Alat Bantu Dengar yang Sesuai untuk Penderita Tuli Sensorineural

Gangguan pendengaran merupakan masalah kesehatan yang banyak dialami oleh masyarakat. Salah satu jenis gangguan pendengaran yang sering terjadi adalah tuli sensorineural. Penderita tuli sensorineural biasanya mengalami kesulitan dalam mendengar suara atau bahkan tidak dapat mendengar sama sekali. Alat bantu dengar merupakan solusi yang dapat membantu penderita tuli sensorineural untuk mendengar suara dan berkomunikasi dengan orang lain.

Jenis-jenis gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran terjadi ketika telinga atau bagian dalam telinga tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor genetik, infeksi, paparan suara yang terlalu keras, penggunaan obat-obatan tertentu, dan penuaan. Gangguan pendengaran dapat mengakibatkan kesulitan dalam berkomunikasi, merespons suara, dan mengikuti percakapan.

Ada beberapa jenis gangguan pendengaran, di antaranya adalah tuli konduktif, tuli sensorineural, tuli campuran, dan tuli pusat.

  • Tuli konduktif terjadi ketika suara tidak dapat masuk ke telinga karena adanya hambatan atau kerusakan pada telinga tengah atau gendang telinga.
  • Tuli sensorineural terjadi ketika suara dapat masuk ke telinga namun tidak dapat diproses dengan baik oleh saraf pendengaran.
  • Tuli campuran adalah kombinasi antara tuli konduktif dan tuli sensorineural
  • Tuli pusat terjadi ketika ada kerusakan pada bagian otak yang bertanggung jawab dalam memproses suara.

Apa itu Tuli sensorineural?

Tuli sensorineural adalah jenis gangguan pendengaran yang terjadi ketika terdapat kerusakan pada saraf pendengaran atau bagian dalam telinga yang bertanggung jawab dalam memproses suara. Tuli sensorineural dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor genetik, paparan suara yang terlalu keras, infeksi, dan penuaan. Penderita tuli sensorineural biasanya mengalami kesulitan dalam mendengar suara atau bahkan tidak dapat mendengar sama sekali. Alat bantu dengar merupakan solusi yang dapat membantu penderita tuli sensorineural untuk mendengar suara dan berkomunikasi dengan orang lain.

Baca juga : Jenis-jenis Alat Bantu Dengar

Panduan memilih alat bantu dengar yang sesuai untuk penderita tuli sensorineural

Pertimbangan dalam memilih alat bantu dengar untuk penderita tuli sensorineural:
Memilih alat bantu dengar yang tepat untuk penderita tuli sensorineural memerlukan beberapa pertimbangan, di antaranya adalah jenis dan tingkat keparahan gangguan pendengaran, gaya hidup dan aktivitas sehari-hari, dan anggaran yang dimiliki. Selain itu, juga perlu mempertimbangkan fitur tambahan pada alat bantu dengar seperti kemampuan pengaturan volume, kebisingan latar, dan koneksi nirkabel.

Konsultasi dengan dokter spesialis THT:
Sebelum membeli alat bantu dengar, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT terlebih dahulu. Dokter dapat membantu melakukan tes pendengaran untuk mengetahui jenis dan tingkat keparahan gangguan pendengaran, serta memberikan rekomendasi mengenai alat bantu dengar yang sesuai untuk penderita tuli sensorineural.

Uji coba alat bantu dengar sebelum membeli:
Sebelum membeli alat bantu dengar, disarankan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Uji coba ini bertujuan untuk memastikan bahwa alat bantu dengar tersebut dapat membantu penderita tuli sensorineural dalam mendengar suara dengan jelas dan nyaman digunakan. Selain itu, uji coba juga dapat membantu dalam mengevaluasi fitur-fitur tambahan pada alat bantu dengar dan menentukan apakah alat bantu dengar tersebut sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Perawatan dan pemeliharaan alat bantu dengar

Merawat dan menjaga kebersihan alat bantu dengar sangat penting untuk memastikan alat tersebut dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama. Beberapa cara untuk merawat dan menjaga kebersihan alat bantu dengar adalah dengan membersihkan alat bantu dengar secara teratur menggunakan lap khusus yang lembut, menjauhkannya dari air dan kelembapan, dan menyimpannya di tempat yang aman dan kering saat tidak digunakan.

Selain merawat dan menjaga kebersihan alat bantu dengar, perawatan rutin dan perbaikan jika terjadi kerusakan juga perlu dilakukan. Beberapa perawatan rutin yang dapat dilakukan adalah mengganti baterai secara teratur, mengganti penutup telinga jika sudah aus, dan membersihkan saluran telinga pada alat bantu dengar yang dirancang untuk dapat dibersihkan. Jika terjadi kerusakan pada alat bantu dengar, segera bawa ke teknisi atau toko tempat membeli untuk diperbaiki atau diganti sesuai dengan garansi yang berlaku.

Bagi pembaca yang membutuhkan alat bantu dengar untuk penderita tuli sensorineural, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi alat bantu dengar yang sesuai. Selain itu, penting untuk mempertimbangkan fitur-fitur pada alat bantu dengar dan perawatan yang diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kinerja alat bantu dengar tersebut. Dengan memilih alat bantu dengar yang tepat dan merawatnya dengan baik, penderita tuli sensorineural dapat meningkatkan kualitas hidup dan berkomunikasi dengan lebih baik dengan orang lain.

Temukan Produk Alat Bantu Dengar terbaik

Brilliant Hearing hadir  untuk menyediakan alat bantu dengar bagi individu dari segala usia dan menghubungkan generasi melalui komunikasi yang lebih baik. Kami memahami bahwa gangguan pendengaran dapat mengisolasi dan mencegah individu untuk berpartisipasi penuh dalam percakapan dan aktivitas, terutama dengan orang yang dicintai dari generasi yang berbeda. Itulah mengapa kami berkomitmen untuk menyediakan solusi pendengaran yang dapat dipersonalisasi dan membantu menjembatani kesenjangan komunikasi.

Cek produk kami :

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya