Search
Close this search box.

Kaitan antara Usia dan Kebutuhan Alat Bantu Dengar

Gangguan pendengaran menjadi masalah kesehatan yang semakin sering terjadi di berbagai kalangan usia. Menurut data WHO, pada tahun 2019, lebih dari 466 juta orang di seluruh dunia mengalami gangguan pendengaran, dan diperkirakan jumlah ini akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Salah satu solusi yang dapat membantu individu dengan gangguan pendengaran adalah dengan menggunakan alat bantu dengar (ABD). Namun, kebutuhan dan jenis ABD yang dibutuhkan dapat berbeda-beda tergantung pada rentang usia.

Alat Bantu Dengar

Alat Bantu Dengar (ABD) adalah perangkat elektronik yang dirancang untuk membantu individu dengan gangguan pendengaran dalam mendengar dan memahami suara. ABD bekerja dengan menguatkan suara yang masuk ke telinga sehingga dapat didengar dengan lebih jelas.

Jenis-jenis alat bantu dengar:

  • ABD di dalam telinga (In-The-Ear, ITE)
  • ABD di belakang telinga (Behind-The-Ear, BTE)
  • ABD dengan open-fit (Open-Fit)
  • ABD dalam saluran telinga (In-The-Canal, ITC)
  • ABD sepenuhnya di dalam saluran telinga (Completely-In-The-Canal, CIC)

Manfaat alat bantu dengar:

  • Meningkatkan kemampuan mendengar dan memahami suara
  • Meningkatkan interaksi sosial dengan orang lain
  • Meningkatkan kualitas hidup dengan mengurangi rasa kesepian, kecemasan, dan depresi
  • Meningkatkan kemampuan belajar dan kinerja pekerjaan
  • Meningkatkan keselamatan dengan mampu mendengar suara kendaraan dan peringatan bahaya lainnya.

Kebutuhan Alat Bantu Dengar pada Berbagai Rentang Usia

Kebutuhan alat bantu dengar dapat berbeda-beda pada berbagai rentang usia. Berikut adalah penjelasan kebutuhan alat bantu dengar pada tiga rentang usia yang berbeda:

  1. Anak-anak:
    Anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran memerlukan pendekatan yang berbeda dalam penanganan alat bantu dengar dibandingkan dengan orang dewasa. Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan alat bantu dengar pada anak-anak adalah jenis dan tingkat gangguan pendengaran yang diderita, tingkat keaktifan anak dalam bermain dan berinteraksi dengan orang lain, dan kemampuan anak untuk merawat ABD mereka sendiri. Selain itu, pemilihan ABD juga harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan anak.
  2. Dewasa Muda:
    Individu dewasa muda yang mengalami gangguan pendengaran seringkali merasa malu dan enggan untuk menggunakan alat bantu dengar. Namun, dengan menggunakan ABD, mereka dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan memahami percakapan, serta meningkatkan interaksi sosial mereka. Pemilihan ABD pada dewasa muda harus memperhatikan faktor-faktor seperti gaya hidup, kebutuhan pekerjaan, dan kemampuan finansial.
  3. Orang Tua:
    Individu yang telah memasuki usia lanjut seringkali mengalami penurunan fungsi pendengaran yang disebabkan oleh faktor usia. Kebutuhan alat bantu dengar pada orang tua harus memperhatikan faktor-faktor seperti tingkat keaktifan fisik, kemampuan penglihatan, dan tingkat kecemasan terhadap penggunaan ABD. Selain itu, pemilihan ABD pada orang tua juga harus memperhatikan kemampuan mereka dalam merawat dan mengoperasikan ABD.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Alat Bantu Dengar

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan alat bantu dengar pada individu dengan gangguan pendengaran. Berikut adalah penjelasan mengenai faktor-faktor tersebut:

