Search
Close this search box.

Cara Mengeluarkan Air dari Telinga: 12 Cara Mudah

cara mengeluarkan air dari telinga

Apakah Anda sering kali mengalami kemasukan air ketika mandi atau berenang? Simak informasi dari Brilliant Hearing tentang 12 cara mudah yaitu cara mengeluarkan air dari telinga.

Telinga Kemasukan Air

Saat telinga kemasukan air akan menyebabkan sensasi tidak nyaman dan justru menjadi masalah yang harus ditangai. Kemasukan air terjadi ketika berenang, saat mandi, atau terkena hujan.

Kemasukan air pada telinga apabila tidak segera diberikan penanganan justru akan menyebabkan infeksi telinga atau otitis eksterna. Mengalami kemasukan air pada telinga juga dapat menyebabkan telinga terasa penuh dan tersumbat.

Jika mengalami telinga kemasukan air, maka segera berikan penanganan terbaik seperti berusaha mengeluarkan air dari telinga.

12 Cara Mengeluarkan Air dari Telinga

Kemasukan air pada telinga akan membuat tidak nyaman. Mengeluarkan air pada telinga dapat dilakukan dengan cara metode seperti mengeringkan rambut, menggunakan berbagai obat tetes telinga, melakukan teknik manuver valsava, dan dengan menambahkan lebih banyak air.

Berenang atau mandi menjadi faktor penyebab terjadinya kemasukan air pada telinga. air yang terjebak dalam saluran telinga akan menyebabkan telinga merasakan sensasi geli. Sensasi ini dapat menyebar ke tulang tengorokan dan rahang.

Bahkan jika mengalami kemasukan air, telinga Anda tidak dapat mendengar dengan baik atau suara teredam. Biasanya air mengalir keluar dengan sendirinya. Namun, jika tidak, air yang terperangkap dapat menyebabkan infeksi telinga. Infeksi ini disebut sebagai telinga perenang atau otitis eksterna karena terjadi di saluran pendengaran eksternal, yaitu bagian luar telinga Anda.

cara mengeluarkan air dari telinga

Berikut 12 tips cara mengeluarkan air dari telinga.

1. Menggoyangkan daun telinga

Cara mengeluarkan air dari telinga dengan metode menggoyangkan daun telinga dengan lembut sambil memiringkan kepala dengan gerakan ke bawah ke arah bahu. Selain itu, dapat pula dengan menggelengkan kepala dari sisi ke sisi saat dalam posisi ini.

2. Teknik Gravitasi

Dengan melakukan teknik gravitasi akan membantu air mengalir dari telinga. Anda dapat memiringkan kepala selama beberapa menit dengan kepala di atas handuk untuk menyerap air kemudian air akan perlahan mengalir keluar dari telinga.

3. Teknik ruang hampa

cara mengeluarkan air dari telinga ketiga adalah dengan teknik menciptakan ruang hampa. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara memiringkan kepala ke samping lalu sandarkan telinga ke telapak tangan yang ditangkupkan. Kemudian dorong tangan dengan lembut ke depan dan ke belakang telinga dengan gerakan cepat dan ratakan saat mendorong dan mengangkupnya ketika menarik diri. Selanjutnya adalah memiringkan kepala ke bawah untuk membiarkan air mengalir.

4. Menggunakan pengering rambut

cara mengeluarkan air dari telinga dengan menggunakan pengering rambut. Pengering rambut dapat membantu Anda mengeluarkan air dari telinga. Anda dapat menyalakan pengering rambut ke pengaturan terendah kemudian pegang pengering rambut pada sekitar satu kaki dari telinga kemudian gerakkan dengan gerakan bolak balik. Tarik daun telinga biarkan udara hangat berhembus ke telinga.

