Search
Close this search box.

Inflamasi pada Telinga: Penyebab dan Pengobatan

rv754ywn8miu1e7loqnq Pusat Alat Bantu Dengar Indonesia - Brilliant Hearing Inflamasi pada Telinga: Penyebab dan Pengobatan

Seringkali kita mendengar istilah inflamasi dan gangguan inflamasi pada telinga. Apa itu inflamasi dan apa saja penyebab inflamasi pada telinga? Marilah kita simak penjelasan di bawah ini yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Sebelum melanjutkan tulisan ini, kami sebagai pusat alat bantu dengar ingin memberikan penawaran istimewa bagi Anda yang mengalami masalah pendengaran. Sebagai penyedia alat bantu dengar, kami menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami di https://brillianthearing.id/

Inflamasi telinga, juga dikenal sebagai otitis, adalah kondisi medis di mana telinga mengalami peradangan. Inflamasi telinga bisa terjadi pada berbagai bagian telinga, termasuk telinga luar, tengah, atau dalam. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi bakteri atau virus, alergi, iritasi, atau cedera fisik.

Jenis Inflamasi Telinga

Secara umum, inflamasi telinga dapat menyerang bagian telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. Masing-masing bagian telinga yang rawan terkena inflamasi tersebut mempunyai penyebab sendiri-sendiri. Gejala umum inflamasi telinga dapat mencakup rasa sakit di telinga, kehilangan pendengaran sementara, demam, pusing, keluarnya cairan dari telinga, dan rasa penuh atau tekanan di dalam telinga.

Berikut ini jenis gangguan inflamasi telinga yang bisa menyerang kita:

1. Otitis Eksterna

Ini adalah inflamasi pada telinga luar yang terjadi akibat masuknya air ke dalam telinga saat mandi atau berenang sehingga sering disebut dengan “swimmer’s ear”. Air yang tidak bisa keluar akan menyebabkan liang telinga lembab sehingga memicu pertumbuhan bakteri.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Penyebab Otitis Eksterna

Otitis eksterna umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus atau Pseudomonas aeruginosa. Bakteri tersebut dapat berkembang di dalam telinga karena beberapa faktor berikut:

  • Kondisi lubang telinga yang terlalu lembap, baik akibat keringat berlebih, cuaca lembap, maupun telinga kemasukan air
  • Liang telinga tergores atau lecet, misalnya akibat menggaruk liang telinga dengan jari, membersihkan telinga dengan cotton bud, menggunakan earbuds, atau alat bantu dengar
  • Iritasi atau reaksi alergi, misalnya akibat penggunaan produk perawatan rambut atau shampo yang tidak sengaja masuk ke liang telinga
  • Penyakit kulit yang dapat menyerang liang telinga, seperti dermatitis dan psoriasis

Otitis eksterna sebenarnya juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Namun, kasusnya jarang ditemukan. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami otitis eksterna adalah:

  • Berenang, terutama di tempat yang banyak mengandung bakteri, seperti danau
  • Memiliki bentuk saluran telinga yang sempit sehingga bisa membuat air terjebak di dalam telinga
  • Membersihkan telinga terlalu sering atau terlalu keras sehingga menyebabkan bagian dalam telinga tergores
  • Sering menggunakan alat bantu dengar atau earbuds
  • Menderita alergi atau iritasi kulit

Pengobatan Otitis Eksterna

Untuk mengobati otitis ekterna, dokter akan membersihkan liang telinga pasien terlebih dahulu. Dokter dapat menggunakan kuret atau alat khusus untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telinga. Hal ini dilakukan agar obat tetes telinga yang akan diresepkan dapat meresap ke seluruh bagian yang terinfeksi

Setelah itu, dokter akan memberikan obat-obatan untuk menangani otitis eksterna. Obat-obatan tersebut antara lain Kortikosteroid, Antibiotik tetes telinga, Acidic solution, dan obat antinyeri.

Baca Juga: Mengenal Pendengaran Binaural: Manfaat dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Otitis Media

Otitis media adalah infeksi pada telinga bagian tengah, tepatnya pada rongga di belakang gendang telinga. Infeksi telinga bagian tengah ini, sering kali timbul akibat batuk pilek, flu, atau alergi sebelumnya.

Semua orang bisa mengalami otitis media, tetapi kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Berdasarkan penelitian, kebanyakan kasus otitis media menyerang anak-anak yang berusia di bawah 3 tahun. Otitis media merupakan penyakit infeksi telinga pada bayi yang paling sering terjadi.

