Search
Close this search box.

Otitis Eksterna: Infeksi Bakteri pada Telinga Luar yang Dapat Menyebabkan Nyeri dan Gangguan Pendengaran.

Otitis eksterna adalah suatu kondisi infeksi pada telinga luar yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan gangguan pendengaran pada penderitanya. Otitis eksterna biasanya terjadi ketika air tertahan dalam telinga setelah berenang atau mandi, sehingga menyebabkan bakteri atau jamur berkembang biak di area tersebut. Selain itu, kondisi kulit yang lembab, penggunaan alat bantu dengar, atau cedera pada telinga juga dapat meningkatkan risiko terjadinya otitis eksterna.

Otitis eksterna dapat terjadi secara akut atau kronis, dan dapat mempengaruhi bagian-bagian telinga seperti daun telinga, liang telinga, atau tulang belakang telinga. Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejala dan faktor risiko otitis eksterna serta melakukan pencegahan dan pengobatan yang tepat untuk menghindari dampak yang merugikan pada kesehatan telinga dan pendengaran.

Gejala Otitis Eksterna

Otitis eksterna dapat disertai dengan berbagai gejala, di antaranya:

  1. Nyeri telinga
    Rasa nyeri pada telinga merupakan gejala umum pada otitis eksterna, terutama ketika daun telinga atau liang telinga terkena infeksi. Nyeri ini dapat dirasakan semakin parah ketika telinga ditekan atau ditarik.
  2. Gatal pada telinga
    Rasa gatal pada telinga juga sering terjadi pada otitis eksterna. Rasa gatal ini dapat disebabkan oleh adanya iritasi pada kulit atau infeksi bakteri atau jamur pada telinga.
  3. Kemerahan pada telinga
    Telinga yang terkena otitis eksterna biasanya akan terlihat kemerahan, terutama pada daun telinga atau liang telinga. Kemerahan ini disebabkan oleh peradangan akibat infeksi.
  4. Pembengkakan pada telinga
    Pembengkakan pada telinga juga dapat terjadi pada otitis eksterna, terutama pada liang telinga. Pembengkakan ini disebabkan oleh peradangan akibat infeksi.
  5. Keluarnya cairan dari telinga
    Pada beberapa kasus, otitis eksterna dapat menyebabkan keluarnya cairan dari telinga. Cairan ini dapat berupa nanah atau lendir yang berbau tidak sedap.

Jenis-jenis Otitis Eksterna

Ada tiga jenis otitis eksterna yang umum terjadi, yaitu:

  1. Otitis Eksterna Akut
    Otitis eksterna akut adalah infeksi bakteri atau jamur pada telinga luar yang terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan gejala yang nyata seperti nyeri, gatal, kemerahan, pembengkakan, dan keluarnya cairan dari telinga. Otitis eksterna akut umumnya dapat diobati dengan obat tetes telinga atau antibiotik.
  2. Otitis Eksterna Kronis
    Otitis eksterna kronis adalah infeksi bakteri atau jamur pada telinga luar yang terjadi secara berulang-ulang atau berlangsung dalam waktu yang lama. Otitis eksterna kronis dapat menyebabkan komplikasi seperti kerusakan pada tulang belakang telinga. Pengobatan otitis eksterna kronis meliputi pengobatan infeksi dan pencegahan terjadinya infeksi berulang.
  3. Otitis Eksterna Osteomielitis
    Otitis eksterna osteomielitis adalah kondisi yang jarang terjadi namun serius, di mana infeksi pada telinga eksterna menyebar ke tulang belakang telinga dan menyebabkan kerusakan tulang. Otitis eksterna osteomielitis memerlukan pengobatan yang intensif dengan antibiotik dan tindakan pembedahan.

Faktor Risiko Otitis Eksterna

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko terjadinya otitis eksterna, di antaranya:

  1. Penggunaan alat bantu dengar
    Penggunaan alat bantu dengar dapat meningkatkan risiko terjadinya otitis eksterna karena dapat menghalangi ventilasi udara dan menyebabkan penumpukan kelembaban pada telinga.
  2. Kondisi kulit yang lembab
    Kondisi kulit yang lembab pada telinga dapat memicu pertumbuhan bakteri atau jamur dan menyebabkan otitis eksterna.
  3. Aktivitas air seperti berenang atau mandi
    Aktivitas air seperti berenang atau mandi dapat meningkatkan risiko terjadinya otitis eksterna karena air yang tertahan di dalam telinga dapat menyebabkan infeksi pada telinga.
  4. Cedera pada telinga
    Cedera pada telinga seperti luka atau goresan dapat memicu terjadinya otitis eksterna karena dapat memudahkan bakteri atau jamur masuk ke dalam telinga.

Diagnosis Otitis Eksterna

Otitis eksterna dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik oleh dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT). Pada pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa telinga dan mencari tanda-tanda seperti kemerahan, pembengkakan, dan keluarnya cairan dari telinga.

Selain itu, dokter juga dapat melakukan kultur bakteri pada cairan telinga untuk memeriksa jenis bakteri atau jamur yang menyebabkan otitis eksterna. Hal ini penting untuk menentukan pengobatan yang tepat dan mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius.

Pengobatan Otitis Eksterna

Pengobatan otitis eksterna tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan infeksi. Beberapa metode pengobatan yang umum digunakan meliputi:

  1. Penggunaan obat tetes telinga
    Obat tetes telinga biasanya mengandung agen antimikroba dan steroid. Obat tetes telinga dapat membantu menghilangkan infeksi dan mengurangi peradangan pada telinga.
  2. Antibiotik
    Jika otitis eksterna disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter dapat meresepkan antibiotik untuk membantu menghilangkan infeksi.
  3. Tindakan pembedahan
    Tindakan pembedahan jarang dilakukan untuk mengobati otitis eksterna, kecuali jika infeksi telah menyebar ke tulang belakang telinga dan memerlukan tindakan operasi.

Pencegahan Otitis Eksterna

Beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya otitis eksterna antara lain:

  1. Hindari penggunaan benda asing pada telinga
    Hindari penggunaan cotton bud atau benda lainnya untuk membersihkan telinga, karena dapat merusak kulit dan menyebabkan infeksi.
  2. Jaga kebersihan telinga
    Membersihkan telinga dengan hati-hati dan menggunakan cara yang aman seperti membersihkan dengan handuk yang bersih atau kapas yang lembab.
  3. Hindari aktivitas air yang berlebihan
    Hindari berenang atau mandi terlalu lama, terutama jika telinga sudah terasa lembab atau basah.

Baca juga: Teknik Yoga untuk Meningkatkan Kesehatan Pendengaran

Kesimpulan

Otitis eksterna adalah kondisi infeksi pada telinga luar yang dapat menyebabkan gejala seperti nyeri, gatal, kemerahan, pembengkakan, dan keluarnya cairan dari telinga. Penting untuk mengenali gejala dan faktor risiko, serta melakukan pencegahan dan pengobatan yang tepat untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius pada kesehatan telinga dan pendengaran.

Temukan Produk Alat Bantu Dengar terbaik

Brilliant Hearing hadir untuk menyediakan alat bantu dengar bagi individu dari segala usia dan menghubungkan generasi melalui komunikasi yang lebih baik. Kami memahami bahwa gangguan pendengaran dapat mengisolasi dan mencegah individu untuk berpartisipasi penuh dalam percakapan dan aktivitas, terutama dengan orang yang dicintai dari generasi yang berbeda. Itulah mengapa kami berkomitmen untuk menyediakan solusi pendengaran yang dapat dipersonalisasi dan membantu menjembatani kesenjangan komunikasi.

Cek produk kami :

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!