Search
Close this search box.

10 Gejala Gangguan Pendengaran yang Harus Diwaspadai

10 Gejala Gangguan Pendengaran yang Harus Diwaspadai

Gangguan pendengaran yang terjadi secara perlahan seiring bertambahnya usia, juga dikenal sebagai presbiakusis, adalah hal yang umum terjadi. Lebih dari setengah jumlah orang di Amerika Serikat yang berusia di atas 75 tahun mengalami gangguan pendengaran terkait usia.

Terdapat tiga jenis gangguan pendengaran:

  1. Kondusif, yang melibatkan telinga luar atau tengah.
  2. Sensorineural, yang melibatkan telinga dalam.
  3. Campuran, yang merupakan kombinasi dari keduanya.
  4. Penuaan dan paparan suara keras dapat menyebabkan kehilangan pendengaran. Faktor lain, seperti penumpukan lilin telinga yang berlebihan, dapat menurunkan kinerja telinga untuk sementara waktu.

Umumnya, pendengaran yang hilang sulit untuk dikembalikan. Namun, ada cara untuk meningkatkan apa yang Anda dengar.

Apakah Gangguan Pendengaran itu Hal Biasa?

Iya, benar. Lebih dari 1 dari 10 orang di Amerika Serikat mengalami sejumlah tingkat kehilangan pendengaran:

  1. Sekitar 60.000 orang diperkirakan mengalami kehilangan pendengaran di satu telinga (kehilangan pendengaran unilateral).
  2. Sekitar 1 dari 3 orang dewasa di atas usia 65 tahun dan hampir setengah dari orang dewasa yang berusia 75 tahun ke atas mengalami kehilangan pendengaran terkait usia.
  3. Sekitar 2 dari 1.000 bayi lahir dengan beberapa jenis kehilangan pendengaran.

10 Gejala Gangguan Pendengaran

Lebih baik perhatikan sejak sekarang jika Anda mengalami beberapa gejala gangguan pendengaran seperti berikut ini!

1. Suara bicara dan suara lainnya terdengar merdu atau redup.

Kehilangan pendengaran akibat kebisingan dapat membuat suara-suara sehari-hari terdengar seperti teredam atau redup. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa telinga Anda mungkin telah terpapar kebisingan yang berlebihan.

2. Kesulitan mendengar suara-suara berfrekuensi tinggi (misalnya, suara burung, bel pintu, telepon, alarm jam).

Ketidakmampuan mendengar suara-suara berfrekuensi tinggi merupakan salah satu tanda kehilangan pendengaran akibat kebisingan.

Telinga yang terpapar kebisingan berlebihan cenderung mengalami penurunan kemampuan mendengar suara-suara dengan frekuensi tinggi.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

3. Kesulitan memahami percakapan saat berada di tempat bising, seperti restoran.

Kehilangan pendengaran akibat kebisingan dapat menyebabkan kesulitan dalam memahami percakapan, terutama ketika berada di lingkungan yang ramai. Ini bisa menjadi tanda bahwa telinga Anda mengalami dampak negatif dari kebisingan sehari-hari.

4. Kesulitan memahami pembicaraan melalui telepon

Jika Anda mengalami kesulitan memahami percakapan saat berbicara melalui telepon, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pendengaran. Mungkin sulit untuk mendengar suara dengan jelas atau mengartikulasikan kata-kata dengan benar.

5. Kesulitan mendengar konsonan dalam percakapan

Adanya kesulitan dalam mendengar konsonan-konsonan tertentu dalam percakapan bisa menunjukkan kemungkinan kehilangan pendengaran. Misalnya, kesulitan membedakan antara suara seperti s dan f, p dan t, atau sh dan th dapat menjadi indikasi adanya tantangan pendengaran.

6. Meminta orang lain berbicara lebih lambat dan jelas

Jika Anda sering meminta orang lain untuk berbicara dengan lebih lambat dan jelas, ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda menghadapi kesulitan dalam mendengarkan dengan jelas.

