Search
Close this search box.

Over the Counter vs. Prescription Hearing Aids

over the counter vs. prescription hearing aids

Apakah Anda mengetahui tentang Over the Counter dan Prescription Hearing Aids? Simak informasinya dari  Brilliant Hearing tentang perbedaan over the counter vs. prescription hearing aids.

Mengenal Alat Bantu Dengar Over the Counter vs. Prescription Hearing Aids

Over the counter dan prescription hearing aids adalah alat bantu dengar yang berbeda. Keduanya memiliki fitur masing-masing, manfaat, kekurangan, dan banyak lagi. Kedua alat bantu dengar ini tentunya perlu resep dari tenaga dokter spesialis pendengaran untuk mendapatkannya.

Namun baru-baru ini FDA atau Food and Druf Administration menyelesaikan sebuah aturan untuk membeli alat bantu dengar jenis over the counter atau OTC langsung di toko dan online tanpa perlu resep.

Saat ini penderita gangguan pendengaran yang membutuhkan alat bantu dengar dapat membeli over the counter atau alat bantu dengar prescription hearing aids.

Mengenal Prescription Hearing Aids

Prescription Hearing Aids atau disebut dengan alat bantu dengar resep dapat membantu mengatasi masalah pendengaran dalam berbagai tingkat keparahan mulai dari ringan hingga berat. Namun alat ini bermanfaat bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran yang berat hingga sangat berat.

Umumnya, alat bantu dengar prescription hearing aids memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan alat bantu dengar tanpa resep karena dilengkapi dengan keahlian para ahli pendengaran.

Para spesialis pendengaran atau audiolog akan melakukan tes pendengaran menggunakan peralatan canggih, menyesuaikan alat bantu dengar sesuai dengan bentuk telinga Anda yang unik, dan membantu Anda dalam menyesuaikan penggunaannya melalui jadwal tindak lanjut.

Mengenal Alat Bantu Dengar Over the Counter

Alat bantu dengar Over the counter merupakan pilihan alternatif bagi penderita gangguan pendengaran dalam memilih alat bantu dengar resep. Jenis alat bantu dengar over the counter dirancang untuk mengatasi gangguan pendengaran ringan hingga sedang pada orang dewasa yang berusia 18 tahun ke atas.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Alat bantu dengar Over the counter saat ini dapat ditemukan secara langsung di toko maupun melalui platform online. Aturan ini ditetapkan untuk mengurangi biaya perawatan kesehatan bagi penderita gangguan pendengaran. Meskipun alat bantu dengar Over the counter memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan alat bantu dengar resep, namun mereka tidak memberikan tingkat kesesuaian atau kualitas yang sama.

over the counter vs. prescription hearing aids

Perbedaan Over the Counter vs. Prescription Hearing Aids

Kedua alat bantu dengar yaitu over the counter dan prescription hearing aids memiliki konsep yang sama. Namun terdapat beberapa perbedaan antara kedua alat bantu tersebut. Berikut ini perbedaannya.

1. Kondisi Gangguan Pendengaran

Perbedaan over the counter vs. prescription hearing aids terletak pada kegunaan alat tersebut. Umumnya over the counter digunakan untuk penderita gangguan pendengaran ringan hingga sedang. Sedangkan prescription hearing aids digunakan untuk penderita gangguan pendengaran ringan, sedang, berat, hingga sangat berat. Untuk mendapatkan alat bantu dengar prescription hearing aids perlu untuk pemeriksaan dengan dokter spesialis pendengaran.

2. Harga

Perbedaan over the counter vs. prescription hearing aids kedua adalah harga dari alat bantu dengar tersebut. Harga alat bantu dengar over the counter lebih terjangkau dibandingkan dengan prescription hearing aids.

Jenis – Jenis Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar terbagi menjadi 4 berdasarkan cara pemasangannya yakni:

– Alat Bantu Dengar Belakang Telinga (BTE)

– In the Canal (ITC) atau di dalam kanal

– Alat Bantu dengar di Telinga atau ITE

– Penerima dalam kanal atau Receiver in the Canal (RIC)

Pro dan Kontra Over the Counter vs. Prescription Hearing Aids

Penggunaan alat bantu dengar over the counter vs. prescription hearing aids memiliki pro dan kontra antara keduanya. Simak informasinya

Pro Over the Counter vs. Prescription Hearing Aids

Perbedaan Pro antara over the counter vs. prescriptiion hearing aids adalah pada Over the Counter yaitu alat ini memiliki harga yang lebih murah, tersedia secara online di toko serta tidak memerlukan resep serta ujian.

Kemudian pro dari prescription hearing aids adalah alat bantu dengar ini dapat disesuaikan dengan bentuk telinga penderita gangguan pendengaran dan kebutuhan individu. Untuk mendapatkan alat ini perlu tes pendengaran dan mengetahui penyebab terjadinya gangguan pendengaran. Tes pendengaran dilakukan oleh tenaga profesional seperti dokter THT serta akan mendapatkan perlindungan asuransi yang lebih baik.

Baca Juga: Perbedaan hearing Amplifier dan Alat Bantu

Kontra Over the Counter vs. Prescription Hearing Aids

Perbedaan kontra dari alat over the counter adalah biasanya tidak ditanggung oleh asuransi, melewatkan tes pendengaran sehingga bisa saja alat tersebut akan tidak berguna untuk mengatasi gangguan pendengaran, dan pendekatan hanya pada satu ukuran yang tidak dapat disesuaikan penderita gangguan pendengaran.

Sedangkan kontra dari prescription hearing aids adalah penderita gangguan pendengaran harus menunggu penggantian asuransi, memiliki harga yang mahal, serta dokter akan merekomendasikan pilihan merek yang terbatas.

Sekian informasi dari Brilliant Hearing tentang Over the Counter vs. Prescription Hearing Aids. Semoga informasi yang diberikan penulis dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Mengenal Brilliant hearing merupakan penyedia alat bantu dengar lengkap beserta tim ahli yang dapat membantu Anda memilihkan alat bantu dengar yang cocok dengan kondisi pendengaran Anda.

Salah satu produk Brilliant Hearing:

Audio Service Mood 4 G6 Li-Ion

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!