Penyebab Otitis Media

Otitis media bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun infeksi bakteri. Infeksi tersebut sering kali dipicu oleh batuk pilek atau flu sebelumnya. Di samping itu, ada beberapa faktor yang membuat seseorang lebih rentan terserang otitis media, yaitu paparan asap rokok dan kebiasaan minum susu dari botol sambil berbaring.

Baca Juga: Ketahui Pendengaran dan Perkembangan Bahasa Pada Bayi dari waktu ke waktu

Ada dua jenis infeksi telinga tengah, yaitu otitis media akut dan otitis media dengan efusi. Lantas, apa perbedaan kedua kondisi tersebut? Berikut penjelasannya:

  • Otitis Media dengan Efusi

Setelah infeksi hilang, lendir dan cairan tetap berpotensi menumpuk di telinga tengah. Kondisi ini menimbulkan perasaan “penuh” di telinga sehingga mengganggu fungsi pendengaran.

  • Otitis Media Akut

Otitis media akut umumnya disertai  pembengkakan dan kemerahan di telinga belakang atau di sekitar gendang telinga. Demam, sakit telinga, dan gangguan pendengaran adalah gejala yang sering terjadi akibat cairan yang terperangkap di telinga tengah.

Pengobatan dan Pencegahan Otitis Media

Sebagian besar otitis media tidak memerlukan pengobatan khusus dan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, pada beberapa kasus, dokter akan memberikan obat-obatan. Bila otitis media sudah berlangsung dalam waktu lama, dokter akan melakukan bedah untuk mengeluarkan cairan dari dalam telinga.

Otitis media dapat dicegah dengan menjauhkan anak dari paparan asap rokok dan polusi udara, dan memastikan anak mendapatkan imunisasi lengkap sesuai jadwal. Selain itu, berikan ASI eksklusif pada bayi dan jangan membiarkan anak minum dari botol susu sambil berbaring.

Baca Juga: Kenali Cara Menjaga Kualitas Pendengaran di Usia Tua

3. Labirintitis

Labirintitis adalah kondisi inflamasi atau infeksi yang mempengaruhi labirin telinga bagian dalam. Labirin adalah struktur yang kompleks yang terdiri dari tulang dan jaringan membran yang memainkan peran penting dalam pendengaran dan keseimbangan. Ketika labirin terinfeksi atau meradang, hal itu dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu, termasuk vertigo (rasa pusing berputar), kehilangan keseimbangan, dan gangguan pendengaran.

Penyebab Labirintitis

Labirintitis biasanya disebabkan oleh infeksi, baik virus maupun bakteri. Gejala infeksi virus biasanya menyerang saluran pernapasan atas seperti flu atau pilek dapat menyebar ke telinga bagian dalam dan menyebabkan labirintitis. Penyebab fisik dan non fisik seperti cedera kepala dan stress juga menjadi faktor pemicu peradangan pada labirin. Beberapa kondisi autoimun dapat menyebabkan peradangan pada telinga bagian dalam.

Pencegahan dan Pengobatan

Jika Anda atau keluarga Anda mengalami gejala labirintitis, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil seperti menjaga kebersihan telinga agar bakteri dan virus tidak berkembang biak dan menjaga agar tidak stress berlebihan.

Untuk langkah pengobatan, upaya yang bisa diambil adalah dengan melakukan terapi mandiri, pengobatan medis ataupun langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis telinga.

Upaya terapi mandiri dapat dilakukan ketika Anda belum memiliki waktu untuk berkonsultasi ke dokter. Terapi pendukungnya seperti rehabilitasi vestibular yang dirancang untuk membantu otak beradaptasi dengan sinyal keseimbangan dan latihan mata dan kepala untuk mengurangi gejala pusing.

Untuk obat medis, beberapa obat yang bisa dikonsumsi adalah obat anti vertigo (Meclizine & Dimenhydrinate), obat anti mual, antibiotik atau antivirus, dan Kortikosteroid.

Baca Juga: Pendengaran dan Keseimbangan: Keterkaitan Sistem Pendengaran dengan Sistem Vestibuler

Jika Anda mengalami gejala-gejala inflamasi seperti di atas, segera konsultasikan dengan dokter agar segera ditangani.

Jika Anda mengalami masalah pendengaran, kami sebagai pusat alat bantu dengar siap memberikan solusi terbaik untuk Anda. Di Brilliant Hearing, kami menyediakan berbagai alat bantu dengar berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Kunjungi situs web kami untuk memulai langkah pertama dalam merawat kesehatan pendengaran Anda dengan memilih dari berbagai pilihan terbaik yang kami tawarkan.

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!