Search
Close this search box.

Cara Mudah Merawat Alat Bantu Dengar Anda

Cara Mudah Merawat Alat Bantu Dengar Anda

Apakah Anda menggunakan alat bantu dengar? Jika iya, maka Anda pasti menyadari betapa pentingnya alat tersebut dalam menjaga kualitas pendengaran Anda.

Alat bantu dengar membantu Anda mendengar suara dengan jelas dan menikmati interaksi sosial tanpa hambatan. Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, alat bantu dengar juga membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap berfungsi optimal.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips sederhana namun efektif untuk merawat alat bantu dengar Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa alat bantu dengar Anda tetap dalam kondisi baik dan memberikan hasil terbaik bagi pendengaran Anda.

Jadi, mari kita lihat cara mudah merawat alat bantu dengar dari Brilliant Hearing, supaya bisa menjaga kualitas pendengaran yang optimal.

1. Ketahui Perangkat Untuk Telinga Kiri atau Kanan

Perhatikan penanda warna pada perangkat Anda – ada penanda merah untuk telinga kanan dan penanda biru untuk telinga kiri. Meskipun hal ini mungkin tampak sederhana dan sepele, penting untuk memasang alat bantu dengar pada telinga yang sesuai.

Salah memasang perangkat pada telinga yang salah dapat menyebabkan masalah pendengaran yang lebih parah.

Jika Anda menggunakan dua alat bantu dengar, kedua perangkat tersebut dirancang secara khusus untuk tingkat pendengaran yang berbeda di setiap telinga, jadi pastikan untuk tidak menukar posisinya.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

2. Bersihkan Perangkatnya

Gunakan sikat yang disediakan untuk membersihkan dengan lembut lilin atau kotoran dari lubang tempat suara keluar pada perangkat Anda. Jika Anda menggunakan alat bantu dengar tipe in-the-ear, pastikan untuk mengeluarkan lilin atau kotoran dari dalam lubang udara.

Untuk perangkat dengan cetakan telinga, lepaskan cetakan dari alat bantu dengar dengan mengeluarkan selang dari pengait telinga.

Kemudian, rendam cetakan dalam secangkir air hingga lilin atau kotoran menjadi lunak. Gunakan air hangat untuk membilas cetakan hingga bening, dan kemudian keringkan dengan mengocok air secara perlahan dan mengelapnya dengan tisu.

Jika Anda memiliki perangkat di belakang telinga, pastikan juga untuk membersihkan cetakan telinga. Lepaskan cetakan dari alat bantu dengar dengan menarik selang dari pengait telinga.

Rendam cetakan dalam secangkir air hingga lilin atau kotoran menjadi lunak. Bilas cetakan dengan air hangat hingga bening, kemudian keringkan dengan mengocok air secara perlahan dan mengelapnya dengan tisu.

Baca juga: Mengapa Perlengkapan Membersihkan Alat Bantu Dengar Penting?

3. Bersihkan Wadah Alat Bantu Dengar

Lepaskan wadah telinga dari alat bantu dengar dengan hati-hati menarik selang dari kait telinga.

Gunakan nosel peniup udara dan masukkan ke ujung cetakan telinga atau ujung pipa yang terbuka. Tiup dengan lembut untuk menghilangkan lilin atau kelembapan yang ada.

Setelah membersihkan cetakan telinga, pasang kembali dengan memasukkan selang kembali ke kait telinga dengan hati-hati. Pastikan cetakan telinga terpasang dengan kokoh dan aman pada perangkat.

4. Letakkan Alat Bantu Dengar di Tempat Kering

Pastikan Anda selalu menyimpan alat bantu dengar Anda di tempat yang kering dan aman, terhindar dari gangguan anak-anak atau hewan peliharaan.

Pilihlah tempat penyimpanan yang tepat, seperti kasing empuk di laci nakas, yang dapat melindungi alat bantu dengar dengan baik.

Hindari meninggalkannya di area yang sering dilalui (seperti meja dapur) dan jauhkan dari paparan air atau kelembapan (seperti kamar mandi). Dengan cara ini, Anda dapat menjaga keamanan dan kualitas alat bantu dengar Anda agar tetap optimal.

5. Pastikan Tangan Selalu Bersih

Selalu ingat untuk mencuci tangan sebelum menggenggam alat bantu dengar Anda. Dengan melakukannya, Anda dapat mencegah transfer kotoran, debu, dan kuman dari tangan ke perangkat tersebut.

Langkah sederhana ini dapat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan alat bantu dengar Anda, serta memberikan perlindungan tambahan bagi pendengaran Anda.

6. Jauhkan Perangkat dari Basah

Penting untuk selalu melepas alat bantu dengar Anda sebelum melakukan aktivitas seperti mandi, mencuci muka, atau berenang.

Meskipun banyak alat bantu dengar saat ini memiliki tingkat ketahanan terhadap kelembapan sehari-hari, seperti keringat atau hujan ringan, namun tidak semua alat bantu dengar tahan terhadap paparan air atau kelembaban yang lebih signifikan.

Untuk menjaga alat bantu dengar Anda dalam kondisi yang baik, penting untuk menghindari paparan langsung terhadap air atau kelembaban berlebih.

Jika Anda berencana untuk berenang atau berada di lingkungan dengan risiko paparan air, disarankan untuk melepas alat bantu dengar Anda dan menyimpannya dengan aman di tempat yang kering.

7. Pakai Makeup Sebelum Menggunakan Alat Bantu Dengar

Anda benar, produk seperti riasan dan hairspray dapat memiliki bahan kimia yang dapat merusak sirkuit atau komponen alat bantu dengar.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari langsung menyemprotkan atau mengoleskan produk-produk tersebut dekat dengan alat bantu dengar Anda.

Sebagai langkah pencegahan, disarankan untuk mengaplikasikan riasan atau hairspray sebelum memasang alat bantu dengar Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa produk-produk tersebut tidak berpindah atau terkena langsung pada alat bantu dengar Anda.

8. Rawat Baterai

Anda benar, kelembapan dapat mempengaruhi wadah baterai alat bantu dengar.

Untuk menghindari masalah yang disebabkan oleh kelembapan, disarankan agar Anda melepaskan baterai alat bantu dengar saat menyimpannya di malam hari.

Dengan membiarkan wadah baterai terbuka, Anda memungkinkan kelembapan yang ada di dalamnya menguap dan mengering.

Selain itu, penting untuk mengganti baterai alat bantu dengar secara teratur sesuai dengan kebutuhan.

Umur baterai dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk model perangkat, frekuensi penggunaan, dan kebutuhan daya. Baterai alat bantu dengar umumnya dapat bertahan antara 3 hari hingga beberapa minggu sebelum perlu diganti.

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!