Search
Close this search box.

Kiat Memilih Alat Bantu Dengar yang Sesuai dengan Kebutuhan Orang Tua

Kehilangan pendengaran adalah masalah kesehatan yang umum terjadi pada orang tua. Hal ini dapat memengaruhi kualitas hidup mereka dan membuat mereka kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan alat bantu dengar. Namun, memilih alat bantu dengar yang tepat tidaklah mudah, mengingat banyaknya jenis alat bantu dengar yang tersedia di pasaran.

Jenis-jenis alat bantu dengar

Ada beberapa jenis alat bantu dengar yang tersedia di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis alat bantu dengar yang umum digunakan:

A. Alat bantu dengar dalam telinga (ITE)

Alat bantu dengar dalam telinga atau ITE (in-the-ear) merupakan jenis alat bantu dengar yang ditempatkan di dalam telinga. Alat bantu dengar ini cocok untuk orang dengan kehilangan pendengaran sedang hingga berat.

B. Alat bantu dengar di belakang telinga (BTE)

Alat bantu dengar di belakang telinga atau BTE (behind-the-ear) merupakan jenis alat bantu dengar yang ditempatkan di belakang telinga. Alat bantu dengar ini cocok untuk orang dengan kehilangan pendengaran berat hingga sangat berat.

C. Alat bantu dengar dalam sumbatan telinga (ITC)

Alat bantu dengar dalam sumbatan telinga atau ITC (in-the-canal) merupakan jenis alat bantu dengar yang ditempatkan di dalam sumbatan telinga. Alat bantu dengar ini cocok untuk orang dengan kehilangan pendengaran ringan hingga sedang.

promo coba alat bantu dengar gratis
Pendengaran anda bermasalah namun masih ragu mau pakai alat bantu dengar?
Manfaatkan Fasilitas Coba alat bantu dengar dari Brilliant Hearing ini Yuk !!!

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih alat bantu dengar

Sebelum memilih alat bantu dengar yang tepat, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih alat bantu dengar:

A. Tingkat kehilangan pendengaran

Tingkat kehilangan pendengaran harus dipertimbangkan dalam memilih alat bantu dengar. Orang dengan kehilangan pendengaran yang berbeda membutuhkan jenis alat bantu dengar yang berbeda pula.

B. Kebutuhan pengguna

Kebutuhan pengguna, seperti gaya hidup, pekerjaan, dan hobi, juga perlu dipertimbangkan dalam memilih alat bantu dengar. Misalnya, orang yang aktif melakukan olahraga mungkin membutuhkan alat bantu dengar yang tahan air.

C. Kualitas suara

Kualitas suara yang dihasilkan oleh alat bantu dengar juga perlu dipertimbangkan. Alat bantu dengar yang baik harus mampu menghasilkan suara yang jelas dan natural.

D. Ketersediaan fitur tambahan

Beberapa alat bantu dengar dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti pengurangan kebisingan, konektivitas Bluetooth, dan kontrol volume. Faktor ini juga perlu dipertimbangkan dalam memilih alat bantu dengar.

E. Biaya

Biaya merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih alat bantu dengar. Alat bantu dengar yang lebih mahal tidak selalu lebih baik, namun biaya yang lebih tinggi bisa berarti kualitas yang lebih baik dan fitur tambahan yang lebih lengkap.

Tips memilih alat bantu dengar yang tepat untuk orang tua

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih alat bantu dengar yang tepat untuk orang tua:

A. Konsultasi dengan dokter spesialis THT

Sebelum memilih alat bantu dengar, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT terlebih dahulu. Dokter THT akan membantu menentukan jenis dan tingkat kehilangan pendengaran orang tua, serta memberikan saran tentang jenis alat bantu dengar yang sesuai.

B. Pilih alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan orang tua. Pertimbangkan faktor seperti tingkat kehilangan pendengaran, kebutuhan pengguna, dan kualitas suara.

C. Uji coba sebelum membeli

Sebelum membeli alat bantu dengar, uji coba terlebih dahulu untuk memastikan alat tersebut sesuai dengan kebutuhan dan nyaman digunakan.

D. Perhatikan kualitas suara dan fitur tambahan

Pastikan alat bantu dengar menghasilkan suara yang jelas dan natural. Juga perhatikan fitur tambahan seperti pengurangan kebisingan dan konektivitas Bluetooth.

E. Pastikan alat bantu dengar mudah digunakan dan dirawat

Pastikan alat bantu dengar mudah digunakan dan dirawat agar orang tua dapat menggunakan alat tersebut dengan mudah dan aman.

F. Perhitungkan biaya

Perhitungkan biaya alat bantu dengar dan pastikan sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Namun, jangan mengorbankan kualitas dan kebutuhan hanya demi harga yang lebih murah.

Memilih alat bantu dengar yang tepat dapat membantu orang tua dalam meningkatkan kualitas hidup mereka. Ada beberapa jenis alat bantu dengar yang tersedia di pasaran, seperti alat bantu dengar dalam telinga (ITE), alat bantu dengar di belakang telinga (BTE), alat bantu dengar dalam sumbatan telinga (ITC), dan alat bantu dengar di dalam sumbatan telinga (CIC). Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih alat bantu dengar antara lain tingkat kehilangan pendengaran, kebutuhan pengguna, kualitas suara, ketersediaan fitur tambahan, dan biaya. Untuk memilih alat bantu dengar yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT, memilih alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan, melakukan uji coba sebelum membeli, memperhatikan kualitas suara dan fitur tambahan, memastikan alat bantu dengar mudah digunakan dan dirawat, serta memperhitungkan biaya.

Untuk membantu orang tua dalam memilih alat bantu dengar yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT dan mempertimbangkan faktor-faktor yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, pastikan untuk membeli alat bantu dengar dari toko yang terpercaya dan melakukan perawatan alat bantu dengar secara teratur untuk menjaga kualitas dan kinerjanya. Dengan memilih alat bantu dengar yang tepat, orang tua dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan tetap aktif berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari.

Temukan Produk Alat Bantu Dengar terbaik

Brilliant Hearing hadir  untuk menyediakan alat bantu dengar bagi individu dari segala usia dan menghubungkan generasi melalui komunikasi yang lebih baik. Kami memahami bahwa gangguan pendengaran dapat mengisolasi dan mencegah individu untuk berpartisipasi penuh dalam percakapan dan aktivitas, terutama dengan orang yang dicintai dari generasi yang berbeda. Itulah mengapa kami berkomitmen untuk menyediakan solusi pendengaran yang dapat dipersonalisasi dan membantu menjembatani kesenjangan komunikasi.

Cek produk kami :

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya

Brillianthearing.id
Share to Friend/Family:
©️ Brilliant Hearing 2024
Kami Siap Membantu!