Search
Close this search box.

Menghindari Gangguan Pendengaran: 10 Lokasi yang Perlu Diwaspadai

Menghindari Gangguan Pendengaran: 10 Lokasi yang Perlu Diwaspadai

Apakah kamu menyadari bahwa sering berada di lingkungan bising dapat berdampak negatif pada pendengaran?

Awalnya, mungkin dampaknya tidak terlalu terasa, tetapi paparan berulang terhadap suara keras atau bising dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan penurunan fungsi pendengaran.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui lokasi-lokasi umum yang dapat berpotensi merugikan kesehatan pendengaran.

Penting untuk dicatat bahwa batas aman tingkat kebisingan yang dapat diterima oleh telinga manusia adalah 80 desibel.

Meskipun mendengarkan suara pada level 80 desibel selama 24 jam dianggap masih aman, namun melebihi batas tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada indera pendengaran, bahkan berisiko menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

Lokasi dengan Tingkat Kebisingan Berlebih

Beberapa lokasi teridentifikasi memiliki tingkat kebisingan yang melebihi 80 desibel, yang dapat mengancam kesehatan pendengaran. Di mana saja lokasi tersebut, berikut ulasannya dari Brilliant Hearing!

1. Konser Musik

Apakah kamu sering menghadiri konser musik dan menikmatinya?

Perlu diingat, kebisingan di konser musik bisa mencapai lebih dari 100 desibel.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Terutama jika kamu menghadiri konser rock dengan tingkat volume yang sangat tinggi, serta berada dekat dengan speaker, perlu berhati-hati terhadap dampaknya pada pendengaran kamu.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Telinga Saat Menggunakan Earphone Atau Headphone

2. Tempat Bermain Anak

Tempat bermain anak di pusat perbelanjaan rupanya memiliki tingkat kebisingan yang mencapai 96,1 desibel. Faktor penyebabnya termasuk penggunaan musik dengan volume tinggi dan suara anak-anak yang berteriak.

Terlebih lagi, pada beberapa mesin permainan khusus, tingkat kebisingannya bahkan bisa mencapai rentang 101,3–128 desibel. Oleh karena itu, disarankan kepada para orangtua untuk tidak terlalu sering membawa anak ke area bermain yang terdapat di pusat perbelanjaan.

Menghabiskan waktu di lingkungan dengan tingkat kebisingan mencapai 100 desibel sebaiknya dibatasi hingga 15 menit saja, karena melebihi batas tersebut dapat berpotensi merusak pendengaran.

3. Bengkel sekolah

Pada umumnya, di sekolah menengah kejuruan teknik, praktik-praktik dilakukan dengan menggunakan mesin-mesin yang menghasilkan suara cukup keras, mencapai tingkat kebisingan di atas 80 desibel.

Seharusnya, para pelajar dilengkapi dengan tutup telinga saat berinteraksi dengan mesin-mesin di bengkel.

Namun, disayangkan, beberapa sekolah tidak menyediakan fasilitas penutup telinga kepada para pelajar.

4. Stasiun Angkutan Umum

Pernahkah Anda pergi bepergian menggunakan angkutan umum ke Kupang, Sorong, Padang, atau bahkan Ternate? Angkutan umum yang menuju ke destinasi tersebut sering kali memainkan musik dengan volume suara yang hampir mencapai batas maksimal.

Berdasarkan pengukuran, tingkat kebisingan pada angkutan umum menuju ke Sorong dapat mencapai 110 desibel. Padahal, diketahui bahwa telinga manusia hanya mampu menahan suara dengan level lebih dari 100 desibel selama 5 menit saja.

5. Klub Malam

Tempat hiburan atau klub malam seringkali memiliki musik dengan volume tinggi dan ramai pengunjung, menyebabkan tingkat kebisingan yang cukup tinggi di dalamnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Telinga Berdengung Akibat Kebisingan Di Tempat Kerja

6. Bandara Internasional

Bandara internasional adalah salah satu lokasi dengan tingkat kebisingan tinggi. Aktivitas penerbangan, terutama suara mesin pesawat saat lepas landas dan mendarat, dapat menciptakan lingkungan yang sangat bising di sekitar landasan pacu.

Selain itu, kebisingan juga dapat berasal dari aktivitas di dalam terminal bandara, seperti pengumuman, aktivitas penumpang, dan kegiatan operasional lainnya.

7. Jalan Raya Padat Lalu Lintas

Kawasan jalan raya yang padat lalu lintas merupakan sumber kebisingan signifikan. Suara kendaraan bermotor, klakson, dan suara lalu lintas lainnya dapat menciptakan lingkungan yang sangat bising, terutama pada jam-jam sibuk.

Tingkat kebisingan ini tidak hanya memengaruhi kenyamanan pengguna jalan, tetapi juga dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan penduduk yang tinggal di sekitarnya, seperti gangguan tidur dan peningkatan risiko masalah kesehatan terkait kebisingan.

8. Kawasan Industri

Lokasi industri cenderung menjadi sumber tingkat kebisingan tinggi karena keberadaan mesin-mesin berat dan peralatan industri.

Aktivitas operasional pabrik, seperti suara mesin produksi, alat-alat berat, dan proses manufaktur, dapat menciptakan lingkungan yang bising.

Tingkat kebisingan yang tinggi di kawasan industri dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan pekerja dan penduduk sekitarnya, termasuk potensi gangguan pendengaran dan stres.

9. Pusat Perbelanjaan Ramai

Pusat perbelanjaan yang ramai dengan pengunjung sering kali menjadi tempat dengan tingkat kebisingan yang cukup tinggi.

Suara dari kerumunan pengunjung, musik latar yang diputar, dan aktivitas promosi di toko-toko dapat menciptakan lingkungan yang ramai dan bising.

Meskipun mungkin terasa sibuk dan hidup, tingkat kebisingan yang konstan dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengunjung dan juga dapat berdampak pada tingkat stres dan kelelahan.

10. Stadion atau Aula Pertandingan

Stadion atau aula pertandingan menjadi arena besar yang seringkali menyajikan acara olahraga atau pertunjukan hiburan dengan jumlah penonton yang mencapai ribuan hingga puluhan ribu orang.

Saat momen penting seperti pertandingan sepak bola, konser musik, atau pertunjukan besar lainnya, suara sorak sorai dari penonton yang penuh antusias dan bergembira dapat menciptakan tingkat kebisingan yang signifikan di sekitar lingkungan tersebut.

Suasana yang ramai dan penuh semangat di stadion atau aula pertandingan membawa dinamika suara yang sangat khas. Sorak sorai penonton yang terjadi secara bersamaan dengan hiburan di atas panggung menciptakan lapisan kebisingan yang menggema di seluruh arena.

Jika Anda sedang mengalami gangguan pendengaran dan sedang mencari alat bantu dengar terbaik dan berkualitas, maka percayakan kepada Brilliant Hearing.

Brilliant Hearing adalah Pusat Alat Bantu Dengar Berkualitas dengan produk bergaransi dan harga terjangkau. Kami menyediakan berbagai opsi alat bantu dengar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!