Cara Mengatasi Telinga Berdengung atau Berdesing

Telinga berdengung atau berdesing adalah kondisi ketika seseorang merasakan suara yang tidak ada hubungannya dengan suara di sekitarnya. Suara tersebut bisa berupa dengungan, berdesing, berdetak, atau bahkan berderak. Kondisi ini bisa terjadi pada satu atau kedua telinga, dan bisa berlangsung dalam waktu yang singkat atau jangka panjang.

Telinga berdengung atau berdesing bisa sangat mengganggu dan mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari faktor internal tubuh, faktor eksternal lingkungan, hingga penyakit tertentu.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi dan mencegah telinga berdengung atau berdesing. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi dan mencegah telinga berdengung atau berdesing, mari kita kenali terlebih dahulu mengapa kondisi ini bisa terjadi.

Kali ini Pusat Alat Bantu Dengar Brilliant Hearing akan membahas tentang Cara Mengatasi Telinga Berdengung atau Berdesing.

Penyebab telinga berdengung atau berdesing

Telinga berdengung atau berdesing bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik yang berasal dari dalam tubuh maupun lingkungan sekitar. Faktor internal tubuh yang bisa menyebabkan telinga berdengung atau berdesing antara lain adalah tekanan darah tinggi, gangguan keseimbangan cairan tubuh, penurunan fungsi ginjal, dan perubahan hormonal.

Sementara itu, faktor eksternal lingkungan yang dapat menyebabkan telinga berdengung atau berdesing meliputi paparan suara yang keras, penggunaan obat-obatan tertentu, infeksi telinga, dan cedera kepala. Penyakit tertentu seperti tinnitus, vertigo, dan Meniere’s disease juga dapat menyebabkan telinga berdengung atau berdesing.

Penting untuk mengidentifikasi penyebab telinga berdengung atau berdesing, karena hal ini akan mempengaruhi cara mengatasi dan mencegah kondisi tersebut. Jika penyebabnya berasal dari faktor internal tubuh, maka perlu dilakukan pengobatan untuk mengatasi kondisi yang mendasarinya. Sementara jika penyebabnya berasal dari faktor eksternal lingkungan, maka perlu dilakukan tindakan untuk menghindari faktor pencetusnya. Dalam beberapa kasus, terapi tertentu seperti terapi suara atau terapi fisik juga dapat membantu mengatasi telinga berdengung atau berdesing.

Cara mengatasi telinga berdengung atau berdesing

Setelah mengetahui penyebab telinga berdengung atau berdesing, langkah selanjutnya adalah mencari cara mengatasi kondisi tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi telinga berdengung atau berdesing:

  1. Menghindari faktor pencetus telinga berdengung atau berdesing
    Jika telinga berdengung atau berdesing disebabkan oleh faktor eksternal lingkungan seperti suara keras atau obat-obatan tertentu, maka menghindari faktor pencetus tersebut dapat membantu mengatasi kondisi ini.
  2. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi
    Makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan telinga. Beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengatasi telinga berdengung atau berdesing antara lain makanan yang kaya akan vitamin B12, magnesium, dan zinc.
  3. Menggunakan obat-obatan atau suplemen tertentu
    Beberapa obat-obatan atau suplemen tertentu dapat membantu mengatasi telinga berdengung atau berdesing, tergantung pada penyebabnya. Sebelum menggunakan obat-obatan atau suplemen tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker.
  4. Terapi suara atau bising putih
    Terapi suara atau bising putih dapat membantu meredakan telinga berdengung atau berdesing dengan memberikan suara yang menenangkan atau mengalihkan perhatian dari suara dengungan yang dirasakan.
  5. Terapi perilaku atau kognitif
    Terapi perilaku atau kognitif dapat membantu mengubah cara seseorang merespons telinga berdengung atau berdesing, sehingga dapat mengurangi stres dan kecemasan yang mungkin memperburuk kondisi tersebut.
  6. Terapi fisik atau medis
    Jika telinga berdengung atau berdesing disebabkan oleh gangguan fisik atau penyakit tertentu, maka terapi fisik atau medis seperti pembedahan atau pengobatan khusus mungkin diperlukan untuk mengatasi kondisi ini.

Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mencoba cara-cara di atas untuk mengatasi telinga berdengung atau berdesing.

baca juga : Faktor Risiko Penyakit Telinga yang Menyebabkan Kerusakan Pendengaran

Pencegahan telinga berdengung atau berdesing

Selain cara mengatasi telinga berdengung atau berdesing, penting juga untuk melakukan tindakan pencegahan agar kondisi ini tidak muncul atau kambuh kembali. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah telinga berdengung atau berdesing:

  1. Menjaga pola hidup sehat
    Pola hidup sehat yang mencakup asupan gizi yang seimbang, olahraga teratur, dan tidur yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan telinga.
  2. Menghindari paparan suara yang keras
    Paparan suara yang terlalu keras, baik dalam jangka waktu singkat maupun dalam jangka waktu yang lama, dapat merusak pendengaran dan menyebabkan telinga berdengung atau berdesing. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari paparan suara yang terlalu keras atau menggunakan pelindung telinga saat terpapar suara yang keras.
  3. Memeriksakan kesehatan secara rutin
    Memeriksakan kesehatan secara rutin, terutama pada bagian telinga, hidung, dan tenggorokan, dapat membantu mengidentifikasi dan mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan telinga, termasuk telinga berdengung atau berdesing.

Dengan melakukan tindakan pencegahan di atas, diharapkan kondisi telinga berdengung atau berdesing dapat dicegah atau tidak kambuh kembali.

Baca juga: Faktor-faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Fungsi Telinga

Kesimpulan

Telinga berdengung atau berdesing adalah kondisi yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari faktor internal tubuh, faktor eksternal lingkungan, hingga penyakit tertentu. Untuk mengatasi kondisi ini, dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menghindari faktor pencetus, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, menggunakan obat-obatan atau suplemen tertentu, terapi suara, terapi perilaku atau kognitif, dan terapi fisik atau medis.

Selain itu, tindakan pencegahan seperti menjaga pola hidup sehat, menghindari paparan suara yang keras, dan memeriksakan kesehatan secara rutin juga dapat membantu mencegah terjadinya telinga berdengung atau berdesing. Pentingnya tindakan pencegahan dan pengobatan yang tepat untuk kondisi ini adalah untuk menjaga kesehatan telinga dan pendengaran seseorang. Oleh karena itu, jika mengalami telinga berdengung atau berdesing yang persisten atau parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan.

Temukan Produk Alat Bantu Dengar terbaik

Brilliant Hearing hadir untuk menyediakan alat bantu dengar bagi individu dari segala usia dan menghubungkan generasi melalui komunikasi yang lebih baik. Kami memahami bahwa gangguan pendengaran dapat mengisolasi dan mencegah individu untuk berpartisipasi penuh dalam percakapan dan aktivitas, terutama dengan orang yang dicintai dari generasi yang berbeda. Itulah mengapa kami berkomitmen untuk menyediakan solusi pendengaran yang dapat dipersonalisasi dan membantu menjembatani kesenjangan komunikasi.

Cek produk kami :

Bagikan :

Produk Kami

Artikel Lainnya