Search
Close this search box.

Mengenal Tes BERA, Tes Deteksi Gangguan Pendengaran

Mengenal Tes BERA, Tes Deteksi Gangguan Pendengaran

Tes BERA, atau Brainstem Evoked Response Audiometry, adalah sebuah metode pemeriksaan yang berperan penting dalam mendeteksi gangguan pendengaran pada individu

Tes BERA bekerja dengan memantau aktivitas listrik yang dihasilkan oleh sistem saraf pendengaran saat menerima rangsangan suara.

Metode ini menjadi alat yang sangat berguna dalam mengidentifikasi masalah pendengaran, terutama pada bayi dan anak-anak yang belum bisa berkomunikasi secara verbal.

Dengan memahami lebih dalam mengenai Tes BERA dan bagaimana cara pemeriksaannya dilakukan, kita dapat memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai kondisi pendengaran seseorang.

Bersama Brilliant Hearing, mari simak lebih lanjut mengenai Tes BERA dengan membaca terus artikel ini!

Tes BERA (brainstem evoked response audiometry)

Tes BERA, yang merupakan singkatan dari Brainstem Evoked Response Audiometry, merupakan sebuah prosedur pemeriksaan yang berfokus pada pengukuran aktivitas gelombang otak sebagai tanggapan terhadap rangsangan suara tertentu.

Tujuan utama dari tes ini adalah untuk memahami bagaimana telinga mengolah suara dan mengirimkan informasinya ke otak melalui jalur saraf pendengaran.

Tes BERA juga dapat disebut sebagai Auditory Brainstem Response (ABR) atau Brainstem Auditory Evoked Response (BAER).

Yang membedakan tes ini dari pemeriksaan pendengaran biasa adalah bahwa pemeriksaan BERA tidak bergantung pada respons sukarela dari pasien, membuatnya menjadi metode yang sangat efektif dalam menganalisis kondisi pendengaran seseorang.

Kapan Tes BERA Diperlukan?

Pemeriksaan Tes BERA memiliki kemampuan untuk membantu mengevaluasi kemampuan pendengaran anak dalam mentransmisikan suara ke otak.

Ini sangat berarti karena anak-anak mungkin tidak mampu mengkomunikasikan apakah mereka mengalami proses pendengaran dengan baik.

Dengan menjalani tes ini, orang tua dapat merencanakan langkah perawatan yang paling tepat untuk anak mereka, memastikan bahwa aspek penting ini dari kesehatan anak terjaga dan dikelola dengan baik.

Dikutip dari US National Library of Medicine, tes BERA diperlukan untuk:

  • Membantu mendiagnosis masalah sistem saraf dan gangguan pendengaran (terutama pada bayi baru lahir dan anak-anak)
  • Menemukan seberapa baik sistem saraf bekerja
  • Memeriksa kemampuan pendengaran orang yang tidak lolos tes pendengaran lain

Selain informasi yang telah dijelaskan sebelumnya, Tes BERA juga dapat menjadi langkah penting saat menjalani operasi pada telinga, dimana tujuannya adalah untuk mengurangi risiko cedera terhadap saraf pendengaran dan otak yang sensitif.

Tes BERA sering direkomendasikan sebagai bagian dari tes skrining pendengaran pada bayi yang baru lahir. Skrining pendengaran merupakan pemeriksaan dengan hasil kelulusan atau ketidaklulusan.

Jika bayi tidak lulus skrining ini, pemeriksaan lebih lanjut yang lebih spesifik mungkin akan direkomendasikan untuk memastikan keadaan pendengarannya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Tes Rinne Dan Weber

Siapa yang Memerlukan Pemeriksaan Ini?

Deteksi gangguan pendengaran pada anak seringkali sulit dilakukan pada tahap awal. Gangguan pendengaran dapat berdampak pada berbagai aspek seperti kemampuan berbicara, bahasa, kognitif, sosial, dan emosional.

Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan pendengaran secara dini pada anak-anak.

Tes BERA diperlukan untuk mendeteksi masalah pendengaran pada:

  • Bayi baru lahir
  • Balita
  • Pasien yang sulit menjalani pemeriksaan pendengaran lain

Apa yang perlu disiapkan untuk melakukan tes BERA?

Sebelum menjalani tes BERA, rambut perlu bersih dari minyak. Oleh karena itu, sebelum tes dilakukan, biasanya disarankan bagi individu yang akan diuji untuk mandi dan keramas terlebih dahulu.

Dalam kasus pengujian BERA pada bayi atau anak-anak, proses pengujian biasanya dilakukan saat mereka berbaring. Dokter mungkin akan merekomendasikan penggunaan obat penenang ringan untuk membantu anak-anak tertidur selama proses pengujian.

Bagaimana Tes BERA Dilakukan?

Berikut langkah-langkah yang dilakukan dalam melaksanakan tes BERA:

  1. Pasien akan diminta berbaring dengan nyaman di kursi atau tempat tidur.
  2. Elektroda berbentuk stiker kecil akan ditempelkan di kulit kepala dan di daun telinga, baik pada Anda atau anak Anda.
  3. Selama pemeriksaan, Anda atau anak Anda akan memakai earphone. Suara klik atau nada pendek akan diputar melalui earphone ini.
  4. Elektroda yang telah ditempelkan akan merekam respons otak terhadap suara-suara tersebut secara otomatis.

Sangat penting untuk memastikan bahwa anak Anda tetap diam dan tenang selama prosedur ini agar hasilnya akurat. Namun, mengajak anak-anak untuk tetap tenang saat tidak tidur bisa menjadi tantangan tersendiri.

Oleh karena itu, seringkali anak-anak diberikan obat penenang sebelum tes dilakukan.

Pemilihan jenis obat penenang untuk anak-anak akan disesuaikan dengan usia dan berat badan mereka. Dokter akan memilih obat yang cocok untuk menenangkan anak Anda sesuai dengan kondisinya. Setelah anak Anda tertidur, pemeriksaan BERA dapat dimulai.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Pemeriksaan Audiometri

Hasil dari Tes BERA

Hasil dari tes BERA menunjukkan peningkatan aktivitas otak setiap kali anak mendengar bunyi klik atau nada tertentu.

Jika hasil menunjukkan garis datar ketika bunyi diputar, ini mungkin mengindikasikan adanya gangguan pendengaran pada anak Anda.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter. Hasil tes yang tidak normal juga dapat mengindikasikan kerusakan pada otak atau sistem saraf. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan hal ini antara lain:

  • Gangguan bicara
  • Cedera otak
  • Stroke
  • Neuroma akustik (tumor yang dapat tumbuh di saraf yang menghubungkan telinga ke otak)
  • Myelinolysis pontine sentral (kondisi yang merusak selubung mielin yang menutupi sel-sel pada saraf)

Temukan Produk Alat Bantu Dengar Terbaik!

Brilliant Hearing hadir untuk menyediakan alat bantu dengar bagi individu dari segala usia dan menghubungkan generasi melalui komunikasi yang lebih baik.

Kami memahami bahwa gangguan pendengaran dapat mengisolasi dan mencegah individu untuk berpartisipasi penuh dalam percakapan dan aktivitas, terutama dengan orang yang dicintai dari generasi yang berbeda.

Itulah mengapa kami berkomitmen untuk menyediakan solusi pendengaran yang dapat dipersonalisasi dan membantu menjembatani kesenjangan komunikasi.

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!