Tips Membeli Alat Bantu Dengar

tips membeli alat bantu dengar

Apakah Anda berencana membeli alat bantu dengar? Simak informasi dari Brilliant Hearing yang akan membahas tips membeli alat bantu dengar yang dapat membantu Anda.

Alat bantu dengar merupakan alat pendengaran yang memiliki harga cukup mahal. Memiliki kegunaan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup dan sebuah investasi yang layak, membuat seseorang dengan gangguan pendengaran akan memilih alat ini untuk dibeli.

Sebelum membeli alat bantu dengar, tentunya wajib mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Simak tips membeli alat bantu dengar dari Brilliant Hearing.

Mengidentifikasi Permasalahan Pendengaran

Membeli alat bantu dengar tidak semudah membeli barang online lainnya. Sebelum membeli alat bantu dengar disarankan untuk melakukan tes pendengaran terlebih dahulu dan berkonsultasi dengan spesialis pendengaran untuk mengetahui jenis alat yang paling cocok.

Melakukan tes pendengaran

Apabila curiga mengalami gangguan pendengaran, sebaiknya Anda menjalani tes pendengaran diagnostik. Tes ini akan memberikan gambaran yang akurat tentang gangguan pendengaran Anda dan bagaimana alat bantu dengar dapat membantu.

Melalui pemeriksaan telinga dan pendengaran, Anda juga dapat mengetahui masalah lain yang dapat mempengaruhi pendengaran Anda, seperti penumpukan kotoran, infeksi, atau cedera. Setelah tes pendengaran, Anda mungkin akan dirujuk ke otolaringologis, yang juga dikenal sebagai dokter Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT).

Mengunjungi dokter THT sangat disarankan jika mengalai gejala seperti Pola gangguan pendengaran yang tidak biasa, Gangguan pendengaran yang tidak merata atau asimetris, Nyeri telinga yang mengeluarkan cairan serta Vertigo.

Konsultasi dengan Spesialis Pendengaran

Banyak orang yang mengabaikan gangguan pendengaran. Disarankan jika mengalami kondisi pendengaran yang tidak mengenakkan lebih baik konsultasikan ke dokter spesialis pendengaran untuk mengidentifikasi masalah pendengaran.

Penderita gangguan pendengaran dapat mengunjungi audiolog untuk mengobati gangguan pendengaran. Audiolog akan melakukan pemeriksaan fisik penderita gangguan pendengaran. Kemudian baru dokter akan mendiagnosa jenis gangguan serta alat bantu dengar apa yang tepat untuk membantu penderita gangguan pendengaran.

tips membeli alat bantu dengar

Alat Bantu Dengar yang Tepat

Memilih alat bantu dengar tentunya wajib dilakukan sesaui dengn jenis gangguan pendengaran yang dialami. Alat bantu dengar ini memiliki jensi yang dapat terhubung secara nirkabel ke telepon, memiliki fitur penyaringan kebisingan latar belakang, atau menggunakan baterai yang dapat diisi ulang.

Jenis alat bantu dengar harus disesuaikan dengan jenis gangguan pendengaran serta tingkat keparahan gangguan pendengaran. Alat bantu dengar ini terbagi menjadi beberapa jenis seperti Di belakang telinga (BTE), Di dalam kanal (ITC) atau sepenuhnya di dalam kanal (CIC), Di telinga (ITE), dan Penerima di dalam kanal (RIC).

Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, beberapa orang mungkin tidak suka dengan cara ITC menghalangi aliran udara di telinga. Yang lain mungkin menyukai tampilannya yang kurang terlihat dan kemudahan penggunaan headphone dan ponsel.

Baca Juga:Biaya Alat Bantu Dengar: Yang Perlu Anda Ketahui

Fitur Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar memiliki fitur-fitur khusus yang dapat membantu penderita gangguan pendengaran. Berikut ini hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan membeli alat bantu dengar.

1. Penyaringan kebisingan latar belakang.

Jika Anda bekerja di lingkungan yang berisik atau sering berinteraksi dengan orang lain, Anda mungkin menginginkan perangkat yang dapat menyaring kebisingan latar belakang.

2. Konektivitas dengan smartphone.

Sangat berguna jika Anda dapat mengendalikan alat bantu dengar Anda dari jarak jauh melalui aplikasi smartphone.

3. Tingkat keterlihatan

Beberapa perangkat hampir tidak terlihat, sementara yang lain mungkin lebih terlihat.

4. Daya baterai yang dapat diisi ulang

Jika Anda lebih suka perangkat yang ramah lingkungan, Anda mungkin ingin memilih alat bantu dengar yang menggunakan baterai yang dapat diisi ulang daripada baterai sekali pakai.

5. Tingkat Kenyamanan

Perangkat yang berbeda mungkin terasa berbeda ketika digunakan. Pertimbangkan untuk mencoba jenis yang berbeda di toko atau kantor ahli pendengaran untuk mengetahui mana yang paling nyaman bagi Anda.

Memilih Jenis Alat Bantu Dengar yang Tepat

Alat bantu dengar lebih dari sekadar perangkat penguat suara saja. Tentunya alat dengar memiliki banyak perbedaan dalam desain, tingkat keterlihatan, kesesuaian, dan fitur-fitur khusus.

Untuk menentukan opsi yang paling sesuai dengan gaya hidup, jenis gangguan pendengaran, dan anggaran Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan spesialis pendengaran seperti seorang audiolog atau dokter THT yang dapat memberikan rekomendasi yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Perbedaan hearing Amplifier dan Alat Bantu Dengar

Membeli Alat Bantu Dengar

Tips membeli alat bantu dengar, penderita gangguan pendengaran dapat membeli alat bantu dengar di kantor profesional, toko ritel, maupun online. Namun disarankan untuk melakukan tes pendengaran sebelum membeli alat bantu dengar.

Harga Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar memiliki harga yang mahal, oleh sebab itu, tips membeli alat bantu dengar harus menyiapkan anggaran yang cukup.

Harga alat bantu dengar yang mahal disebabkan oleh desain, fitur, dan dimana membeli alat bantu tersebut.

Biaya lain yang menyebabkan alat bantu dengar mahal ialah biaya perangkat seperti pengujian,perawatan rutin, dan lain-lain. Disarankan untuk membeli alat bantu dengar dengan bundel biaya lain seperti perawatan untuk menghemat biaya.

Tips lainnya Membeli alat bantu dengar

Saran atau tips sebelum membeli alat bantu dengar yang lainnya adalah waspada terhadap penipuan alat bantu dengar, menilai reputasi perusahaan produk alat bantu dengar, mencari klaim yang terbaik dari alat bantu dengar untuk memudahkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan status persetujuan FDA yang memastikan bahwa alat tersebut aman dan efektif.

Sekian informasi dari Brilliant Hearing mengenai tips membeli alat bantu dengar. Jika Anda membutuhkan alat bantu dengar, Anda dapat menghubungi Brilliant Hearing untuk mendapatkan alat bantu dengar terbaik.

Salah satu produk dari Brilliant Hearing:

Audio Service Mood 16 G6 Li-Ion

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya