Search
Close this search box.

Cara Membersihkan Telinga Anda: Tips penting

cara membersihkan telinga

Apakah Anda sering kali mengalami telinga berdenging? Bisa jadi telinga Anda kotor dan Anda perlu membersihkannya. Simak informasi dari Brilliant Hearing tentang tips penting cara membersihkan telinga.

Telinga

Indera pendengaran yaitu telinga merupakan bagian tubuh manusia yang sensitif. Telinga ini bisa kotor apabila tidak dibersihkan. Indera pendengaran mampu mengeluarkan cerumen prop yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi telinga dari benda asing.

Namun pada suatu kondisi, cerumen prop berupa lilin tidak dapat keluar dengan sendirinya menyebabkan telinga tersumbat. Telinga yang tersumbat menyebabkan gangguan pada pendengaran.

Mengalami telinga kotor dapat menyebabkan masalah pendengaran dan pendengaran tidak maksimal. Membersihkan telinga perlu kehati-hatian karena indera ini sangat sensitif. Telinga yang tidak dibersihkan akan mengalami rasa tersumbat pada pendengaran sehingga seseorang tidak maksimal dalam mendengarkan.

Masalah yang terjadi ketika telinga

Telinga yang tidak dibersihkan akan memicu terjadinya permasalahan yang dapat mengganggu proses pendengaran. Berikut ini beberapa masalah yang terjadi ketika telinga tidak dibersihkan.

1. Penyumbatan oleh Cerumen

Telinga yang tidak dibersihkan akan menyebabkan penumpukan serumen yang berlebihan yang dapat menyumbat saluran telinga dan menghalangi suara masuk ke telinga. Hal ini dapat menyebabkan pendengaran terganggu atau terasa seperti ada benda yang menghalangi di dalam telinga.

2. Mengalami Infeksi Telinga

Telinga yang tidak dibersihkan dapat memicu terjadinya infeksi telinga. Telinga yang kotor dan lembab dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri atau jamur. Hal ini dapat menyebabkan infeksi telinga, seperti otitis eksterna atau infeksi telinga bagian luar. Infeksi telinga biasanya ditandai dengan rasa sakit, gatal, pembengkakan, dan keluarnya cairan dari telinga.

3. Gangguan Pendengaran

Telinga yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan penumpukan serumen berlebihan sehingga dapat memicu terjadinya gangguan pendengaran. Ketika saluran telinga tersumbat oleh serumen, suara tidak dapat mencapai gendang telinga dengan jelas, sehingga mengganggu kemampuan pendengaran.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Baca Juga: Cara Aman Membersihkan Telinga Anda: Tip dan Apa yang Harus Dihindari

cara membersihkan telinga

Penyebab Telinga Tersumbat

Telinga yang kotor dapat menyebabkan penyumbatan pada telinga. Mengalami telinga tersumbat dapat terjadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti telinga banyak kotoran yang bersarang pada tabung eustachius, kemasukan air, perubahan ketinggian saat naik pesawat terbang, infeksi sinus, infeksi telinga tengah, dan mengalami alergi.

Pengobatan Telinga Tersumbat

Terdapat banyak cara untuk mengatasi masalah telinga tersumbat akibat kotoran. Apabila kotoran sudah mengeras dapat menggunakan obat-obatan seperti obat tetes telinga. Selain itu, dapat pula dilakukan dengan menggunakan barang-barang di rumah seperti membersihkan telinga dengan minyak zaitun untuk melunakkan kotoran telinga agar keluar.

Pada beberapa kasus, pengobatan telinga tersumbat dapat dengan cara konsultasi dokter THT untuk mendapatkan resep untuk mengatasi telinga tersumbat.

Tips Cara Membersihkan Telinga

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membersihkan telinga supaya tidak mengalami penyumbatan telinga akibat kotoran. Cara membersihkan telinga, juga ditentukan pada telinga bagian mana yang mengalami penyumbatan oleh kotoran. Biasanya kotoran telinga dapat menyumbat telinga tengah, belakang gendang telinga, atau telinga luar, bahkan saluran pendengaran merupakan tempat kotoran telinga menumpuk.