Ini mungkin karena telinga Anda mengalami penurunan kemampuan mendengar, dan Anda berusaha mencari cara agar komunikasi menjadi lebih mudah dipahami3

7. Meminta seseorang berbicara lebih keras atau mengulangi apa yang mereka katakan

Apabila Anda sering meminta seseorang berbicara dengan suara yang lebih keras atau mengulangi apa yang telah diucapkan, ini dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami kesulitan mendengar. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gangguan pendengaran atau kondisi telinga tertentu.

8. Menaikkan volume televisi atau radio

Jika Anda merasa perlu untuk terus-menerus menaikkan volume televisi atau radio agar terdengar lebih jelas, hal ini juga dapat menjadi petunjuk adanya masalah pendengaran. Tindakan ini mungkin diambil untuk mengatasi kesulitan mendengar suara-suara pada tingkat volume yang normal.

9. Telinga Berdenging

Jika Anda merasa telinga Anda terus-menerus berdenging atau berdesing tanpa adanya suara eksternal yang jelas, ini bisa menjadi gejala tinnitus.

Tinnitus adalah kondisi di mana seseorang mendengar suara berdenging, berdesing, atau berdering tanpa adanya sumber suara eksternal.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk paparan kebisingan berlebihan atau masalah kesehatan tertentu.

Baca juga: Tinnitus: Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan

10. Hipersensitivitas terhadap suara tertentu (suara tertentu sangat mengganggu atau menyebabkan rasa sakit)

Jika Anda merasa sangat terganggu atau bahkan merasakan rasa sakit saat terpapar oleh suara tertentu, ini dapat menunjukkan adanya hipersensitivitas suara.

Kondisi ini dikenal sebagai hipersensitivitas auditori atau misofonia. Penderita misofonia merasakan suara umum sehari-hari sebagai sangat mengganggu atau bahkan menyakitkan.

Hal ini bisa menjadi tantangan dalam berbagai situasi, seperti di lingkungan kerja atau sosial.

Pencegahan Dini Gangguan Pendengaran

Jangan tunggu hingga Anda menunjukkan tanda-tanda kehilangan pendengaran. Lakukan pemeriksaan pendengaran oleh dokter Anda selama pemeriksaan rutin Anda.

Baca juga: Kaitan Antara Penyakit Telinga Dan Risiko Gangguan Pendengaran

Evaluasi pendengaran dasar biasanya mencakup pemeriksaan singkat di telinga dengan lampu khusus untuk melihat ke dalam saluran telinga (otoskop) dan pemeriksaan lain untuk menilai suara yang dapat Anda dengar.

Dokter Anda mungkin akan merujuk Anda ke seorang spesialis pendengaran (audiolog) atau penyedia layanan kesehatan lain yang berkualifikasi untuk menguji pendengaran jika Anda:

  1. Memiliki riwayat paparan kebisingan yang keras,
  2. Merasa pendengaran Anda telah berubah, atau
  3. Memiliki keluarga atau teman yang mengatakan bahwa Anda kesulitan mendengar dan memahami mereka. Orang di sekitar kita mungkin menjadi yang pertama menyadari masalah pendengaran kita.
  4. Audiolog (spesialis pendengaran) dapat meminta Anda mendengarkan berbagai suara melalui headphone. Ini membantu mengidentifikasi suara-suara terlemah yang dapat Anda dengar. Audiolog juga mungkin meminta Anda mengulang daftar kata-kata atau menyelesaikan tes khusus lainnya.

Percayakan kesehatan telinga Anda kepada tenaga ahli profesional dari Brilliant Hearing!

Brilliant Hearing adalah Pusat Alat Bantu Dengar Berkualitas dengan produk bergaransi dan harga terjangkau. Kami menyediakan berbagai opsi alat bantu dengar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!