  1. Faktor Usia:
    Penurunan fungsi pendengaran sering terjadi pada individu yang telah memasuki usia lanjut. Seiring bertambahnya usia, telinga manusia mengalami perubahan struktur dan fungsi yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Oleh karena itu, individu yang lebih tua seringkali memerlukan alat bantu dengar yang lebih canggih dan efektif dibandingkan dengan individu yang lebih muda.
  2. Faktor Lingkungan:
    Faktor lingkungan seperti kebisingan dan paparan suara yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pendengaran manusia. Individu yang terpapar lingkungan bising atau suara keras secara terus-menerus seringkali memerlukan alat bantu dengar yang lebih kuat dan efektif.
  3. Faktor Genetik:
    Beberapa jenis gangguan pendengaran disebabkan oleh faktor genetik yang diwariskan dari orang tua. Individu yang memiliki riwayat keluarga dengan gangguan pendengaran seringkali memerlukan alat bantu dengar untuk membantu memperbaiki atau mengatasi gangguan pendengaran yang mereka alami.

Pemilihan ABD yang tepat harus mempertimbangkan faktor-faktor tersebut agar dapat memberikan manfaat maksimal bagi penggunanya. Tes pendengaran sebelum pemilihan ABD juga sangat penting untuk mengetahui jenis dan tingkat gangguan pendengaran yang diderita serta menentukan jenis ABD yang paling sesuai untuk pengguna.

Penanganan Kebutuhan Alat Bantu Dengar

Setelah mengetahui kebutuhan alat bantu dengar pada berbagai rentang usia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, langkah selanjutnya adalah penanganan kebutuhan alat bantu dengar. Berikut adalah penjelasan mengenai penanganan kebutuhan alat bantu dengar:

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!
  1. Tes Pendengaran:
    Tes pendengaran sangat penting dilakukan sebelum memilih alat bantu dengar. Tes pendengaran akan membantu mengetahui jenis dan tingkat gangguan pendengaran yang diderita, sehingga pemilihan alat bantu dengar dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  2. Pemilihan Alat Bantu Dengar:
    Pemilihan alat bantu dengar harus dilakukan dengan hati-hati dan mempertimbangkan berbagai faktor seperti tingkat gangguan pendengaran, rentang usia, dan kebutuhan individu. Alat bantu dengar yang tepat akan membantu meningkatkan kemampuan mendengar dan memahami suara dengan lebih jelas.
  3. Pemakaian dan Perawatan Alat Bantu Dengar:
    Pemakaian dan perawatan alat bantu dengar juga sangat penting untuk memperpanjang umur pakai dan memastikan kinerja ABD yang optimal. Pengguna harus memahami cara penggunaan dan perawatan ABD yang benar, seperti membersihkan ABD secara teratur, menjaga kebersihan telinga, dan mengganti baterai secara berkala.

Baca juga : Alat Bantu Dengar yang Dapat Dicontoh dengan Perangkat Audio Lainnya

Kesimpulan

Gangguan pendengaran menjadi masalah kesehatan yang semakin sering terjadi di berbagai kalangan usia. Alat Bantu Dengar (ABD) adalah solusi yang dapat membantu individu dengan gangguan pendengaran dalam mendengar dan memahami suara. Kebutuhan alat bantu dengar dapat berbeda-beda pada berbagai rentang usia. Pemilihan ABD yang tepat harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti faktor usia, faktor lingkungan, dan faktor genetik. Tes pendengaran sebelum pemilihan ABD juga sangat penting. Pemakaian dan perawatan alat bantu dengar juga sangat penting untuk memperpanjang umur pakai dan memastikan kinerja ABD yang optimal. Dalam penanganan kebutuhan alat bantu dengar, kerjasama antara pengguna dan ahli audiology sangat penting untuk memastikan bahwa ABD yang dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan penanganan yang tepat, individu dengan gangguan pendengaran dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan memahami suara, serta meningkatkan kualitas hidup mereka.

Temukan Produk Alat Bantu Dengar terbaik

Brilliant Hearing hadir  untuk menyediakan alat bantu dengar bagi individu dari segala usia dan menghubungkan generasi melalui komunikasi yang lebih baik. Kami memahami bahwa gangguan pendengaran dapat mengisolasi dan mencegah individu untuk berpartisipasi penuh dalam percakapan dan aktivitas, terutama dengan orang yang dicintai dari generasi yang berbeda. Itulah mengapa kami berkomitmen untuk menyediakan solusi pendengaran yang dapat dipersonalisasi dan membantu menjembatani kesenjangan komunikasi.

Cek produk kami :

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!