Simak cara membersihkan telinga dari Brilliant Hearing.

1. Menggunakan Teknik Air Hangat

Air hangat merupakan sebuah teknik cara membersihkan telinga. Anda dapat mencelupkan kain atau kasa steril kemudian celupkan pada air hangat kemudian bersihkan telinga secara perlahan dari daun telinga hingga lipatan daun telinga dalam.

2. Menggunakan Baby Oil

Selain air hangat, cara membersihkan telinga dapat menggunakan baby oil ketika di rumah. Baby oil ini dapat membantu melunakkan kotoran yang bersarang pada telinga.

3. Menggunakan obat tetes telinga

Cara membersihkan telinga dapat dengan obat tetes telinga. Pastikan obat tetes telinga Anda mengandung hidrogen peroksida untuk membantu mengeluarkan kotoran yang ada pada telinga.

Selain obat tetes telinga, Anda dapat membuat larutan dari hidrogen peroksida ke telinga Anda dengan cara mencampurkan hidrogen peroksida dengan air hangat dalam mangkuk kemudian teteskan pada telinga.

4. Menggunakan Minyak Mineral

Minyak mineral seperti minyak zaitun dapat membantu untuk membersihkan telinga. Anda dapat menghangatkan 2 sampai 3 sendok makan minyak mineral kemudian teteskan pada telinga. Jaga kondisi kepala Anda agar tetap miring selama 10 hingga 15 detik agar kotoran pada telinga dapat melunak.

5. Mengunjungi dokter THT

Kotoran telinga yang sudah menumpuk akan sulit untuk keluar. Apabila Anda mengalami kesulitan untuk mengeluarkan kotoran, Anda dapat berkonsultasi ke dokter THT untuk memastikan kebersihan telinga. Dokter akan membantu Anda membersihkan kotoran pada telinga. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penanganan dini dengan pemeriksaan terkait kesehatan pendengaran seperti telinga mengalami denging, nyeri telinga, bahkan infeksi pada telinga.

Baca Juga: Mengapa Perlengkapan Membersihkan Alat Bantu Dengar Penting?

Mengatasi Telinga Tersumbat

Kotoran telinga dapat menyumbat indera pendengaran. Oleh sebab itu, Brilliant Hearing akan merekomendasikan cara untuk mengatasi telinga tersumbat.

1. Metode Valsava Manuver

Valsava manuver merupakan teknik pernapasan untuk menjaga tekanan telinga saat berada di ketinggian. Ketika berada di ketinggian Anda mungkin merasakan telinga tersumbat oleh sebab itu, teknik ini akan bekerja untuk melonggarkan indera pendengaran Anda.

2. Dekongestan oral

Mengonsumsi dekongestan oral dapat berguna untuk mengatasi telinga tersumbat. Untuk mengonsumsi dekongestan oral disarankan untuk berkonsultasi ke dokter THT.

3. Irigasi telinga

Melakukan irigasi telinga dapat membantu mengatasi penyumbatan akibat kotoran. Irigasi telinga dapat sebagai cara membersihkan telinga. Dengan irigasi telinga, kotoran telinga akan lunak dan dapat keluar dengan sendirinya.

4. Mengompres hangat atau uap

Anda dapat mengompres hangat telinga atau mandi air panas untuk membantu mengatasi penyumbatan pada telinga.

Sekian informasi dari Brilliant Hearing mengenai cara membersihkan telinga dan tips untuk Anda. Semoga informasi yang diberikan penulis dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Mengenal Brilliant Hearing merupakan penyedia alat bantu dengar bagi individu berbagai usia. Brillant Hearing sebagai solusi pendengaran apabila Anda membutuhkan alat bantu dengar serta solusi terkait masalah pendengaran.

Simak salah satu produk dari Brilliang Hearing:

Audio Service Mood 3 G4

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!