone atau earphone, dan jaga agar volume tetap pada tingkat yang aman. Beristirahatlah sesekali untuk memberi telinga istirahat dari paparan suara.

Hindari Paparan Zat Berbahaya

Tips menghindari gangguan pendengaran selanjutnya adalah hindari paparan zat kimia atau bahan berbahaya di tempat kerja atau lingkungan sehari-hari yang dapat merusak pendengaran. Selain itu, Anda dapat hidup sehat dengan tidak merokok karena merokok dapat meningkatkan resiko mengalami gangguan pendengaran.

Jika ada kekhawatiran atau gejala gangguan pendengaran, Anda dapat segera konsultasikan dengan profesional kesehatan.

Bagi Anda yang membutuhkan alat bantu dengar untuk mengatasi gangguan pendengaran, Anda dapat mempercayakannya pada Brilliant Hearing.

Brilliant Hearing adalah solusi untuk membantu Anda apabila membutuhkan alat bantu dengar. Segera konsultasikan pendengaran Anda dengan Brilliant Hearing.

Demikian informasi dari Brilliant Hearing mengenai tips menghindari gangguan pendengaran. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!