Search
Close this search box.

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat akibat Perubahan Tekanan Udara Saat Terbang

Perjalanan udara menjadi salah satu pilihan transportasi yang semakin diminati oleh banyak orang. Namun, terbang dengan pesawat bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti telinga tersumbat. Hal ini disebabkan oleh perubahan tekanan udara yang terjadi saat pesawat lepas landas atau mendarat. Telinga tersumbat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, sakit, dan bahkan dapat mempengaruhi pendengaran.

Faktor yang Mempengaruhi Telinga Tersumbat

A. Ketinggian Terbang

Ketinggian terbang pesawat dapat mempengaruhi tingkat keparahan telinga tersumbat yang dialami. Semakin tinggi pesawat terbang, semakin besar perbedaan tekanan udara antara dalam dan luar telinga, sehingga semakin tinggi pula tingkat keparahan telinga tersumbat yang terjadi. Oleh karena itu, pada pesawat yang terbang pada ketinggian yang lebih tinggi seperti pesawat komersial dapat menyebabkan telinga tersumbat yang lebih parah.

B. Penurunan Kabin Pesawat

Selain ketinggian terbang, penurunan kabin pesawat juga dapat mempengaruhi tingkat keparahan telinga tersumbat. Saat pesawat mulai mendarat dan ketinggiannya semakin rendah, tekanan udara di kabin pesawat mulai meningkat dan dapat menyebabkan perbedaan tekanan udara antara luar dan dalam telinga yang lebih besar. Hal ini dapat menyebabkan telinga tersumbat yang lebih parah daripada saat lepas landas.

C. Gejala Telinga Tersumbat

Gejala telinga tersumbat saat terbang dapat berbeda-beda pada setiap orang tergantung pada tingkat keparahan telinga tersumbat yang dialami. Beberapa gejala umum yang dapat terjadi antara lain telinga terasa penuh, sakit, terdengar bunyi berdengung atau berdesing, dan bahkan dapat terjadi gangguan pendengaran sementara. Selain itu, beberapa orang juga dapat merasakan sakit kepala, vertigo, atau mual akibat telinga tersumbat. Jika gejala telinga tersumbat yang dialami semakin parah atau berlangsung dalam waktu yang lama, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat saat Terbang

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi telinga tersumbat saat terbang, antara lain:

A. Menelan Air atau Minuman

Menelan air atau minuman dapat membantu mengurangi perbedaan tekanan udara antara dalam dan luar telinga. Sebaiknya menggunakan air atau minuman yang hangat atau suhu ruangan untuk membantu mengurangi ketegangan otot di sekitar telinga.

B. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat membantu merangsang produksi air liur dan membuka saluran tuba Eustachius yang terhubung dengan telinga bagian dalam. Permen karet dengan rasa mint atau peppermint dapat membantu memberikan efek pendinginan yang menyegarkan.

C. Meniup Hidung dengan Lembut

Meniup hidung dengan lembut dapat membantu mengeluarkan udara dari saluran tuba Eustachius dan mengurangi perbedaan tekanan udara yang terjadi pada telinga. Namun, pastikan untuk meniup hidung dengan lembut agar tidak menyebabkan cedera atau iritasi pada saluran tuba Eustachius.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

D. Menggunakan Earplug atau Earphone Noise Cancelling

Menggunakan earplug atau earphone noise cancelling dapat membantu mengurangi suara bising di dalam kabin pesawat dan membantu mengurangi perbedaan tekanan udara yang terjadi pada telinga. Earplug atau earphone noise cancelling dapat membantu menjaga telinga tetap nyaman dan terhindar dari telinga tersumbat.

E. Teknik Valsalva

Teknik Valsalva adalah teknik yang dilakukan dengan menutup hidung dan mulut kemudian mengepalkan tangan dan mengepikan udara melalui saluran tuba Eustachius. Teknik ini dapat membantu mengurangi perbedaan tekanan udara yang terjadi pada telinga dan membantu mencegah telinga tersumbat. Namun, pastikan untuk melakukan teknik ini dengan hati-hati dan tidak terlalu sering karena dapat menyebabkan cedera atau iritasi pada telinga.