5. Tetes telinga berupa alkohol dan cuka

cara mengeluarkan air dari telinga dengan meneteskan alkohol atau cuka. Alkohol dapat membantu menguapkan air di telinga Anda. Selain itu, alkohol juga memiliki efek antimikroba yang dapat membantu mencegah infeksi. Jika air terperangkap di telinga karena adanya penumpukan kotoran telinga, cuka dapat membantu membersihkannya.

Campurkan alkohol dan cuka dalam proporsi yang sama untuk membuat tetes telinga. Dengan menggunakan pipet steril, teteskan tiga atau empat tetes campuran ini ke dalam telinga Anda. Setelah itu, gosok bagian luar telinga dengan lembut. Tunggu selama 30 detik, kemudian miringkan kepala ke samping agar larutan keluar dari telinga.

Hindari menggunakan teknik meneteskan alkohol dan cuka apabila telinga mengalami infeksi, fendang telinga berlubang, dan tabung timpanostomi.

Baca Juga: Mengenal Cairan yang ke Luar dari Telinga atau Otorrhea

6. Menggunakan obat tetes telinga hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida dapat membantu membersihkan kotoran dan sisa-sisa yang mungkin menyebabkan air terjebak di dalam telinga Anda. Obat tetes telinga yang mengandung hidrogen peroksida dapat melarutkan sumbatan kotoran telinga di dalam telinga. Beberapa kondisi yang tidak boleh menggunakan obat tetes dengan kandungan hidrogen peroksida seperti mengalami infeksi telinga, cedera telinga, dan lubang gendang telinga.

7. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat mencegah infeksi telinga serta sebagai cara mengeluarkan air dari dalam telinga. Anda dapat menghangatkan minyak zaitun kemudian teteskan minyak ke dalam telinga yang sakit. Lakukan baring miring ke sisi lain selama 10 menit kemudian duduk dan miringkan telinga ke bawah. Air dan minyak harus mengalir keluar.

8. Memberikan lebih banyak air

Teknik memberi lebih banyak air pada telinga yang kemasukan air dapat membantu mengeluarkan air dari dalam telingga. Anda dapat berbaring menyamping kemudian isi telinga yang sakit dengan air menggunakan penetes bersih. Tunggu 5 detik lalu balikkan dengan telinga yang terkena air menghadap ke bawah, air akan mengalir keluar.

9. Obat tetes telinga

obat tetes telinga dapat membantu untuk mengurangi kelembapan pada saluran telinga luar serta membunuh bakteri atau menghilangkan telinga dan kotoran.

10. Menguap atau mengunyah

Saat air terjebak dalam telinga terutama pada tabung eustachius, Anda dapat menggerakkan mulut seperti menguap atau mengunyah untuk membantu meredakan ketegangan yang ada di saluran eustachius.

11. Teknik Manuver Valsava

Melakukan teknik manuver valsava untuk membantu membuka tuba eustachius tertutup. Anda dapat melakukan teknik napas dalam-dalam kemudian tutup mulut dan tekan perlahan lubang hidung dengan jari-jari. Perlahan hembuskan udara dari hidung. Apabila terderan suara letupan berarti eustachius telah terbuka.

Baca Juga: Cara Membersihkan Telinga Anda: Tips penting

12. Menggunakan teknik uap

Uap hangat dapat membantu melepaskan air dari telinga. Anda dapat mengisi mangkuk air panas yang mengepul. Tutup kepala dengan handuk kemudian hirup uap selama 5 hingga 10 menit.

Sekian informasi dari Brilliant Hearing tentang 12 cara mengeluarkan air dari telinga. Semoga informasi yang diberikan penulis dapat bermanfaat bagi para pembaca. Apabila Anda sudah melakukan teknik-teknik yang disarankan penulis namun tidak ada hasil, Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter agar mendapatkan perawatan terbaik untuk mengatasi air yang masuk dalam telinga.

Mengenal Brilliant Hearing merupakan penyedia alat bantu dengar serta konsultasi terkait kesehatan Pendengaran.

Salah satu produk dari Brilliang Hearing:

Audio Service HP3 G4

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!