Dalam mengatasi telinga tersumbat saat terbang, sebaiknya melakukan beberapa cara di atas secara bergantian dan tidak terlalu sering. Selain itu, hindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan produksi kotoran telinga yang berlebihan. Jika telinga tersumbat yang dialami semakin parah atau berlangsung dalam waktu yang lama, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pencegahan Telinga Tersumbat

Selain mengatasi telinga tersumbat saat terbang, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya telinga tersumbat, antara lain:

A. Hindari Konsumsi Alkohol Sebelum Terbang

Konsumsi alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan mempengaruhi fungsi tuba Eustachius. Hal ini dapat memperburuk telinga tersumbat yang terjadi saat terbang. Oleh karena itu, hindari konsumsi alkohol sebelum terbang untuk mencegah terjadinya telinga tersumbat.

B. Hindari Tidur saat Pesawat Mendarat atau Lepas Landas

Saat pesawat mendarat atau lepas landas, perubahan tekanan udara yang terjadi dapat menyebabkan telinga tersumbat yang lebih parah. Oleh karena itu, hindari tidur saat pesawat mendarat atau lepas landas agar dapat merespon perubahan tekanan udara dengan tepat.

C. Menjaga Tubuh dalam Kondisi Sehat

Menjaga tubuh dalam kondisi sehat dapat membantu meningkatkan fungsi tuba Eustachius dan mencegah terjadinya telingatersumbat. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, melakukan olahraga secara teratur, dan menghindari merokok.

D. Konsultasi dengan Dokter THT

Jika Anda memiliki riwayat masalah telinga atau sinus yang seringkali menyebabkan telinga tersumbat saat terbang, sebaiknya konsultasikan dengan dokter THT (Telinga Hidung Tenggorokan) untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter THT dapat membantu memberikan saran dan penanganan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Dalam mencegah telinga tersumbat saat terbang, sebaiknya mengambil tindakan pencegahan yang tepat sebelum dan selama terbang. Jika telinga tersumbat yang dialami semakin parah atau berlangsung dalam waktu yang lama, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Cara Meningkatkan Keterampilan Mendengar

Kesimpulan

A. Ringkasan Artikel

Telinga tersumbat saat terbang dapat menjadi masalah kesehatan yang mengganggu kenyamanan selama perjalanan udara. Hal ini disebabkan oleh perubahan tekanan udara yang terjadi saat pesawat lepas landas atau mendarat. Beberapa faktor seperti ketinggian terbang dan penurunan kabin pesawat dapat mempengaruhi tingkat keparahan telinga tersumbat yang dialami. Untuk mengatasi telinga tersumbat, dapat dilakukan beberapa cara seperti menelan air atau minuman, mengunyah permen karet, meniup hidung dengan lembut, menggunakan earplug atau earphone noise cancelling, dan teknik Valsalva. Selain itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya telinga tersumbat seperti menghindari konsumsi alkohol sebelum terbang, hindari tidur saat pesawat mendarat atau lepas landas, menjaga tubuh dalam kondisi sehat, dan konsultasi dengan dokter THT.

B. Saran untuk Mengatasi Telinga Tersumbat saat Terbang

Untuk mengatasi telinga tersumbat saat terbang, sebaiknya melakukan beberapa cara di atas secara bergantian dan tidak terlalu sering. Hindari juga makanan atau minuman yang dapat menyebabkan produksi kotoran telinga yang berlebihan. Jika telinga tersumbat yang dialami semakin parah atau berlangsung dalam waktu yang lama, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

C. Pentingnya Pencegahan Telinga Tersumbat pada saat Terbang

Pencegahan telinga tersumbat pada saat terbang sangat penting untuk menjaga kenyamanan selama perjalanan udara. Dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat sebelum dan selama terbang, kita dapat mencegah terjadinya telinga tersumbat dan menghindari komplikasi kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, sebaiknya mengambil tindakan pencegahan yang tepat sebelum dan selama terbang serta berkonsultasi dengan dokter THT jika memiliki riwayat masalah telinga atau sinus yang seringkali menyebabkan telinga tersumbat saat terbang.

Temukan Produk Alat Bantu Dengar terbaik

Brilliant Hearing hadir untuk menyediakan alat bantu dengar bagi individu dari segala usia dan menghubungkan generasi melalui komunikasi yang lebih baik. Kami memahami bahwa gangguan pendengaran dapat mengisolasi dan mencegah individu untuk berpartisipasi penuh dalam percakapan dan aktivitas, terutama dengan orang yang dicintai dari generasi yang berbeda. Itulah mengapa kami berkomitmen untuk menyediakan solusi pendengaran yang dapat dipersonalisasi dan membantu menjembatani kesenjangan komunikasi.

Cek produk kami :

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!